Ide Desain Rumah Minimalis Cocok Untuk Milenial

ide desain rumah minimalis kekinian dengan konsep open space

Tempat tinggal merupakan kebutuhan utama bagi setiap orang untuk beristirahat. Dengan adanya kebijakan Work From Home (WFH) saat ini, menjadikan fungsi dari suatu tempat tinggal lebih dari sekedar tempat beristirahat saja, namun harus memadai untuk bekerja, fasilitas yang memadai, dan juga desain yang kekinian. Ide desain rumah minimalis ada banyak, tetapi mana yang paling cocok untuk Anda?

Pilihan Ide Desain Rumah Minimalis Kekinian

Berbicara mengenai desain yang kekinian, banyak sekali tren desain yang sedang digemari oleh banyak orang, salah satunya adalah tren desain rumah minimalis. Ten desain rumah minimalis ni mengedepankan tata ruang yang fungsional, efisien, dan tentunya kenyamanan yang maksimal bagi penghuninya.

Terlebih lagi dengan keunikan, fungsional, serta rasa simple yang diberikan ketika rumah berdesain minimalis. Tentu saja desain minimalis ini sangat cocok untuk para milenial yang lekat sekali dengan gaya hidup modern dan simple dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Perlu diketahui bahwa, saat ini rata-rata jumlah penduduk Indonesia berada di usia muda dan produktif sekitar umur 25-40 tahun atau yang disebut juga kaum milenial. Dengan adanya peningkatan kaum milenial ini juga menjadi kabar baik bagi para developer properti. Karena nantinya tentu saja peminat tempat tinggal akan meningkat dengan mereka akan membutuhkan tempat tinggal.

Besarnya potensi pasar milenial di Indonesia menjadikan beberapa developer ternama menjawab kebutuhan tempat tinggal dengan menghadirkan desain rumah minimalis. Hal tersebut bisa menjadi sebuah ide atau rekomendasi untuk menghadirkan desain rumah minimalis ketika ingin merenovasi rumah.

Supaya ga bingung lagi mau desain rumah kaya gimana, simak artikel berikut ini untuk mengetahui ide desain rumah minimalis yang cocok untuk para milenial.

  1. Memasang jendela besar

Setiap rumah tentu saja terdapat jendela, namun pada umumnya jendela yang ada pada rumah memiliki ukuran yang relatif kecil. Padahal, fungsi dari jendela ini sangat penting untuk pencahayaan dan udara masuk ke dalam rumah. Ketika pencahayaan berkurang dan sirkulasi udara terhambat maka aktivitas di dalam rumah tentu saja ikut terganggu.

Dengan menerapkan desain minimalis pada rumah anda, ide memasang jendela yang besar bisa menjadi suatu ide yang cemerlang untuk memaksimalkan fungsi jendela itu sendiri. Ketika memasang jendela besar pada rumah, sirkulasi udara dan pencahayaan dari luar dapat lebih maksimal untuk masuk ke dalam rumah.

  1. Konsep open space

Ide desain rumah minimalis selanjutnya adalah konsep open space. Open space merupakan area terbuka yang menggabungkan 2 atau lebih ruangan dalam rumah sehingga tidak ada sekat yang membuat rumah terasa lebih sempit.

Biasanya pengaplikasian konsep open space ini adalah menggabungkan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur digabung menjadi satu tanpa sekat. Seperti contohnya pada rumah Pasadena Residence Gading Serpong yang memiliki konsep open space untuk ruang keluarga dan ruang makan.

Menerapkan konsep ini akan jauh lebih efektif dan fungsional dalam tata ruang, karena tidak akan ada sekat penghalang antar ruangan yang membuat rumah terlihat lebih sempit. Kemudian, akan jauh lebih leluasa untuk mengatur tata letak furniture di dalam rumah. Selain itu, akan menciptakan suasana rumah terasa lebih hangat., dan juga membuat kumpul bersama keluarga atau sahabat lebih nyaman tanpa merasakan pengap atau sempit.

  1. Arsitektur bangunan geometris

Ciri khas dari desain minimalis terkenal dengan desain yang simple namun tetap indah dipandang. Arsitektur bangunan minimalis memiliki bentuk geometris pada tampilan depan rumah seperti kubus atau persegi panjang. Kemudian, bentuk atap rumah juga tidak berbentuk segitiga, melainkan datar tanpa ada genting diatasnya.

Pengaplikasian arsitektur geometris ini tentunya bisa menjadi keunikan rumah itu sendiri, karena tidak terdapat detail rumit lainnya. Untuk fasad rumah juga dibiarkan polos saja tanpa ada tiang penyanggah yang menjadi teras seperti desain gaya Eropa. Pewarnaan rumah di bagian depan juga dibuat simple saja dengan menggunakan cat putih atau tekstur kayu alami.

  1. Gunakan material bangunan yang sederhana dan alami

Penggunaan material menjadi satu hal yang sangat penting dan krusial dalam proses membangun rumah. Untuk desain rumah minimalis pada umumnya menggunakan material yang sederhana dan alami yang mudah untuk ditemukan.

Seperti bahan dari kayu atau keramik yang digunakan untuk lantai pada rumah. Tidak jarang ditemukan juga penggunaan material seperti kaca, beton, atau baja juga digunakan dalam desain minimalis. Material bangunan yang sederhana dan alami ini justru memberikan daya tarik tersendiri pada rumah, sehingga terlihat unik dan menonjolkan sifat dari material bangunan tersebut.

  1. Didominasi warna monokrom

Warna putih, hitam, dan abu-abu sering kali digunakan untuk mendekorasi desain rumah minimalis. Pemilihan warna tersebut membuat rumah terlihat sederhana, bersih, namun tetap elegan. Pengaplikasian dari warna monokrom tersebut biasanya diterapkan pada lantai, dinding, atau furniture yang digunakan untuk dekorasi rumah. Bisa juga menerapkan warna lain selain dari ketiga warna tersebut untuk mempercantik interior rumah sehingga tidak monoton.

  1. Taman kecil di belakang rumah

Tidak lengkap dan hidup rasanya suatu rumah jika tidak ada tanaman di dalamnya. Kehadiran taman ini tentu memberikan kesegaran pada rumah sehingga lebih sejuk dan tidak sumpek. Ciri khas taman pada desain rumah minimalis dibuat sederhana namun tetap cantik.

Seperti pada contohnya taman pada rumah Pasadena Residence Gading Serpong yang memaksimalkan lahan yang terbatas untuk dijadikan taman berukuran kecil. Dekorasi taman bisa dengan rumput dan bebatuan kecil, kemudian jenis tanaman merambat dan berukuran sedang.

Sekian artikel mengenai ide desain rumah minimalis yang bisa menjadi referensi untuk anda mendesain dan merenovasi rumah anda agar terlihat lebih indah dan membuat anda lebih nyaman untuk tinggal. Desain minimalis yang simple ini akan sangat cocok dengan gaya hidup modern kaum milenial. Bagi anda yang tertarik dan ingin informasi lebih lanjut mengenai rumah berdesain minimalis dapat anda temukan di CariProperti yang akan memberikan kemudahan untuk anda menemukan hunian impian yang ideal

About arigetas 376 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*