Liburan di Sekitar Rumah itu Menyenangkan dan Hemat

ide liburan di sekitar rumah hemat mulai dari berkebun hingga tamasya ke hutan kota

Menikmati hari libur, ternyata tidak selalu memerlukan usaha dan tenaga (serta biaya) yang besar, lho. Liburan di sekitar rumah pun bisa menjadi solusi untuk bisa tetap “waras” di masa pandemi ini. Sebagai contoh, berikut adalah contoh bagaimana kami menikmati hari libur di Sabtu dan Minggu ketika pandemi.

Pilihan Liburan di Sekitar Rumah itu Apa Saja?

Sebelum membahas aneka pilihan liburan di sekitar rumah yang bisa Anda lakukan, yuk kita telaah terlebih dahulu tentang apa sih definisi liburan itu. Liburan merupakan saat dimana seseorang tidak melakukan kegiatan harian wajibnya, untuk tujuan relaksasi, wisata, hingga melakukan hobi yang diminati.

Nah, di bawah ini beberapa kegiatan yang lumayan sering saya lakukan bersama keluarga ketika akhir minggu tiba:

1. Istirahat

Lho, kok istirahat? Oh benar kok ini. Terkadang setelah capek sepanjang Senin hingga Jumat beraktivitas, maka kita perlu beristirahat memulihkan tenaga. Tentu saja, sangat direkomendasikan untuk memberikan asupan multivitamin dengan dosis tepat bagi tubuh kita, agar bisa tetap prima dalam menjalani kesibukan.

Ketika istirahat, tentu bukan berarti sepanjang hari tidur lho. Bisa banget untuk membangun bonding dengan keluarga dengan saling bercerita tanpa perlu pergi dari rumah. Urusan makan? Wah saat ini sudah gampang banget untuk pesan makanan via online yak.

2. Movie Time

Kegiatan nomor 2 ini pas banget digabung dengan poin nomor 1 di atas. Sembari santuy di rumah, bisa banget menonton film keluarga pilihan si kecil. Saat ini, sudah banyak banget pilihan menonton film dengan cara legal dan harga terjangkau, tepat untuk pilihan keluarga Anda.

Sembari menonton film keluarga, sebagai orang tua kita bisa memberikan pengertian kepada anak kita, perihal pesan moral yang didapatkan dari film tersebut. Selain membentuk empati pada anak, kegiatan satu ini pasti akan menjadikan ikatan anak dan orang tua (bonding) terjalin lebih kuat.

3. Berkebun Bersama Anak

Pada poin ini, bisa banget Anda pilih ketika fisik kita prima dan bisa melatih anak-anak kita perihal flora dan fauna. Berkebun ini tidak perlu diartikan pekerjaan-pekerjaan yang berat ya, tetapi bisa juga seperti memindahkan tanaman dari pot kecil yang sudah penuh ke pot yang lebih besar, maupun kegiatan memupuk tanaman.

Selain mendapatkan peluh keringat dari kegiatan mandi matahari dan kegiatan fisik, maka anak-anak pun bisa banget diperkaya pengetahuannya dari hal-hal trivia. Sebagai orang tua, kita bisa menjelaskan kenapa tanaman selain perlu air, juga perlu dipupuk. Kita bisa menganalogikan bahwa pupuk bagi tanaman adalah mirip dengan manusia pun juga memerlukan vitamin, misalnya vitamin d untuk kekuatan dan pertumbuhan tulang.

4. Pergi ke Persawahan = Liburan di Sekitar Rumah Mode Hemat

Nah, kalo ini kegiatan yang sering kami lakukan yaitu pergi ke daerah persawahan di dekat perumahan. Kebetulan kami hanya perlu naik motor 5 menit saja, untuk bisa sampai ke persawahan di belakang perumahan. Suasana sawah yang asri, dipadu dengan akses jalan beton, serta terdapat gubuk-gubuk tradisional, maka kami bisa membiarkan anak-anak untuk bermain di sungai kecil dekat sawah, maupun di pematang sawah.

Oh iya, ketika di persawahan, saya juga terkadang memandu anak untuk latihan mengambil foto menggunakan smartphone, dan kemudian mengeditnya dengan ringkas.

5. Tamasya ke Hutan Kota dan Pesta Hot Pot!

Kegiatan kali ini mirip dengan poin sebelumnya, tetapi di area hutan kota. Untuk bisa total menikmati pilihan liburan hemat ini, kami biasanya pergi menggunakan mobil sekaligus membawa perlengkapan piknik ringkas seperti tikar, makanan minuman, hingga kompor portabel untuk membuat minuman hangat. Oh iya, tahukah Anda kalo anak-anak suka banget untuk menikmati hot pot bareng di taman kota?

Dari pengalaman kami, sangat disarankan agar selalu menyediakan tabung gas cadangan ya, karena ngga asik banget ketika asik nge-hot pot kemudian gasnya habis, ya kan? Ahahaha.

Dari 5 poin ide liburan di sekitar rumah yang hemat ini, manakah yang merupakan favorit Anda? Yuk share di kolom komentar ya.

About arigetas 321 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*