Cara Mudah Daftar GoFood Online Untuk Cuan Lebih Baik

jual makanan online via GoFood dari aplikasi Gojek

Selain terus tumbuhnya generasi mager alias malas gerak, tren untuk memesan layan antar makanan secara online dinilai sangat tepat untuk mendukung pengurangan kepadatan masyarakat di ruang publik. Restoran, cafe hingga ibu-ibu di perumahan pun tak ketinggalan membuka kedai makanan dan ikut daftar GoFood online. Tujuannya apa?

Cara Jual Makanan Online Untuk Datangkan Cuan

Cara memasarkan produk makanan saat new normal seperti saat ini, tentu berbeda dengan masa sebelumnya. Akibat pandemi COVID-19, bisnis makanan dan minuman restoran mendapat hantaman besar, karena orang menjadi khawatir untuk berkumpul di ruang publik.

Restoran dan cafe pun berupaya meminimalkan kehilangan pelanggan dengan cara tetap melayani pembelian dibungkus (take away) hingga drive thru. Hanya saja, untuk membeli makanan atau minuman tersebut, orang harus keluar rumah dengan menerapkan cukup banyak protokol keamanan diri (memakai masker dan lain sebagainya).

Cara lain yang dilakukan adalah berjualan makanan dan minuman secara online. Alih-alih menghabiskan waktu, tenaga dan biaya berjualan makanan dan minuman online dengan membangun website sendiri, restoran hingga cafe dan penjual makanan rumahan pun ikut bekerja sama dengan ojek online yang mempunyai aplikasi pesan antar makanan, misalnya GoFood dari Gojek.

Orang mulai banyak ikut daftar GoFood, karena melihat peluang meraih pelanggan dengan lebih efektif dan efisien lewat layan antar makanan alias food delivery.

Panduan Cara Daftar GoFood Online

Mendaftar jadi mitra GoFood sangat mudah. Anda tidak perlu datang ke kantor GoJek, tetapi cukup dengan cara:

  1. Daftar secara online.
    Untuk daftar GoFood online anda dipersilakan menuju ke bagian “registration” di laman website GoJek, kemudian mengisi data diri. Pastikan untuk mengecek kebenaran semua data (tidak ada salah ketik alias typo). Untuk pendaftaran lebih dari satu outlet, saat ini anda dipersilakan untuk mendaftar khusus outlet pertama saja.
  2. Cek kotak masuk (inbox) email berkala.
    Pertama, anda akan mendapat kiriman email dari: merchat.no-reply@gojek.com sebagai tanda pendaftaran sudah berhasil. Selanjutnya, setelah data anda dilakukan verifikasi oleh tim GoJek lolos, anda akan diminta untuk menandatangai kontrak elektronik berupa DocuSign.
  3. Tanda tangan kontrak perjanjian.
    Untuk penandatanganan kontrak, anda akan mendapat email dari DocuSign. Silakan ditandatangai, karena hal ini wajib sebagai syarat lanjut ke langkah berikutnya.
  4. Tunggu proses kontrak selesai diproses.
    Dalam rentang waktu maksimal 5 hari kerja, anda akan menerima pemberitahuan bahwa akun GoBiz anda siap untuk diaktivasi.
  5. Aktivasi akun GoBiz anda.
    Anda dipersilakan login ke akun GoBiz dengan menggunakan nomor ponsel yang telah didaftarkan. Dalam rentang waktu maksimal 24 jam, maka akun GoBiz anda akan aktif. Sebagai catatan. email pemberitahuan aktivasi akan dikirimkan ke email outlet, bukan ke email pemilik.
  6. Siap jualan!
    Ketika anda sudah berhasil login ulang ke akun GoBiz anda, maka anda bisa langsung berjualan GoFood. Selamat!
cara dan tahapan daftar GoFood online untuk jual makanan dan minuman

Biaya Daftar GoFood Online

Saat tertarik dan akan daftar GoFood, salah satu pertanyaan utama calon mitra adalah tentang biaya yang harus dikeluarkan. Anda tidak perlu khawatir, karena sepanjang proses pendaftaran hingga gerai anda online di aplikasi Gojek, adalah GRATIS.

Apabila anda membutuhkan bantuan terkait pendaftaran usaha anda, silakan berkomunikasi via email ke: mitrausaha@gojek.com

Keunggulan Menjadi Mitra GoFood

Selain mudah dan sederhananya cara daftar GoFood, menjadi mitra GoFood mempunyai banyak keunggulan yang langsung bisa dirasakan penjual, antara lain:

1. Daftar GoFood online dan dapatkan lebih banyak pelanggan.

Pada tengah tahun 2019 saja, pengguna aplikasi ojek online Gojek sudah mencapai lebih dari 155 juta orang. Sehingga, kemungkinan untuk orang menemukan outlet jualan anda adalah sangat besar. Semakin banyak pelanggan yang tertarik memesan makanan atau minuman dari outlet anda, tentu saja cuan yang datang akan semakin besar.

Agar bisa meraih pelanggan lebih banyak, anda bisa memilih menu makanan dan minuman yang paling banyak dibutuhkan dan disukai pada area anda. Misalnya anda di area mahasiswa, maka berjualan menu aneka kopi kekinian berikut jajanan hits adalah pilihan yang ideal.

Jarak antar yang lebih dekat dengan calon konsumen prospektif, menurunkan ongkos kirim sehingga akan lebih banyak menarik pelanggan.

2. Anda cukup fokus ke makanan/minuman

Apakah anda pernah mendengar atau membaca istilah ghost kitchen? Itu adalah cara dan proses penyiapan makanan dan minuman secara profesional, khusus untuk layan antar. Berbeda dengen restoran atau cafe yang perlu menata dan menjual atmosfer lokasi jualan, berjualan makanan dan minuman di aplikasi ojek online bahkan anda tidak perlu memiliki meja dan kursi makan.

Anda cukup menata foto asli dari makanan dan minuman jualan anda secara artistik untuk menarik pembeli. Hal ini paling penting, karena pembeli awam yang belum mengenal outlet anda, cenderung akan memilih foto makanan yang dianggapnya paling menarik dalam menggugah selera.

Cahaya, cara dan sudut pengambilan foto makanan dan minuman, sangat menentukan cantik dan tidaknya hasil jepretan. Kalau tidak ada dana menyewa fotografer profesional, anda bisa menggunakan kamera telepon genggam anda dengan sentuhan editing.

Selain foto yang cantik, rasa dan kualitas makanan dan minuman jualan anda juga sangat penting, agar pelangggan puas dan melakukan pemesanan ulang (repeat order).

3. Waktu berjualan yang fleksibel

Anda bisa bebas mengatur waktu berjualan anda, kapanpun anda mau. Bahkan, anda tidak perlu membuka warung di dunia nyata untuk bisa melayani pembeli. Cukup di dapur anda yang bekerja untuk melayani pesanan pembeli, dan anda bebas menjadwalkan buka dan tutupnya outlet anda.

Tips Jualan Makanan Minuman via GoFood Anti Gagal

Untuk anda yang sudah cukup lama berjualan makanan dan atau minuman, terutama via online, pasti tahu bahwa cara memasarkan produk anda sedikit berbeda dengan pemasaran offline.

1. Pastikan kejelasan produk makanan minuman anda

Agar pembeli yakin dengan produk makanan dan minuman anda, pastikan untuk selalu memberikan penjelasan ringkas yang tepat. Misalnya produk ayam goreng anda menggunakan ayam kampung asli, maka pastikan kalimat “ayam kampung asli” ada di gambar anda.

Apabila diperlukan, untuk lebih memberikan ketenangan kepada pembeli, anda bisa mengajukan sertifikasi halal untuk produk-produk olahan anda. Setelah sertifikasi halal didapatkan, anda bisa memasang logo halal tersebut, maka penjualan produk anda akan lebih baik.

2. Pasang 1 produk makanan minuman andalan

Salah satu pembeda utama adalah saat menjual makanan via aplikasi GoFood, anda hanya bisa dibilang hanya punya satu kali kesempatan untuk memuaskan pelanggan baru anda. Kenapa begitu?

Bagi pelanggan yang ingin mencoba produk kuliner anda, biasanya akan mencoba satu produk yang tampilan fotonya paling menarik, bukan? Untuk itu, jauh lebih baik anda menjual 1 produk unggulan daripada beberapa produk tetapi rasanya biasa-biasa saja.

3. Pastikan stok bahan olahan lengkap dan berkualitas

Setelah tampilan (foto produk di dalam aplikasi Gojek), tips untuk menarik pelanggan baru agar kembali memesan di outlet anda adalah rasa makanan dan minuman yang memuaskan. Untuk itu, anda harus memastikan segala bahan olahan selalu sama. Ketika anda mengganti komponen bahan olahan, bisa dipastikan rasa produk anda akan berubah.

Bagaimana? Sangat mudah dan menarik bukan? Sudah siapkah anda bergabung? Ayo daftar GoFood online sekarang juga.

About arigetas 208 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

88 Comments

  1. Aku mau buat go food dari kmrn, tapi gabisa2 terus kenapa y kak?
    Aku bisa nanya ke call center yg nanggapin pertanyaan Dr calon Mitra kemana ya

  2. Rasanya jualan produk makanan atau minuman secara online makin mudah ya Mas, tinggal kitanya aja yang mau berusaha untuk ke arah sana. Sayangnya, saya masih belum ada ide untuk jualan makanan atau minuman, apalagi di musim corona kayak gini, rasanya semakin banyak orang yang melakukan bisnis online.

  3. Wah lengkap dengan langkah-langkah daftar gofood ya Mas Ari..jangan lupa aktivasi GoBiz juga ya. jd kl mau buka usaha kuliner gak perlu takut ga ada yg beli malah siap2 kebanjiran orderan ya

  4. Saya kalau order go foof paling suka lihat foto makanannya dulu. Kadang memang salah satu faktor penentu membeli makanan dari foto juga sih ya mas. Memang saya akui bisnis seperti makanan ini salah satu yang laris di masa pandemi.

  5. Istri saya udah daftarkan ke go food. Tapi saya belum lihat progresnya. Duh, saya kurang membantu istri. Hehe… semoga makin laris dan mendatangkan cuan dengan aplikasi ini.

  6. Lha aku kira daftar jadi mitra di GoFood Online ini pake biaya lho mas Ari. Ternyata gratis ya. Tandain dulu ah tips di sini biar nanti pas buka usaha jajanan tinggal daftar GoFood biar laris 🙂

  7. Penginnnn banget punya usaha kuliner via GoFood. Lagi mikir-mikir kayaknya nasi bento oke juga karena mudah menyiapkannya. Yang penting harus ada hero product aja, jadi orang langsung kenal karena produk unggulan yang satu itu.

  8. Untuk sekarang, baik aku maupun suami belum ada niat tuk buka usaha makanan ataupun minuman.
    tapi dengan baca artikel ini, jadi makin nambah wawasan tuk aku jika ingin memulai bisnis di Gofood seperti apa cara mudah tuk daftar Gofood Online.

    Apalagi lengkap dengan panduan cara daftar Gofood online nya gimana, thanks kak untuk tips tips nya

  9. Ternyata mudah banget ya daftarnya mas ari. Cuma 6 langkah. Temen-temen saya banyak banget nih yang alih profesi jadi penjual makanan dadakan sejak wabah covid

  10. ya ampun Kak ternyata bisa join sama gofood itu mudah kok asal tahu caranya ya. Bagus banget ada surat perjanjiannya juga, jadi penjual sama calon pembeli bisa sama-sama enak, gak ada yang merasa dirugikan. Pengen share ke teman2 yang mulai go online untuk mempromosikan produknya, ijin share Kak 🙂

  11. Pas banget nih buat yang punya usaha online. fasilitas gofood sangat membantu. selama ini ibu saya jualannya offline aja. nanti aku rekomendasikan ah buat jual online via gofood. makasih kak udah dikasih tahu cara daftarnya.

      • Menjanjikan ya. Yg tadinya gak pede buka warung, jadi mau buka warung online. Yg tadinya gak bisa buka warung karena modalnya gede, jadi berani karena GoFood bahkan bisa dibilang modal awal buat tempat gak ada. Membantu banget deh emang GoFood ini.

  12. Daftar GoFood Online di tengah pandemi memang salah satu jalan keluar bertahan di tengah krisis. Semoga yang punya produk makanan bisa mendapat solusi keluar dari masa sulit seperti ini.

  13. Sekarang harus pintar pintar berusaha di tengah pandemi ini . . Apalagi dampak yg paling terasa adalah ketika dirumahkannya beberapa pekerja… hadirnya go food sedikit membuka angin segar untuk dapat berwirausaha mandiri

    • Betul. Bahkan, di perumahan aku sendiri juga begitu, Mas. Ibu-ibu pada berlomba membuat produk untuk dijual di grup perumahan. Kemudian ada 2 yang berkembang terus malah gabung ke GoFood. Jalan rezeki memang beda-beda ya.

  14. Kemarin temenku juga kurekomendasikan untuk segera daftar gofood. Orang mah sekarang malas kalau pakai kurir manual, karena lebih lama dan ngga tau pasti kapan ada kan yaaa.

  15. Galeri makanan yang akan dijual itu super penting. Sebab di situlah asalnya orang memutuskan membeli.
    ternyata ada trik lain agar makin top jualannya

  16. Adekq dan suaminya juga baru saja buka usaha kuliner kecil2an… Aku suruh daftarin gofood, eh lumayan rame… Mayanlah buat dongkrak omset 😁

  17. wah jadi ga ada biaya nya ya untuk.jd mitra go food.. gampang juga ya cara daftar nya.. pas bnget buat yg baru mulai usaha.btw cara nentuin ongkir pesan antarnya gmn ya ?udh ada standar nya atau ada pilihan ongkir?

  18. Mas Ari.. daftar jadi mitra go food ini ada syarat lainnya gak ya. Seperti banner produk dll.
    Saya dulu pernah mau daftar online tempat lain, agak ribet dengan syarat banner yang harus cepat.

  19. Gofood ngebantu banget bagi pelajar kayak aku yang padat jamnya u/ belajar hehe dengan begitu tetap bisa jaga kebutuhan tubuh tanpa meninggalkan kewajiban institusi

  20. Ternyata begitu caranya ya
    Semoga makin banyak yang terbantu perekonomian keluarganya lewat Go food ini
    Sebagai pembeli, aku merasa go food adalah penyelamat kala lapar dan males masak hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*