Ragam Cara Membersihkan Debu di Rumah: Klasik vs Modern

cara membersihkan debu dengan sapu dan pel hingga vacuum cleaner dan robot

Hidup nyaman di rumah sendiri merupakan idaman dari setiap orang. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan rumah dari debu yang dapat menggangu kesehatan, mulai dari rasa risih, gatal di kulit, hingga bersin dan batuk. Apa saja cara membersihkan debu di rumah yang cocok dengan kita? Apakah cukup dengan sapu, ataukah kita perlu bantuan robot penyedot debu? Bagaimana sih cara kerja robot vacuum cleaner itu dan apakah sudah pas untuk kita?

Cara Membersihkan Debu yang Benar

Satu-satunya cara membersihkan debu dengan benar, adalah menyingkirkan semua debu tanpa membuatnya beterbangan kembali. Ada cara klasik, yang sudah dilakukan sejak zaman orang tua bahkan kakek nenek kita, hingga ke yang lebih modern dengan penyedot debu manual, hingga saat ini ada robot penyedot debu.

1. Sapu dan Pel manual

Cara ini merupakan cara paling manual, dan merupakan skill yang harus dikuasai setiap orang, termasuk anak-anak kita di era modern ini. Mahir mempraktikan cara membersihkan debu dengan mode menyapu dan mengepel, akan membuat anak kita menjadi pribadi yang tidak saja punya bekal survival skill di masa depan, tetapi juga akan menghargai proses sebelum hasil yang akan didapat.

Cara membersihkan debu manual ini adalah dengan:

  1. Urut dari atas ke bawah
    Maksudnya, dalam membersihkan debu itu kita bisa gunakan kemucing (kemoceng atau sulak), untuk menyapu secara perlahan debu yang menempel di meja, lemari dan banyak benda lain di dalam ruangan. Debu yang tersapu kemocing tersebut akan jatuh ke lantai.
  2. Sapu dengan rapi
    Selanjutnya, kita pergunakan sapu untuk menyapu lantai. Disarankan agar menggunakan sapu yang masih utuh helaian sapunya, sehingga proses menyapu lebih cepat. Tips untuk bisa menyapu dengan baik dan cepat adalah kita sapu dari ujung arah angin datang, sehingga debu yang sudah kita sapu tidak akan mudah berbalik arah. Debu dan kotoran lantai yang sudah kita sapu, selanjutnya kita tampung di pengki dan dibuang.
  3. Pel dengan pewangi yang tepat
    Langkah terakhir adalah dengan mengepel lantai menggunakan obat pel dengan aroma segar yang sudah dicairkan sesuai dengan aturan pakai. Dalam mengepel, disarankan untuk menggunakan lap pel dalam kondisi lembab saja, bukan yang terlalu basah karena fungsinya adalah agar debu halus yang di lantai menempel di lap pel. Sama dengan menyapu, mengepel harus dilakukan mulai dari sisi angin datang sehingga akan lebih optimal hasilnya

2. Cara Membersihkan Debu dengan Vacuum Cleaner

Cara kedua dalam membersihkan debu ini adalah menggunakan alat penyedot debu. Ragam jenis penyedot debu ada banyak, tetapi umumnya dibedakan menjadi yang pakai kabel (arus AC) dan yang menggunakan battery. Untuk skala rumah, tentu menggunakan yang menggunakan kabel listrik ya. Selain lebih kuat sedotannya, juga tampungan debunya lebih besar.

Dibandingkan dengan cara pertama, cara kedua ini dapat menyelesaikan urusan perdebuan ini dengan lebih cepat. Dengan banyaknya pilihan ujung alat yang digunakan untuk menyedot debu, maka Anda bisa leluasa menyedot debu yang di atas meja, seluk beluk lemari, langit-langit hingga ke lantai.

Kelebihan penggunaan penyedot debu ini, Anda bisa memulai pembersihan debu dari sisi mana saja dan tidak tergantung arah angin, karena debu langsung tersimpan di kantung kotoran.

Selanjutnya, setelah debu besih maka Anda bisa lanjut mengepel seperti langkah di atas.

3. Bersihkan Debu pakai Robot Vacuum Cleaner

Untuk Anda yang telah menyusun rencana keuangan yang matang, maka bisa menggunakan bantuan robot dalam membersihkan debu di rumah Anda. Meskipun namanya robot penyedot debu, ternyata pada beberapa tipe robot, juga mampu mengepel lantai sekaligus, lho.

Kelebihan robot penyedot ini adalah bisa kita program untuk menyelesaikan sebidang lantai untuk disedot debunya, hingga mengepelnya. Bentuk robot yang kecil, sehingga bisa menjangkau banyak area sempit yang seringkali membuat kita “mager” untuk menyapu dan mengepelnya.

Kelebihan yang penting dari robot ini adalah saat dia menemukan benda selain debu misalnya uang logam (koin), maka dia tidak akan menghisapnya.

Adapun kekurangannya, kapasitas battery robot yang masih terbatas sehingga tidak bisa bekerja terlalu lama. Kemudian, robot ini belum bisa untuk berpindah ketinggian lantai, sehingga tidak bisa naik turun tangga misalnya.

Bagaimana? Tertarik untuk pakai robot penyedot debu ini kah?

About arigetas 332 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*