Resep Ayam Goreng Anak Kos Pemalas Anti Ribet

cara bikin ayam goreng anak kos itu mudah cepat dan hemat

Tinggal di perantauan, sering membuat anak kos (mahasiswa atau pun karyawan) menjadi lebih piawai dalam bertahan hidup murah. Salah satu skill yang (terpaksa) dikuasai adalah memasak makanannya sendiri. Kali ini akan saya bagikan resep ayam goreng anak kos yang diperoleh hanya dari coba-coba saja. Mau tahu?

Menu Ayam Goreng Anak Kos Andalan

Awalnya, seringkali aku membeli ayam goreng (dada dan hati ampela goreng) seharga 30 baht (13 ribu rupiah). Adapun nasi, biasanya memasak sendiri. Tentu saja alasannya adalah: biar kenyang plus-plus. Hingga akhirnya, saya mendapat teman sekamar yang mempunyai kompor listrik. Inilah titik balik keputusan untuk memasak hampir tiap hari.

Sebelum hobi bikin ayam goreng, sebenarnya saya lumayan banyak uji coba buat masakan ala ala nekat. Misalnya saat men-tweak spaghetti instant dengan roti ini. Akan tetapi, makin ke sini saya menyadari bahwa hasrat makan ayam goreng itu makin menggebu.

Mirip dengan Upin dan Ipin, kami anak kos juga penikmat ayam goreng apalagi kalau KFC. Tetapi, kalau kami sering beli ayam goreng, maka uang harian akan segera menguap. Hasilnya, saya dan Faisal (teman sekamar), memutuskan untuk tanding (halah) resep ayam goreng sederhana ini.

Awalnya, kami mencoba memasak ayam goreng menggunakan bahan yang termasuk rada mewah, seperti susu, soda hingga telur. Eh, telur juga masuk hitungan mewah? Padahal telur itu kan nanti dikocok, buat balurin ayam goreng sebelum dikasih tepung dan digoreng kan?

Bagi anak kos, penambahan bahan seperti telur pun masuk ke hitungan “pemborosan”. Kalau bisa tanpa telur, kenapa tidak?

Jadi akhirnya, beginilah resep ayam goreng ala-ala anak kos irit ini. Perhatian, jangan berharap resep seperti ibu-ibu, yak.

Resep Ayam Goreng Sederhana

  • 1/2 kg dada ayam fillet, potong kotak ukuran paling panjang 3 cm.
  • Cabai bubuk 1 sendok makan
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Bawang putih 1-2 siung dihaluskan
  • Garam 1 Β½ sendok teh
  • MSG macam Masako/Royco 1 sendok teh. Kalau Miwon gitu cukup Β½ sendok teh
  • Tepung terigu/tepung crispy non MSG (plain alias tawar)
Proses pembumbuan yang sangat sederhana. Biarkan 10-15 menit agar bumbu meresap.

Baca juga:
Makanan Thailand yang Paling Enak Menurut arigetas.com

Tahapan Memasak Ayam Goreng Anak Kos

  1. Dada ayam ditaruh di dalam mangkok ukuran agak besar.
  2. Balurkan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi ke setiap sisi potongan daging secara merata,
  3. Taburkan garam secara merata, aduk dan agak diremas lembut lalu diamkan 5 menit.
  4. Taburkan merica dan cabai bubuk secara merata.
  5. Taburkan MSG merata dan diremas lembut. Pastikan semua sisi daging ayam mendapat baluran bumbu-bumbu.
  6. Diamkan 10-15 menit agar semua bumbu meresap ke daging.

    Catatan: Kadang, daging ayam yang sudah dibumbui ini bisa dimasukkan ke kulkas semalaman, untuk digoreng esok harinya.
  7. Setelah 10-15 menit, taburi tepung non MSG secara merata, kemudian goreng di minyak panas hingga kecoklatan.
  8. Ayam goreng ala anak kos, sudah siap disajikan. Mudah bukan membuatnya? πŸ˜€

Perbandingan Biaya Ayam Goreng Beli dan Memasak Sendiri

Makan ayam goreng dengan membeli 30 Baht, maka mendapatkan 1 potong dada goreng dan 1 hati ampela di warung yang paling murah. Sedangkan kalau beli sendiri, 1 kg daging ayam fillet di supermarket itu hanya 65 baht.

Adapun 1 kg daging ayam fillet, bagi aku sudah bisa buat makan 4x dan sepuasnya nyemilin. Sedangkan harga bahan-bahan lain bisa dibilang sangat murah.

Demikian resep ayam goreng modal nekat yang dituliskan oleh seorang kaum laki-laki yang jarang masuk dapur. Tentu beda dengan kaum hawa, misalnya mbak Grandys saat memasak kwitiau goreng ala rumahan.

Ada saran kah? Silakan ditulis di kolom komentar ya. Saya akan mencoba mengikutinya πŸ™‚

About arigetas 220 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

49 Comments

  1. Wah, sederhana sekali cara membuatnya. Bisa dibuat dengan sangat cepat jika sudah punya ayam yang sudah dimarinasi.

    Saya bikinnya pakai terigu dan dengan teknik tertentu dibuat keriting. Tapi asli ribet. Kalau nggak rikues anak, saya enggan membuatnya. Hihihi

  2. 13 bhat 13.000 berarti tergolong murah juga ya di Thailand. Hampir sama dengan Indonesia. Satu potong dada ayam krispi antara 5000/6000 rupiah. Cocok buat anak kos.

  3. Hmmmm harus gitu ya dikasih “pemalas” 😁

    Padahal lihat tipsnya lebih cocok buat anak kos yang ngirit hihi
    Kalo males ya ngapain bikin sendiri, ya udah beli aja. Kayak saya #eh

  4. aku selagi masih ingin masak sendiri biasanya aku improvisasi ayam gorengnya hehe suka yg aneh” dan agak beda gitu tapi resep ini pasti sangat mudah untuk anak kost seluruh Indonesia

  5. Karena saya tidak pernah kos makanya tidak tahu masak.
    Halaaa…dasar emang malas saja ya… hihihi..
    Betewe resepnya lumayan praktis, mirip resep ayam emak pemalas kayak saya wkwkwk

  6. Sip…kreatifitas mendadak muncul ketika keadaan memaksa… dengan 1 kg ayam seharga 65 Baht bisa beberapa kaki makan ketimbang beli 30 baht yg hanya 1 kali makan…itupun ga kenyang ya mas πŸ‘πŸΎπŸ‘πŸΎ

  7. Caranya sederhana banget ya mas Ari.. sangat cocok buat lauk anak kos.Cocok karena lebih hemat pengeluaran, dan porsinya juga lebih banyak jika kita masak sendiri.
    Apalagi kalau rasanya cocok dilidah, pasti ada kepuasan tersendiri.

  8. Saya perhatikan resepnya, ternyata ada MSG. Dulu saya pernah masak tumis sayuran, trus disodorin ke istri. “Kok bisa enak?” tanyanya. Ya iya lah, saya pakai penyedap. Kalau ngeracik penyedap sendiri dengan bumbu-bumbu dapur gak bisa, belum naik level soalnya πŸ˜…

    Memang MSG ini penyelamat banget ya.

  9. buat apa masak kalau bisa beli
    buat apa masak kalau punya pacar yang bisa masakin eaaaa

    paling suka masakan pacar (sekarang istri) itu ayam balado merah, kalau main ke kosnya suka makan itu.

  10. Nah ini, sebagai anak kos dengan uang pas-pasan sejauh ini, penting banget info kayak gini. Aku orangnya suka masak tapi terkendala dengan dompet yang tidak mendkung, ini bisa jadi salah satu solusi nih buatku

  11. Kalo dimarinasi pake bumbu2 pasti enak mas. Nggak usah pake tepung pun enak, paling cuma kurang krispi aja. Anak kos memang mesti “cerdas” mengelola pengeluaran, wkwk.

  12. Jadi inget, aku lagi memarinade ayam nih di kulkas. Pakai bawang putih parut dan peresan jeruk nipis. Bisa juga nih dimodif, tambahin bumbunya kak Arie. Nanti untuk makmal goreng…Sippp…Makasiiii

  13. Wah, juah beda ya budgetnya bisa lebih hemat hehe. Sy jg suka oprak oprek di dapur. Seruuu..
    Bisa nih tar di coba resep ala alanya hehe

  14. Wowowowow bumbu marinasi yang belum terpikir sebelumnya sama emak kayak aku..

    Ini bumbu marinasi hemat ya mas Ari.
    Kalo gak mau pake MSG, palingan aku bakal ganti Masako atau Royco pake kaldu jamur. Enak juga.

    Oh ya, pas goreng gak harus celup ke air es kah?
    Biar tepungnya makin crispy

  15. wah bisa dicoba nih, saya salah satu yang ogah masak ribet hahha, maunya cepet tapi enak. suka masak sih tapi kalo ribet2 gitu jadi mager, wkwkwk. alesan aja. makasih sih mas infonyaa.

  16. Ada ya masakan ala-ala anak kos di kaum adam. Biasa kan masakan ala anak kos tapi kaum hawa.

    Btw, masalah rasa gimana? Penampakan sih nggak penting-penting amatlah. Rasa yang penting. Hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*