Potensi dan Keuntungan Bisnis Kuliner Cloud Kitchen

keuntungan bisnis kuliner model cloud atau ghost kitchen

Di era serba digital ini, bisnis cloud kitchen kian diminati masyarakat baik itu dari pihak pebisnis kuliner ataupun calon konsumen. Salah satu produk dari perkembangan iptek dunia yang berbentuk cloud ini mulanya hanya dari bidang computing, stroage, serta hosting. Seiring berkembangnya zaman, sistem yang berbasis cloud ke bidang F&B (Food and Beverage) atau cloud kitchen, bisa disebut juga ghost kitchen. Apa saja keuntungan bisnis kuliner dengan model seperti ini?

Potensi Bisnis Cloud Kitchen

Restoran yang tergabung dalam cloud kitchen hanya akan menerima layanan pemesanan makanan untuk diantarkan ke lokasi pelanggan karena mereka hanya berbentuk dapur tanpa menyediakan tempat untuk pelanggan makan di tempat. Oleh karena itu, cloud kitchen dapat melayani pelanggan lebih cepat dibandingkan di restoran biasa,

Berbisnis cloud kitchen di Indonesia memiliki potensi yang sangatlah menjanjikan. Mengingat kini kian banyaknya orang yang menggunakan layanan pesan antar makanan, entah karena memang tengah masa pandemi, memiliki kesibukan lain, terhalang cuaca panas atau tengah hujan, malas mengantri atau bisa jadi malas untuk pergi keluar.

Bahkan, banyak restoran konvensional yang mengalami penurunan pendapatan karena kalah saing dengan restoran penerima pesanan delivery. Tentunya hal ini menunjukkan bahwa konsumen lebih memilih untuk menggunakan waktu mereka dengan mengerjakan hal lain dibanding harus pergi ke restoran dan menunggu makanan tiba.

Perkembangan bisnis online delivery juga telah diproyeksikan akan tumbuh hingga 3.8x pada tahun 2025. Apabila Anda tertarik untuk terjun ke dunia bisnis kuliner cloud kitchen, bergabung bersama Everplate bisa menjadi pilihan paling tepat karena Anda akan dapat menjangkau pelanggan lebih banyak, serta lebih hemat dan juga lebih cepat.

Bersama Everplate, Anda dapat memulai bisnis lebih cepat karena memiliki dapur siap pakai. Sehingga kurang dari dua minggu, bisnis Anda sudah dapat beroperasi. Biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit karena minim modal. Tidak hanya itu, Everplate memiliki lokasi strategis yang memudahkan Anda untuk mencari konsumen.

Keuntungan Bisnis Kuliner Cloud Kitchen

1. Modal Lebih Kecil

Pada umumnya, dalam memulai bisnis banyak orang terkendala modal yang besar. Hal ini tentunya tidak mengherankan karena untuk memiliki restoran konvensional membutuhkan tempat berjualan serta berbagai peralatan dan perlengkapan untuk melayani pelanggan. Namun dengan adanya cloud kitchen, Anda tidak perlu untuk membangun restoran.

2. Memiliki Kelengkapan Dapur

Dengan bergabung dapur bersama Everplate, Anda akan memiliki fasilitas dapur yang komplit. Tentunya segala fasilitas dapur ini akan disesuaikan dengan kebutuhan jenis bisnis  kuliner yang Anda jalankan. Sehingga tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan berbagai perlengkapan dapur. Sangat menghemat waktu juga bukan?

3. Resiko Lebih Kecil

Bagi pemula yang sebelumnya telah bergelut di bidang bisnis makanan dan minuman, konsep cloud kitchen ini dapat menjadi pilihan paling tepat untuk ditekuni. Hal ini dikarenakan, modal yang dikeluarkan tidak akan lebih banyak jika dibandingkan dengan membuka bisnis restoran konvensional pada umumnya. Sehingga resiko mengalami kerugian yang sangat besar, cukup kecil.

4. Dapat Fokus pada Kualitas dan Kebersihan Makanan

Mengingat bisnis cloud kitchen ini tidak melayani dine-in, sehingga Anda dapat fokus untuk menjaga kualitas serta kebersihan produk. Anda lebih dapat memperhatikan kualitas bahan baku, pengolahan, penyajian, serta pengepakan yang rapi, menarik, bersih, dan aman untuk sampai ke tangan pelanggan. Everplate mempertemukan pelaku bisnis kuliner dengan pelanggan dalam sebuah sistem teknologi digital tanpa bertemu secara langsung. Dalam arti, konsep bisnis ini terfokus pada layanan pesan antar dan tidak melayani dive-in.

About arigetas 313 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*