Cara Menenangkan Pikiran Ruwet Akibat Pekerjaan Setumpuk

cara menenangkan pikiran ruwet dengan mengetahui ragam penyebab dan solusinya

Semakin hari, beban pekerjaan terasa semakin berat dan menantang, bukan? Coba kita perhatikan, dahulu sebelum adanya smartphone, pekerjaan biasanya hanya dikerjakan di jam kantor, kemudian ketika di rumah maka sudah terbebas dari beban tersebut. Hari kini, terkadang lewat jam kantor pun masih perlu koordinasi lewat pesan singkat yang akhirnya menambah beban pikiran. Bagaimana sih, cara menenangkan pikiran ruwet akibat tumpukan pekerjaan?

Ragam Penyebab Pikiran Ruwet

Istilah pikiran ruwet, dapat diartikan menjadi beberapa hal. Pertama adalah ketidakmampuan otak kita dalam memikirkan solusi dari permasalahan yang kita hadapi. Kedua adalah ketidakmampuan diri kita dalam mengelola waktu dalam meng-handle pekerjaan ataupun beban kita sehingga semua menumpuk, meskipun sebenarnya kita sudah tahu apa saja solusi dari beban-beban tersebut.

Layaknya benang yang ruwet, maka pikiran yang sedang ruwet pun perlu diurai sedikit demi sedikit dan dipetakan menurut jenis masalah dan kegawatan (urgensi) penyelesaiannya. Berikut penyebab ruwetnya pikiran yang bisa jadi sudah dialami oleh diri Anda sendiri, maupun orang lain:

  • Pekerjaan Kantor
    Pekerjaan kantor, sering kali dijadikan kambing hitam atas keruwetan yang muncul di dalam diri kita. Padahal, kalau dipikir lebih jernih lagi, pekerjaan kantor merupakan salah satu kegiatan yang sebenarnya sangat mampu diukur resikonya.
  • Kisah Percintaan
    Siapa sih, yang tidak pernah merasa hidupnya kok ya remuk begini, gara-gara sang lawan jenis? Terkadang perjalanan kisah cinta seseorang sangat mampu mengendalikan emosi maupun perasaan yang ada di dalam hati. Sebagai contoh, hujan itu kan sama aja kan? Tetapi bisa berbeda rasanya kehujanan saat bersama sang pujaan ketika PDKT yang dibandingkan kehujanan setelah berantem dengan sang pacar.
  • Kondisi Keuangan
    Poin ini terasa penting, khususnya bagi Anda yang sudah berkeluarga. Untuk yang masih single, biasanya keuangan yang seret tidak terlalu menjadikan pikiran ruwet, kecuali mereka yang sedang menabung untuk menikah, maka kondisi keuangan bisa bikin puyeng.

Tiga penyebab ruwetnya pikiran di atas, ketika dibaca sekilas sepertinya tidak ada yang terlalu berat, bukan? Eits, jangan salah. Biasanya masalah tersebut tidak berdiri sendiri, tetapi kombinasi. Sebagai contoh, ketika pekerjaan kantor sedang bikin darah tinggi, kemudian sang pacar bikin masalah, yang ada rasa penuh dan stres di kepala meningkat sekian ratus derajat, bukan?

Apa Saja Cara Menenangkan Pikiran Ruwet itu?

Agar lebih cepat dalam meredam dan pikiran yag ruwet kembali tenang, maka kita bisa menanyakan kepada diri kita sendiri beberapa hal ini:

1. Ketahui Apa Saja Hal Yang Berada di Kendali Kita?

Poin pertama ini lebih ke penekanan agar kita tidak selalu menyalahkan diri sendiri. Sebagai contoh, ketika di kantor kita dapat pekerjaan kemudian menundanya, yang pada akhirnya menumpuk dan ditagih pada saat bersamaan, maka kita perlu merombak manajemen waktu kita.

Pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita, harus dibagi paling tidak menjadi 4 kategori yaitu: penting dan mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting tapi mendesak, dan tidak penting tidak mendesak.

Dengan membagi jenis pekerjaan tersebut, maka kita bisa memulai dari pekerjaan yang penting dan mendesak terlebih dahulu, sehingga kita akan lebih tenang setelahnya. Kemudian, pada pekerjaan yang sulit dan penyelesaiannya tidak dalam kendali kita, maka sebaiknya kita perlu untuk ikhlas dan tidak membebani pikiran kita sendiri.

2. Miliki Circle Pertemanan yang Produktif dan Suportif

Pilih dan jaga pertemanan Anda dengan orang-orang yang tepat. Semakin bertambahnya usia, maka jumlah teman akan semakin sedikit, tetapi akan lebih berkualitas. Dengan memiliki pertemanan seperti ini, maka ketika kita sedang memiliki masalah, biasanya akan dengan mudah mendapatkan motivasi dan solusi dari masalah kita.

3. Tenangkan Pikiran Lewat Aplikasi Riliv

Saat ini sudah memasuki dunia serba digital, sehingga salah satu solusi untuk menenangkan pikiran Anda, juga bisa didapatkan dari smartphone Anda. Silakan coba aplikasi Riliv yang menyediakan fitur meditasi online, yang dapat membuat hidup Anda lebih tenang dan pikiran pun lebih rileks.

Riliv Hening yang sudah terbukti secara klinis ini sangat mudah digunakan, Anda cukup mengambil poosisi duduk dan mendengarkan konten #HeningSejenak maka Anda akan dapat merasakan pikiran yang lebih jernih, sehingga dapat mengontrol rasa khawatir dan keruwetan dari masalah-masalah Anda.

Dengan pikiran yang lebih jernih, maka Anda akan dapat menemukan dan mengeksekusi solusi dari masalah-masalah Anda dengan lebih taktis, efektif dan efisien.

Yuk coba, yuk!

About arigetas 321 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

1 Comment

  1. Masalahnya udah pikiran ruwet di tambah cicle pertemanan yg kerjaannya cuman ngeluh plus keuangan pas lagi seret2nya .. rasanya kita jadi org paling apes banget .. heheh

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*