Spaghetti Instant ala Anak Kos: Murah dan Nikmat

Anak kos, memang punya banyak ide dalam bertahan hidup. Ketika bosen dengan mie instan, kadang kita punya sedikit tabungan uang dan membeli spaghetti instant. Tetapi, biasanya porsinya kurang. Kalau masak 2 porsi, maka boros. Hahahaha.

Terus solusinya bagaimana dong?

Spaghetti instant: enak tapi porsi kecil

Cara paling mudah menambah bahan untuk lebih mengenyangkan adalah dengan membeli spaghetti atau pasta kemudian ditambahkan saat merebusnya. Eh tetapi kan menambah biaya yang lumayan. Ada cara yang lebih murah dan tentu saja mengenyangkan, yaitu:

Tambahkan suwiran 2-3 lembar roti tawar. Whole bread lebih bagus karena lebih padat.

Arigetas, 2019.

Dan hasilnya adalah.. voila

Spaghetti instant yang ditambahi suwiran roti tawar efektif bikin kenyang

Setelah roti tawar disuwir-suwir, silakan diaduk dikit agar bumbunya menempel dan selamat makan.

Baca juga: Tips untuk memulai bisnis kuliner bagi pemula

Solusi kalau ingin lebih hemat lagi? ADA!

Nah, bagi kalian yang ingin lebih hemat.. sewaktu menuangkan bumbu ke spaghetti, sebaiknya hanya 3/4 saja. Sisa 1/4 bumbu dikemanakan? Dipakai oles di roti tawar lah. Yakin enak dan rasanya mirip pizza kw yang enak!

Selain itu, kita bisa membeli pasta kiloan yang memang murah. Tentu untuk menambah porsi karbohidrat, cara tersebut simple dan brilian. Meski sejatinya, tidak melulu pasta atau roti. Di lemari makanan ada mie instan seperti Indomie? Nah itu juga bisa digunakan. Hanya saja, waktu untuk memasak pasta itu sekitar 4-5 menit. Sedangkan indomie hanya perlu 3 menit. Perlu pintar-pintar ngatur waktunya ya.

Makanan hemat selain spaghetti instant

Selain itu, ada solusi lain bagi mahasiswa kere hore untuk bisa makan enak. Ada roti tawar kan? Olesi saja dengan mentega dan kasih saos tomat. Udah, itu akan membuat rasa roti kamu berasa makan sandwich. Selain saos tomat, kamu punya mayonnaise sachetan? Nah kasih aja ke roti tawar plus mentega dan saos tomat tadi.

Hanya saja, saat kamu membuka saus mayonnaise sachetan kamu punya PR. Tak lain harus menyimpan sisa saus di kulkas. Kalau tidak, maka siap-siap saja basi esok hari. Hahahaha.

Solusi ini dipersembahkan oleh anak kos kere, arigetas.

Kalau kamu, punya ide ala anak kos apa nih? Share di kolom komentar ya!

About arigetas 148 Articles
Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari dua orang anak laki-laki pintar, lucu dan usil.

40 Comments

  1. spaghetti dicampur dengan roti tawar? Inovasi baru tuh. Roti tawar ini juga bisa sebagai makanan hemat anak kos yang biasaya dicampur dengan air gula. Udah serasa kayak Kolak Roti tuh.. heheh.,

    kalo misalnya spaghetti + roti tawar + air gula gimana ya rasanya ..? 😀

  2. Spageti instan itu lengkap dengan bumbunya juga ya Mas? Oh ya, biar kenyang, makan pakai nasi aja, seperti kebanyakan orang kita, haha

  3. Huehehe aku dulu pas ngekos sih milih mire instan dan roti tawar sebagai penyelamat. Tapi spaghetti ditambah roti boleh juga nih dipraktekkan saat nanti ngekos lagi. Ditambah baca komen-komen dia atas ada yang nyaranin rebusan umbi-umbian. Sungguh tak terpikirkan sebelumnya hehehe

  4. Zaman anak kos dulu ya Indomie. Kekeke. Kalo anak kos sekarang kayaknya masih banyak yg setia sama Indomie. Ide pastanya boljug mas. Saya suka juga itu simpan makaroni elbow di lemari dapur, mereknya pronas. Itu enak rasanya.

  5. Dulu jmn jadi anak kost masak nasi sendiri di rice cooker untuk 3 makan ..sarapan pagi ceplok telor + nasi atau abon + nasi, mkn siang krna nasinya udh ada jadi beli lauk aja diwarung + sayur , makan malam bikin sendiri goreng nasi atau bikin bubur dari nasi yg td pagi…begitu terus diulangi yg penting jng jajan ..biar hemat hehe …

  6. Zaman aku kos, kebetulan kosnya dikasih makan. Ya seadanya ibu kos masak apa, kami ikut makan. Sarapannya roti, isi selai kacang dan taburan meses.
    Spagetti instan aku pernah bikin, tapi buatku rasa saosnya agak terlalu asin. Enakan bikin sendiri saosnya…hehe…

    • Wah kalo buat cowok, sarapan roti+selai itu snack doang mba. Hahaha.
      Nah krn saus spaghetti ini terlalu kaya rasa, makanya mendingan ditambahin karbo lain spy bumbunya pas dan kenyang.

  7. Jaman saya kost dulu belum kenal spageti. Biasanya mie instance di masak setengah, dimakan sama nasi untuk makan siang. Yang setengah lagi di masak sama sayuran (sawi, wortel) yang banyak, buat makan malam

  8. Anak kost euyyy…Jadi ingat tahun 90-an pas ngekost sedia mie instant plus susu. Jadi bisa kenyang, haha…

    Jaman itu aku belum kenal spagetti, hihi..Tapi thx deh infonya keren bisa dieksekusi …😊😊😊

  9. Aku pernah jadi anak kosan selama 10 tahun jadi cukup kenyang lah ya dengan segala polemik yg ad termasuk soal makanan. Emg paling gampil itu bebikinan spagetti gini, tp ak punya pengalaman bikin roti bakar pake setrikaan wkwk

  10. Nah,, bs dioper nih link nya sm adek sy yg sedang ngekos juga. Emg iyyaa ktnya jg spaghetti nya suka kurang tp kl masak dobel kebanyakan. Jln tengahnya ditambahin roti aja ya. Smart. Tfs Mas Ari…

  11. Aku pernah ngekost pas kerja.
    Solusi hemat anak kost adalah ikut temen ke rumahnya dalam rangka main sehabis kerja di saat jam makan mas. Hahaha
    tapi aku pernah nyetok bubur instant mas. Sampe aku eneg kalo liat bubur instan hingga 5 tahun ke depannya

  12. Wk wk . . ada-ada saja idenya, tapi boleh juga dicoba tuh.
    BTW kalau saya dulu kos beli singkong atau ubi. Tinggal direbus, tambahin gula dikit, enak dan kenyang. 😀

    • wekekeke. ya iyalah di sana beras lebih mahal. Oia br sadar…, kebiasaan jelekku adalah… kalau makan spaghetti, sering kurang jumlah kunyahan. Kunyah sebentar terus telan. Ini nggak bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*