Pengen Pindah ke Apartemen? Ini 7 Tips Tinggal di Apartemen Buat Kamu

Tips Tinggal di Apartemen yang Buat Kamu Nyaman sesuai kebutuhan dengan lokasi strategis dan fasilitas lengkap

arigetas.com – Apartemen merupakan salah satu hunian yang paling diminati untuk dijadikan tempat tinggal. Selain harga sewanya yang terjangkau, apartemen juga memiliki segudang fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para penghuninya. Apalagi banyak apartemen yang sengaja dibangun di lokasi yang strategis. Hal inilah yang menjadi daya tarik untuk menyewa apartemen. Lantas, apa saja tips tinggal di apartemen yang bisa bikin kamu betah?

Tips Tinggal di Apartemen yang Buat Kamu Nyaman dan Betah

Walaupun apartemen memiliki segudang keunggulan,bukan berarti kamu bisa pindah tanpa persiapan. Untuk pindah ke apartemen, banyak hal yang harus diperhatikan agar nantinya kamu bisa tinggal di apartemen dengan nyaman. Jika kamu berencana untuk pindah ke apartemen, berikut 7 tips tinggal di apartemen yang bisa kamu lakukan.

1. Pilih apartemen yang sesuai dengan kebutuhan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari unit apartemen sesuai dengan kebutuhan. Jangan memilih apartemen tanpa memahami kebutuhanmu. Misalnya, kamu berencana untuk tinggal sendiri dan memilih unit yang besar. Padahal kamu tidak membutuhkan banyak ruangan. Keputusan tersebut nantinya bisa memberatkanmu dalam merawat dan membayar sewa apartemen.

Maka dari itu,  jika kamu berencana tinggal sendiri, pertimbangkan untuk memilih unit apartemen Tipe Studio atau 1 BR agar biaya sewa dan perawatannya lebih murah. Apartemen tipe ini sangat cocok untuk mahasiswa maupun para profesional yang tinggal sendirian.

Namun, jika kamu berencana untuk tinggal bersama teman maupun keluarga, unit apartemen Tipe 2BR atau 3 BR tentunya lebih direkomendasikan agar dapat menggunakan lebih banyak ruangan.

2. Pahami aturan dalam apartemen

Selain memilih apartemen yang cocok, kamu juga harus memahami aturan yang ada di apartemen. Ada beberapa apartemen yang menerapkan aturan ketat dan membuat para penghuni tidak nyaman. Makan dari itu, pertimbangkan apartemen dengan peraturan yang bisa kamu taati.

Perhatikan juga sistem keamanan yang berlaku di apartemen. Jika kamu ingin tinggal di apartemen yang aman, pilihlah apartemen yang memiliki penjagaan selama 24 jam dilengkapi dengan security. Dengan adanya penjagaan di apartemen, kamu tidak perlu khawatir untuk meninggalkan barang berharga.

3. Menyusun anggaran pemasukan dan pengeluaran

Tips tinggal di apartemen selanjutnya adalah menyusun anggaran pemasukan dan pengeluaran. Pertimbangkan apakah pemasukanmu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan. Jika dirasa masih kurang, tidak ada salahnya untuk mengambil pekerjaan sampingan atau memulai bisnis kecil-kecilan di sela-sela waktu kosongmu.

Ketika sudah mengetahui total pemasukan, atur pengeluaran setiap bulannya untuk membayar berbagai kebutuhan, seperti biaya sewa apartemen, tagihan listrik, biaya cicilan, kebutuhan makan, hingga kebutuhan sehari-hari. Jangan lupa juga menyisihkan tabungan maupun dana darurat dari setiap penghasilanmu.

4. Pilih apartemen yang lokasinya strategis

Memilih apartemen dengan lokasi strategis akan memberikan banyak keuntungan. Pilihlah apartemen yang lokasinya dekat dengan akses transportasi maupun fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, dan fasilitas kesehatan. Jika apartemenmu dekat dengan akses transportasi dan fasilitas umum, tentunya akan membantumu dalam menghemat pengeluaran dan memenuhi berbagai kebutuhan.

Bagi kamu yang seorang mahasiswa, pertimbangkan untuk memilih apartemen dekat kampusmu. Begitu juga dengan kamu yang sudah bekerja, pertimbangkan untuk memilih apartemen dekat kantor untuk menghemat ongkos perjalanan.

5. Maksimalkan setiap sudut ruangan

Setiap orang, termasuk penghuni apartemen, tentunya ingin tinggal di hunian yang nyaman. Nah, kamu bisa mengakalinya dengan menata ruang apartemen Anda semaksimal mungkin. Jika kamu memiliki banyak barang, maksimalkan setiap sudut ruangan apartemen untuk menaruh barang maupun furniture, sehingga kamu bisa mendapatkan space yang lebih luas pada ruang apartemen.

Selain untuk meletakan barang, sudut ruangan juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat aksesoris yang mempercantik ruangan Anda. Tetapi jangan berlebihan ya. Karena aksesoris yang berlebihan akan memberikan kesan sempit pada ruangan.

6. Manfaatkan fasilitas yang tersedia adalah tips tinggal di apartemen yang bikin nyaman

Pada umumnya, apartemen menyediakan fasilitas lengkap untuk para penghuninya. Untuk itu, manfaatkan fasilitas yang tersedia di apartemen agar kamu bisa tinggal dengan nyaman.

Jika apartemen menyediakan kolam renang, gym, jogging track, atau fasilitas olahraga lainnya, manfaatkan fasilitas tersebut untuk berolahraga demi menjaga kebugaran tubuh. Fasilitas balkon di apartemen juga bisa kamu manfaatkan untuk menikmati keindahan lingkungan sekitar dari ketinggian.

Bila kamu sangat sibuk karena urusan pekerjaan, jangan lupa untuk memanfaatkan fasilitas cleaning service dan laundry agar kamu tetap nyaman untuk tinggal di apartemen.

7. Lebih baik sewa unit apartemen jangka panjang

Apakah kamu berencana untuk tinggal di apartemen dalam jangka waktu yang lama? Jika iya, salah satu  tips hemat tinggal di apartemen adalah memilih sewa unit apartemen dalam jangka panjang. Harga sewa apartemen tahunan biasanya akan jauh lebih murah dibandingkan harga sewa bulanan.

Beberapa sewa apartemen Jakarta Barat menyediakan opsi sewa tahunan dengan harga terjangkau, seperti Puri Orchard Apartment, Green Park View Apartment, dan Puri Mansion. Kamu bisa memilih apartemen sesuai dengan kebutuhanmu.

Itulah 7 tips tinggal di apartemen yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat untukmu yang sedang berencana untuk pindah ke apartemen. Jika kamu ingin mencari referensi apartemen sebagai hunian Anda, kamu bisa kunjungi Jendela360, salah satu situs pencarian apartemen terbaik di Indonesia. Tersedia ribuan pilihan apartemen dengan fasilitas lengkap yang bisa menjadi referensi hunian untukmu

About arigetas 321 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*