XL Axiata Tingkatkan Kompetensi Digital Penyandang Disabilitas

XL Axiata Tingkatkan Kompetensi Digital Penyandang Disabilitas melalui pelatihan literasi digital bagi santri tunarungu dan disabilitas netra

Pernahkah terlintas di benak Anda, bagaimanakah tingkat kompetensi digital penyandang disabilitas di sekitar kita bisa ikut meramaikan dunia kerja hingga ke influencer? Lantas, siapakah yang bertanggung jawab dalam membimbing mereka yang memiliki keterbatasan dalam mengarungi dunia digital ini?

Sampai dengan saat ini, jumlah pekerja dengan disabilitas di Indonesia hanya sebanyak 5,37% atau setara dengan 7,04 juta orang saja. Kurangnya jumlah teman-teman penyandang disabilitas yang masuk ke dunia kerja utamanya disebabkan banyak yang belum terbuka potensi dirinya bahwa mereka bisa berkarya di dunia digital seperti orang kebanyakan.

XL Axiata Peduli Disabilitas

PT XL Axiata Tbk melalui program XL Axiata Peduli mengadakan pelatihan literasi digital bagi komunitas disabilitas, yang diselenggarakan secara berurutan sejak 31 Mei hingga 9 Juni 2023.

Pelatihan yang melibatkan teman-teman penyandang disabilitas netra dan tunarungu ini digelar dalam 3 rangkaian kegiatan, yang dimulai pada tahap pertama berupa pengenalan pelatihan literasi digital melalui siaran podcast live streaming pada 31 Mei 2023.

Tahap kedua adalah literasi digital bagi santri tunarungu di pesantren ABATA yang terletak di Temanggung provinsi Jawa Tengah yang berlangsung pada 2-6 Juni 2023. Tahap ketiga (8-9 Juni 2023) berupa workshop dan mentoring produksi konten audio video edukasi untuk para disabilitas netra di masjid kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja.

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Digital Penyandang Disabilitas

Penydandang disabilitas sangat mungkin menjadi orang yang bisa mengajak orang lain menjadi lebih semangat berkarya ketika mereka ikut aktif di dunia digital. Menjadi seorang content creator ternyata bisa dilakukan hanya dengan alat yang sudah kita miliki, yaitu minimal telepon pintar level menengah, koneksi internet, dan tekad yang kuat.

1. Kick Off Pelatihan Literasi Digital

Melalui live stream kanal YouTube Komunitas Tunanetra Nasional pada 31 Mei 2023, dilakukan diskusi sebagai awalan dari tiga rangkaian. Menghadirkan empat narasumber yaitu Ibu Retno Wulan dari XL Axiatan, Pak Budi Arfan dari Komunitas Tunanetra Nasional, kak Maria Handono seorang content creator tunanetra, dan kak Ariek Dimas seorang Social Media Specialist KONEKIN.

Salah satu pesan kak Maria Handono yang bisa membuat teman-teman penyandang disabilitas lebih semangat adalah agar kita semua bisa menjadi seorang yang mengedukasi masyarakat saat berinteraksi dengan disabilitas agar teman-teman penyandang disabilitas bisa nyaman dan semua mendapat pengalaman yang baik.

2. Pelatihan Literasi Digital Bagi Santri Tunarungu

Tahap kedua program XL Axiata Peduli mengambil tempat di pesantren ABATA yang terletak di Temanggung, Jawa Tengah. Kegiatan ini dimulai dari yang paling dasar berupa pengetahuan tentang berinternet, kemudian dilanjutkan dengan materi fotografi dan videeografi.

Para santri tunarungu ketika diajari dua materi yaitu pembuatan konten foto dan video, ternyata sangat aktif menyerap ilmu, meski terkadang masih agak malu-malu ketika dilihat orang sekitar.

Pada saat pelatihan, diberikan pemahaman bahwa konten media sosial haruslah yang baik, dan bisa “bercerita” sehingga mudah dicerna oleh penonton. Latihan adalah kunci utama untuk bisa membuat konten yang berprogress semakin baik di kemudian hari.

Pada akhir tahap kedua ini juga dilakukan penyerahan hadiah dan alat digital untuk para santri tunarungu oleh perwakilan XL Axiata yaitu Bapak Yudha Perdana selaku Head Sustainability & Internal Communication kepada Bapak Mukhlisin Nuryanta selaku Direktur Yayasan ABATA Indonesia.

3. Workshop dan Mentoring Produksi Konten Audio Video Bagi Disabilitas Netra

Tahap ketiga atau tahap terakhir dari program XL Axiata Peduli ini mengambil lokasi di masjid kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja pada tanggal 8-9 Juni 2023.

Pada tahap ketiga ini teman-teman penyandang disabilitas netra diberikan pelatihan membuat konten video edukasi tentang kesetaraan pemanfaatan sarana ibadah untuk platform Instagram dan YouTube oleh fasilitator dari Bloggercrony Community.

Kompetensi Digital Penyandang Disabilitas itu Layak Diperjuangkan Bersama

Program dari XL Axiata Peduli ini membuka khazanah kita semua, bahwa teman-teman penyandang disabilitas mampu menghasilkan konten audio video yang baik dan kreatif. Peningkatan skill ini harus terus digenjot, agar kompetensi penyandang disabilitas menjadi semakin kuat sehingga jumlah pekerja disabilitas semakin meningkat.

Dengan kompetensi di bidang digital yang semakin kuat, maka literasi digital akan semakin cepat menjangkau teman-teman penyandang disabilitas lain, sehingga semua menjadi melek teknologi.

About arigetas 406 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*