Cara Merawat Kucing Agar Tetap Sehat dan Nyaman dengan Kita

Cara merawat kucing dengan rutin memandikan dan membeli asuransi yang tepat serta dengan menjalin interaksi

Jika kamu berencana memelihara kucing, kamu harus tahu cara merawat kucing agar tetap sehat dan nyaman dengan kita.

Tingkah kucing yang kadang lucu dan menggemaskan menjadi alasan terbaik untuk kita ingin memeliharanya. 

Adakalanya sebagai pemilik kucing, kita tidak tahu apa yang dibutuhkan kucing kita agar tetap nyaman bersama kita. 

Bukan hanya memperhatikan soal makanannya saja, tetapi kamu juga harus memperhatikan tempat tinggalnya, kebersihannya, hingga kesehatannya. Agar finansial kamu aman dan kucing bisa sehat, jangan lupa untuk membeli asuransi hewan peliharaan.

Berikut ini beberapa tips merawat kucing dengan baik agar bisa tetap sehat dan nyaman dengan kita sebagai pemiliknya. 

Menjaga Kebersihan Kucing dan Lingkungannya 

Kucing adalah hewan yang sangat menyukai kebersihan. Jika ingin memelihara kucing pastikan kamu selalu ada waktu dan tenaga untuk menjaga kebersihan kucing dan area dia bermain. 

Jika tidak, kucing akan merasa dia tidak nyaman dengan lingkungannya sehingga dia suka kabur dari rumah. 

Ini dia hal-hal yang harus kamu perhatikan kebersihannya. 

1. Memandikan Kucing Secara Teratur 

Apakah kamu tipe pemilik kucing yang lebih suka jika kucing berada di dalam rumah? Jika iya, kamu harus lebih memperhatikan kebersihan kucing.

Kucing biasanya sangat suka mencari perhatian kepada si pemilik. Dia bisa saja sering mengikutimu saat kamu beraktivitas di dalam ruangan. Agar kamu dan kucing bisa tetap nyaman, pastikan kamu rutin memandikan kucing minimal sebulan sekali. 

Gunakan shampo khusus kucing agar bulu kucing tidak mudah rontok dan semakin bagus. Periksa juga kebersihan gigi, telinga, hidung dan kuku secara berkala. 

2. Rutin Membersihkan Kandang dan Peralatan Lainnya 

Kandang yang kotor akan membuat kucing merasa tidak nyaman. Bersihkan kotoran kucing di litter box sehari sekali dan jemur liter box agar baunya menghilang. 

Pastikan juga kebersihan bantalnya dari rambut dan debu. Terakhir, bersihkan tempat makan dan minum kucing agar tidak ada kotoran yang menempel sehingga kucing bisa lebih nyaman saat makan.

3. Menyisir Rambut Kucing Secara Teratur 

Agar rambut kucing tidak bertebaran kemana-mana, sisir rambut kucing secara teratur. Hal ini bisa mengurangi kerontokan pada rambut kucing dan meminimalisir adanya kutu pada rambut kucing kita. 

Apalagi jika kucing kamu termasuk kucing ras, menyisir rambut kucing secara teratur juga bisa membuat rambut kucing lebih sehat dan terawat.

Cara Merawat Kucing dengan Menjaga Pola Makan Kucing 

Menjaga pola makan kucing sangat bermanfaat untuk kesehatan kucing kita. Selain menggemaskan, kucing adalah hewan yang sangat hobi makan. Agar kucing tidak rentan terkena penyakit maka sebagai pemilik yang baik harus memahami dan menjaga pola makan kucing. 

Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan saat memberi makan kucing.

1. Cara Merawat Kucing dengan Perhatikan Kualitas Makanannya 

“Kucing berusia 4 hingga 12 bulan membutuhkan protein lebih tinggi sebesar 36%” kata Tetty, dikutip dari akun resmi IPB, Rabu (18/05/2022).

Pastikan usia kucing kamu dan sesuaikan kebutuhan nutrisinya sesuai dengan usianya. Biasanya, makanan kucing tertentu sudah menunjukan jenis makanan yang bisa dikonsumsi kitten atau kucing adult.

2. Memahami Kebutuhan Makanan Kucing 

Kebutuhan makanan kucing biasanya dihitung dari berat tubuhnya. Kucing membutuhkan makanan sekitar 2 persen dari berat tubuhnya. 

Agar porsi makanannya tetap pas, kamu perlu mengukurnya. Jika berat badan kucing sekitar 5 kilogram maka porsi sesuai yang dibutuhkan adalah 100 gram per hari. 

Kucing dewasa biasanya makan 2 kali dalam sehari dan anak kucing bisa lebih sering makan dalam sehari, biasanya 4 sampai 6 kali. Sediakan juga air minum yang bersih untuk kucing.

Lakukan Interaksi dengan Kucing 

Agar kucing tetap mengenali pemiliknya, lakukan interaksi sesering mungkin dengan kucing. Kucing sangat suka diperhatikan dan diajak main oleh pemiliknya. Interaksi yang cukup dengan kucing dapat membuat mereka cukup nyaman disekitar kamu. 

Jika belum terbiasa berinteraksi dengan kucing, berikut informasinya.

1. Pahami Bahasa Tubuh Kucing 

Memahami bahasa tubuh kucing bisa menjadi indikator tertentu untuk kesehatannya atau sebagai tanda kucing kita sedang nyaman atau membutuhkan sesuatu. 

Biasanya, kucing memberi signal tertentu jika dia merasa lapar, kandang perlu dibersihkan atau saat sedang merasa sakit.

2. Ajak Kucing Bermain 

Kucing kamu suka tiba-tiba diam dan tidak tertarik pada apapun, bisa jadi kucing kamu sedang bosan. 

Ajak kucing bermain atau kamu bisa menyediakan mainan kucing agar kucing tetap lincah. Sesekali kamu juga bisa mengajak kucing kamu untuk jalan-jalan ke area sekitar rumah. 

3. Mengajarkan Kebiasaan Pada Kucing 

Tips merawat kucing untuk pemula selanjutnya adalah ajarkan kebiasaan pada kucing. Mulai dari pertama kucing bersamamu, kamu harus bisa mengajarkan hal-hal tertentu dan berulang-ulang agar kucing paham dan menjadi kebiasaan barunya. 

Misalnya, ajarkan kucing untuk tetap minum dari tempat minumnya, kebiasaan ini bisa membatasinya jika kucing ingin minum ke tempat lain. 

Menjaga Kesehatan Kucing 

Cara merawat kucing agar sehat adalah rutin memeriksakan kesehatan kucing pada ahlinya. Hal ini akan memberikan kita informasi akurat mengenai kondisi kucing kita.

1. Lakukan Medical Check Up Pertama 

Medical check up sangat membantu untuk mengetahui kondisi kucing kita dari awal. Apalagi jika kucing kita adalah kucing ras, tips merawat kucing ras saat pertama kali adalah melakukan medical check up

Ini membantu kita mengetahui kondisi kesehatan kucing secara umum dan mencegah penularan penyakit zoonosis (penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya).

2. Cek Kucing ke Dokter Hewan

Cara merawat kucing yang tidak boleh dilupakan adalah cek kesehatan kucing ke dokter hewan setiap 6 bulan sekali. Ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan kucing dari penyakit dan parasit.

3. Vaksinasi Kucing 

Cara merawat kucing agar sehat selanjutnya adalah lakukan vaksinasi. Vaksinasi perlu dilakukan untuk menghindari kucing dari virus. 

4. Pemberian Obat Cacing

Cara merawat kucing selanjutnya adalah pemberian obat cacing. Pemberian obat cacing biasanya dilakukan 2 sampai 3 kali dalam satu tahun.

5. Cara Merawat Kucing dengan Beli Asuransi Hewan 

Tips merawat kucing dengan baik yang paling penting adalah memaksimalkan proteksi dari resiko yang ada di luar sana dengan asuransi untuk hewan peliharaan. 

Biasanya asuransi untuk hewan peliharaan dapat menanggung biaya atas penyakit yang menyerang kucing, kecelakaan, kematian bahkan kehilangan kucing. 

Sebagai pemilik hewan peliharaan, tentu akan merasa lebih aman jika hewan peliharaan kita memiliki asuransi.

Itulah cara merawat kucing yang bisa kamu lakukan. Tentunya, jika kamu melakukan tips ini secara tepat, anabul kesayanganmu akan tumbuh dengan sehat dan menggemaskan.

Lakukan proteksi maksimal untuk anabul kesayangan dari resiko terburuk dengan asuransi terbaik untuk hewan peliharaan, salah satunya Simas Pet Insurance, cek selengkapnya di laman https://simasinsurtech.com/. Asuransi ini memberikan perlindungan terbaik untuk hewan peliharaan kamu.

About arigetas 373 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*