Rekomendasi Jenis Sayuran untuk Penderita Asam Urat

rekomendasi jenis sayuran Buah, dan Daging untuk Pengidap Asam Urat serta jenis aktivitas fisiknya

Memakan sayur mayur, merupakan salah satu kebutuhan di dalam hidup manusia. Hanya saja, tidak semua jenis sayur cocok untuk Anda yang sedang sakit, misalnya sedang mengidap asam urat. Apa saja jenis sayuran untuk asam urat yang sekiranya cocok? Berikut daftar rekomendasi jenis sayuran untuk Anda yang sedang berjuang melawan asam urat.

Kenapa Asam Urat Membuat Sakit?

Penyebab utama munculnya rasa sakit di persendian, adalah adanya asam urat (uric acid) yang gagal dibuang dengan baik. Adanya asam urat sebenarnya adalah hal normal, tetapi tubuh penderita asam urat tidak dapat mengelola limbah tersebut dengan tuntas sehingga menumpuk di persendian.

Pemicu utama kenaikan asam urat di dalam tubuh adalah zat purin, yang lazim ditemukan di dalam makanan. Sehingga, penderita asam urat sangat dianjurkan untuk menghindari makanan-makanan kaya purin.

Rekomendasi Jenis Sayuran, Buah, dan Daging untuk Pengidap Asam Urat

Terkadang lebih mudah membuat blacklist dibanding whitelist, bukan? Jenis sayuran yang harus Anda hindari, ketika menderita asam adalah kembang kol. jamur, melinjo (buah dan daunnya), bayam, serta asparagus.

Setelah membaca jenis sayur di atas, mungkin Anda akan bertanya: “Wah bayam sayuran sehat banget, kok dilarang ya?”

Tak lain karena bayam yang bisa bikin Popeye super kuat menyelamatkan Olive ini, kaya akan kandungan purin yang dapat memicu kambuhnya sakit pada persendian pada orang dengan asam urat tinggi.

Sebenarnya, penderita asam urat tetap boleh kok mengkonsumsi sayuran tersebut di atas, tetapi dengan porsi yang kecil saja. Tetapi, sangat disarankan untuk lebih baik sama sekali menghindarinya, ketimbang jadi masalah, bukan?

Adapun jenis sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi penderita asam urat antara lain adalah wortel, kale, mentimum, kentang, selada, dan paprika. Selain itu penderita asam urat tetap boleh kok mengkonsumsi buah-buahan, misalnya yang memiliki kandungan vitamin C tinggi (misalnya jeruk, tomat, kiwi, dan ceri), dapat membantu memecah asam urat.

Buah-buahan seperti pisang, apel, dan anggur memang tidak memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, tetapi sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat, karena buah-buahan tersebut memiliki kandungan purin yang rendah.

Untuk Anda yang ingin mengkonsumi daging misalnya ikan, sayangnya Anda tidak punya banyak pilihan. Ikan salmon yang cukup mahal misalnya, merupakan jenis daging ikan yang dapat Anda konsumsi, karena memiliki omega 3 yang baik untuk membantu mengurangi peradangan.

Aktivitas Fisik untuk Penderita Asam Urat

Mengalami peradangan di persendian saat asam urat kambuh, tentu sangat menyiksa. Saking sakitnya, orang umumnya tidak mampu bergerak sama sekali sampai kadar asam uratnya menurun. Ketika Anda tidak sedang kambuh asam uratnya, dianjurkan untuk tetap melakukan aktivitas olahraga ringan, misalnya senam peregangan, aerobik ringan, hingga latihan beban ringan.

Kunci untuk bisa tetap berolahraga dengan baik adalah kontinyuitas dari olahraga. Lebih baik olah raga ringan setiap hari, tentu lebih baik dibandingkan olah raga berat seminggu sekali. Perlu diingat bahwa peregangan memegang peranan penting, karena dapat membantu menjaga kelenturan dan kekuatan otot, yang sangat berguna bagi penderita asam urat.

Untuk Anda yang tidak mempunyai waktu untuk berolah raga di area publik, boleh banget untuk melakukan olah raga di rumah. Dengan bermodalkan video YouTube-saja, Anda sudah bisa kok mengikuti gerakan pilates maupun yoga, yang bagus untuk menjaga kelenturan otot dan persendian Anda.

Menderita asam urat bukan akhir dunia kok. Yuk kita jalani hidup sehat dan berimbang.

About arigetas 321 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*