Komik Donal Bebek Indonesia Pamit – Nostalgia Masa Kecilku

Komik Donal Bebek Indonesia yang penuh nostalgia akan pamit pada 29 Juni 2020

Malam ini aku sedang mencicil pekerjaan kantor, kemudian merasa kantuk menyerang dahsyat. Laptop aku matikan, mengecek pesan WhatsApp dan membuka Twitter. Degg. Kaget. Ada cuitan Kang Maman tentang komik Donal Bebek Indonesia pamit pada edisi terakhir, 29 Juni 2020 (nomor 2019). Aku langsung sedih banget. Kalau kamu?

Sejarah Komik Donal Bebek di Indonesia

Merujuk pada Wikipedia dan beberapa sumber online, komik Donal Bebek Indonesia pertama kali terbit pada tahun 1976. Awalnya memang hanya hitam dan putih saja, kemudian sempat 2 halaman warna dan 2 halaman hitam putih hingga akhirnya semua halaman berwarna pada tahun 2013.

Seingat aku, komik Donal Bebek tidak hanya dalam bentuk majalah yang agak tipis, tetapi ada juga dalam bentuk buku yang cukup tebal (tetapi isi di dalamnya hanya hitam dan putih).

Nostalgia Komik Donal Bebek Indonesia ala arigetas.com

Masih lekat dalam otakku, memori tentang aku yang dengan sadar melihat ada majalah yang agak lusuh berwarna hitam putih, yang cerita bergambar tokoh Donal bebek yang sejatinya sangat terkenal di seluruh dunia. Dia adalah paman Donal yang memiliki 3 keponakan (Kwak, Kwik dan Kwek) yang usil, pintar, lucu.

Meski sering jengkel dengan ulah paman Donal yang sering sembrono, 3 keponakan ini sangat sayang dengan si paman.

Kisah Donal Bebek Terbaik

Selama 44 tahun perjalanan komik ini, tentu ada banyak cerita yang mengiringinya. Jujur, aku agak lupa-lupa ingat tentang cerita komik ini. Salah satunya, aku sangat senang banget ketika kisah Paman Donal, 3 keponakan dan paman Gober bertualang di alam bebas.

Mereka kemudian bertemu dengan suku pedalaman hingga berinteraksi dengan sangat dekat dengan mereka. Sayangnya, ada pihak jahat yang ingin merusak alam. Hingga akhirnya, tokoh bebek-bebek kesayangan kita semua ini bisa kembali ke kota, sekaligus memenjarakan para penjahat.

Kalau aku tidak salah ingat, saat ditanya wartawan dimana letak suku pedalaman itu, mereka kompak merahasiakannya. Tentu demi keamanan suku tersebut.

Cerita Komik Donal Bebek Paling Lucu

Haduh. Kalau aku juga harus memilih cerita Donal Bebek yang paling lucu, aku terus terang bingung. Ibaratnya, aku harus memilih: mana yang lebih enak antara ayam goreng KFC dan cheeseburger McD. ENAK SEMUA. Ahahahaha.

Yang jelas, salah satu cerita yang memorable adalah saat si Donal menjadi petugas tata taman yang sangat sukses. Dia bisa menata taman dan aneka tanaman hias menjadi bentuk-bentuk yang sangat cantik.

Samar-samar, aku ingat Donal memotong rumput tidak pakai mesin, tetapi pakai serombongan kelinci, yang hasilnya hasil potongan rumputnya rapi banget layaknya padang golf.

Meski, akhir cerita itu pun konyol.

Karena kesalahan kecil oleh Donal, akhirnya terjadi efek domino, dimana semua taman cantik tadi jadi amburadul.

Cerita Paman Gober yang Menyebalkan Bagiku

Tokoh yang ada di dalam komik Donal ini tidak hanya tentang si paman Donal sepaket dengan 3 keponakannya, dan pujaan hatinya (Desi Bebek). Namun ada juga kisah tentang si super kaya yang punya gudang uang, Paman Gober.

Kalau di Spongebob ada kisah Tuan Krab yang selalu bangga dengan dollar pertamanya, maka Paman Gober selalu bangga dengan keping keberuntungannya.

Baca juga: Serial TV Anak Terbaik Sepanjang Masa

Paman Gober ini sebenarnya tidak jahat, hanya saja pelitnya nggak ketulungan. Sudah berapa kali Donal kekurangan uang meski hanya untuk makan berempat saja, Paman Gober enggan untuk membantunya.

Ya meski di beberapa edisi komik, Paman Gober tampil menjadi pahlawan bagi mereka sih, tapi tetap saja aku sebal sama dia. Ahahahahaha.

Download Komik Donal Bebek Indonesia Akankah Legal?

Ada banyak sumber digital untuk membaca komik Donal Bebek. Hanya saja, aku sendiri tidak menyarankan untuk mendownload hasil scan atau pdf yang bertebaran di internet. Kenapa? Setahuku itu masih barang ilegal. Ngga tahu misal nanti Gramedia akan menjual komik ini dalam bentuk digital atau tidak.

Sementara itu …

Aku sarankan kalau kamu ingin nostalgia, maka membeli edisi lama Donal Bebek dalam bundelan di marketplace adalah lebih baik. Atau, beli saja di toko buku bekas.

arigetas.com (2020)

Ayo Koleksi Sebagian Komik Donal Bebek!

Aku yakin, 99,9% pembaca tulisanku ini pasti pernah baca cerita si paman Donal, yang sering dikalahkan oleh pesaing cintanya, yaitu si Untung bukan? Saat ini, ketika komik Donal Bebek berhenti terbit, maka permintaan akan buku lamanya dan juga komik Donal bebek edisi terakhir akan banyak banget.

Apakah kamu tertarik untuk membeli koleksi komik terakhir Donal Bebek pada akhir Juni 2020 ini?

About arigetas 208 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

22 Comments

  1. Komik ini yang bikin aku suka baca zaman kecil. Sedih banget udah edisi terakhir ya. Aku jadi nyesel nggak nyimpen majalahnya dengan sangat rapi. Sekarang udah nggak tahu pada kemana.

  2. Aku ngak pernah baca komik Donal bebek, ngak tahu bagaimana isi komiknya, tapi dengan membaca sedikit ulasannya sepertinya komiknya seru

    • Wah mbak, komik Donal Bebek (terutama yang edisi dulu) tuh kaya banget pelajaran hidup buat anak-anak hingga remaja. Ya 11-12 ama Upin Ipin lah kalau masa kini.

  3. Iya banget. Kayaknya ngga ada yg ngga pernah baca Donal bebek. Aku dulu baca komik ini pertama kali dapat pinjam punya kakak. Ngga tau sekarang dimana. Pengin punya, sekedar untuk ngobatin rasa kangen karena memang udah ngga terbit lagi

  4. Mohon link komik Donal Bebek ilegalnya mas, saya sudah rindu. Sampe-sampe ke FO beli hanya kaus bergambar Donald Duck tanpa ingat umur haha

  5. Aku kok malah kurang suka baca komiknya ya, lebih tertarik nonton kartun nya 🙂

    Apakah ditutup nya komik Donal bebek ini akan beralih ke versi digital.

    Karena jaman sekarang anak anak lebih banyak yang buka smartphone ketimbang buka buku komik.

  6. Dulu saya juga sering membaca donal bebek akan tetapi bukan dari hasil membeli jadinya ya kalau ada yang baru ga bisa baca. Intinya, saya berterima kasih sudah menemani masa kecil saya

  7. Wah, komik Donal Bebek adalah buku yang selalu aku pinjam di tempat sewa buku di depan sekolahku, meski saat itu aku sudah berseragam abu-abu. Hehehe.
    Sejak kecil aku udah suka. Ceritanya lucu-lucu nyebelin, selalu bikin ngakak pokoknya.
    Sedih juga ya akhirnya pamitan gini..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*