Cara Menemukan Rumah Dikontrakkan Sesuai dengan Kebutuhan

cari dan sewa rumah dikontrakkan itu mudah

Halo keluarga muda maupun Anda yang sedang merantau, seringkali sebelum memutuskan untuk membeli rumah, Anda (dan pasangan) biasanya memulainya dengan mengontrak rumah bukan? Inilah cara menemukan rumah dikontrakkan yang bisa banget Anda pakai sebagai panduan.

Cara Mencari Rumah Dikontrakkan itu Seperti Milih Jodoh

Pepatah Jawa mengatakan bahwa mencari rumah itu seperti mencari jodoh, yaitu “tiba pulung” alias sudah ada garisan takdir. Maksudnya, mau segigih apapun berjuang kalau memang ngga cocok maka ya ngga akan jadi.

Demikian pula dengan kita saat mencari rumah dikontrakkan yang pas sesuai dengan diri kita, maka harus terlebih dahulu mengenal tentang apa saja yang kita butuhkan di calon rumah kontrakkan kita itu nanti, yaitu:

1. Tentukan Batas Atas Biaya Kontrak Rumah

Paling penting sebelum kita memilah calon potensial, adalah menentukan berapa rupiah yang akan kita bayarkan untuk biaya sewa, biasanya per tahun. Setelah tahu batas atas biaya sewanya, maka kita bisa ke tahap selanjutnya yaitu menentukan area rumah kontrakkan idaman.

2. Lokasi Rumah

Lokasi rumah ini dapat ditentukan dari beberapa hal yang merupakan prioritas Anda dan pasangan. Anda bisa memilih lokasi yang berjarak menengah dari masing-masing lokasi kantor, atau memilih untuk mengontrak rumah di dekat sekolah si kecil pun boleh.

Secara umum, lokasi rumah ini juga bisa sebagai pertimbangan terhadap ketersediaan dana Anda. Sebagai gambaran, cara menemukan rumah dikontrakkan adalah semakin dekat di pusat kota maka harga rumah dikontrakkan akan lebih tinggi dibanding di pinggiran kota.

3. Lingkungan Calon Rumah Kontrakkan

Terutama bagi Anda yang memiliki anak kecil, maka memilih lingkungan rumah kontrakkan ini adalah hal krusial. Lokasi perumahan yang aman, dengan tetangga yang friendly dan suka membantu serta tidak kepoan, adalah lokasi yang ideal.

Menghindari lingkungan yang tidak aman, tidak hanya dari pelaku kejahatan tetapi juga termasuk bebas dari tetangga yang toxic adalah keharusan. Hal ini penting dikarenakan sangat mungkin setiap siang hingga sore Anda dan anak akan bersosialisasi dengan tetangga sekitar bukan?

4. Desain Ruangan Rumah

Tahap selanjutnya dalam memilih rumah kontrakan adalah memilih rumah dengan desain ruangan yang pas. Bagi Anda yang memiliki anak-anak kecil misalnya, pasti akan lebih bermanfaat apabila ada rumah dengan konsep ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga bukan?

Ruang yang lega akan memberikan keleluasaan bagi anak-anak untuk bisa mengembangkan kemampuan motorik kasar dan halus mereka dengan lebih baik. Oh iya, jenis desain ruang tamu dan keluarga yang menyatu ini lebih pas bagi Anda yang memang jarang menerima tamu, ya.

Selain itu, desain kamar tidur juga perlu menjadi pertimbangan yang seksama, apakah ukurannya ideal dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik dan lain sebagainya.

5. Kondisi Dapur

Bagi Anda yang suka masak, atau justru memiliki usaha catering rumahan misalnya, maka ruang dapur adalah bagian penting yang harus menjadi prioritas saat berusaha menemukan rumah dikontrakkan idaman Anda.

Desain dapur yang baik tidak hanya asal yang berukuran luas, tetapi juga tentang bagaimana akses terhadap air bersih, saluran pembuangan air kotor, hingga yang tak kalah penting adalah kelancaran sirkulasi udara.

6. Kebersihan Kamar Mandi

Ketika mencari rumah dikontrakkan yang pas, Anda perlu untuk mengecek bagaimana kebersihan kamar mandi si calon rumah. Kebersihan di sini misalnya kondisi keramik apakah masih utuh, kondisi nat antar sambungan keramik apakah tidak bocor, hingga ke kondisi tembok kamar mandi wajib bebas dari jamur.

Salah satu cara mudah dalam menentukan kualitas kamar mandi adalah dengan mencium aroma di dalam kamar mandi, apakah terdeteksi lembab jamur hingga misalnya ada kotoran hewan dari arah saluran pembuangan.

Bagaimana, apakah sudah siap berburu menemukan rumah dikontrakkan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda?

About arigetas 405 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*