Cara Memelihara Kucing Jalanan yang Aman dan Mudah

pelajari cara memelihara kucing jalanan dengan benar

Seringkali ketika kita berjalan-jalan di sekitar rumah, ada saja kucing liar yang sedang bermain di pinggir jalan. Kucing-kucing itu biasanya kucing buangan yang akhirnya beradaptasi tinggal di area perumahan. Kadang karena kasihan, terbersit bimbang tentang cara memelihara kucing jalanan yang lucu-lucu itu bagaimana sih?

Pahami Cara Merawat Kucing Jalanan

Sebelum memutuskan memelihara atau merawat kucing jalanan, kamu harus tahu terlebih dahulu apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang sebaiknya tidak kamu lakukan:

  1. Cek kepemilikan si kucing jalanan.

    Sebelum melakukan tindakan apapun, coba perhatikan apakah kucing-kucing lucu tersebut memang kucing liar, atau sebenarnya ada pemiliknya. Untuk skala perumahan, kamu cukup bertanya ke grup WhatsApp perumahan atau juga bisa bertanya ke tetangga sekitar. Kenapa tahu status kepemilikan ini penting? Karena jangan sampai kita memberi makan atau melakukan tindakan yang bisa jadi bertentangan dengan kehendak pemiliknya.

  2. Dekati kucing liar jalanan dengan bertahap.

    Secara umum, kucing jalanan biasanya lebih ‘galak’ dibanding kucing rumahan, karena dia memang punya insting untuk bertahan hidup. Kalau kucing rumahan, kita dekati dan elus pun biasanya dia diam saja. Sebagai awalan, kamu bisa jalan lewat dekat si kucing jalanan kemudian panggil pakai nama imut. Lakukan ini beberapa saat.

  3. Memberi makan kucing jalanan.

    Cara memelihara kucing jalanan selanjutnya yang tidak pernah salah adalah dengan memberinya makan. Kucing jalanan biasanya memiliki selera dan standar perawatan kucing kampung. Hal yang perlu diingat, jangan pernah memberi makan daging mentah ke kucing untuk menjaga kesehatannya.

  4. Laporkan saat melihat kucing yang sakit.

    Saat kamu melihat atau menyadari ada kucing jalanan yang beringas atau sakit, segera lapor ke pihak perlindungan hewan atau cukup ke RT anda. Kucing tersebut segera perlu diberikan evakuasi agar tidak membahayakan kucing sehat lainnya serta orang-orang di lingkungan kamu. Jangan sekali-kali mencoba dekati kucing yang sedang beringas, karena bahaya rabies mengintai ya.

  5. Bantu tekan populasi kucing jalanan.

    Kucing jalanan perlu untuk dikontrol populasinya. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyumbang uang ke dokter hewan untuk biaya sterilisasi kucing jalanan.

Nah, memelihara kucing jalanan ternyata nggak selalu berarti kamu bawa si kucing ke rumah dan dijadikan peliharaan bukan? Sebenarnya bisa saja sih, tetapi usaha dan modal yang bakalan kamu keluarkan itu luar biasa. Kalau kamu siap, ya silakan.

Kamu ada saran gimana lagi nih? Tulis di kolom komentar, ya!

Miau… miau…

About arigetas 245 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*