Sistem Bardi Smart Home Untuk Hidup Lebih Aman dan Santuy

Rangkaian Sistem Bardi Smart Home yang membuat rumah menjadi pintar dan aman

Perkembangan dunia internet dan gawai membuat jarak, ruang, dan waktu menjadi semakin dekat. Teknologi yang serba dari genggaman, mengajak kita bisa bertemu dengan kolega dan keluarga secara virtual, ketika kita bisa tersambung dengan internet. Sistem Bardi Smart Home pun hadir dan memungkinkan anda memantau dan mengontrol rumah anda dari jauh.

Membangun Sistem Bardi Smart Home

Saya masih ingat ketika di masa kecil menonton film detektif anak-anak “Mission Top Secret”, dimana waktu itu mereka bisa memasang CCTV dan memantau semua pergerakan berikut mendengarkan target di suatu rumah. Tentu saja, mereka melakukannya dari jarak jauh.

Sekian belas tahun kemudian, saat ini, rumah saya sudah mulai menerapkan hal yang senada yaitu smart home alias rumah pintar. Saya mulai membangun sistem Bardi Smart Home dengan 3 produk dasar yaitu: Bardi Smart Light Bulb, Bardi Smart Indoor Static IP Camera, dan Bardi Smart IR Remote.

Ketiga produk Bardi tersebut, bisa saya pasang dan setting hanya dari smartphone android dengan mudah, hanya dari 1 aplikasi saja.

Cara Setting Sistem Bardi Smart Home via Smartphone

Untuk bisa memasang dan menggunakan sistem Bardi smart home secara optimal, anda memerlukan smartphone dan modem wifi internet di rumah.

1. Koneksikan Smartphone ke Wifi Rumah

Saya menggunakan smartphone dengan sistem operasi (OS) Android, yang saya sambungkan ke modem wifi unlimited di rumah. Dalam pemasangan sistem Bardi smart home ini, saya tetap memasang password wifi seperti biasanya.

2. Download dan Install App Bardi Smart Home

Untuk bisa mengatur semua perangkat pintar Bardi, kita memerlukan aplikasi Bardi smart home, yang tersedia di Apple App Store dan juga Google Play Store.

Bagi pengguna Android, caranya mudah: buka Google Play Store dan cari pakai kata kunci “bardi app” maka akan ketemu app yang dimaksud. Proses download dan install yang saya lakukan dapat selesai dengan mulus tanpa gangguan.

3. Registrasi di Bardi App

Setelah terinstall, kita harus melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan app Bardi Smart Home. Proses registrasi mudah, cukup memilih negara dan mengisi email dan pilih “get verification code”.

Cek inbox email untuk mendapatkan kodenya, kemudian isikan kembali ke aplikasi Bardi. Setelahnya, maka anda akan diminta untuk mengisi password yang akan digunakan untuk login ke App Bardi apabila diperlukan.

cara registrasi sistem bardi smart home di smartphone android

4. Masukkan Alat Pintar Bardi Anda

Setelah app terinstall, saatnya kita memasang alat pintar Bardi kita satu demi satu. Caranya mudah, anda bisa memilih alat pintar Bardi anda dari ikon peralatan yang ada, atau bisa juga dengan memilih “add manually’.

Nikmati Hidup Nyaman Pakai Bardi Smart Home

Berdasarkan cara konektivitas yang sudah saya jelaskan di atas, saya berhasil menghubungkan 3 perangkat pintar Bardi di smartphone Android. Berikut fungsi dan manfaat dari masing-masing alat perangkat:

1. Bardi Smart Light Bulb

Perangkat pintar Bardi pertama yang saya coba pasang dan eksplor, adalah Bardi Smart Light Bulb. Perangkat yang diimpor oleh PT Bardi Solusi Otomasi ini paling menarik perhatian saya dan Aria (anak saya usia 9 tahun).

Aria tertarik ikutan mencoba lampu pintar Bardi ini, karena penasaran tentang bagaimana sebuah lampu bisa berganti-ganti warna via smartphone Android.

pilihan mode warna lampu pintar Bardi
3 Pilihan Warna Favorit di App Bardi

Pilihan di dalam menu lampu pintar Bardi ada 4, yaitu:

  • White
    Pada sub menu ini, selain kita bisa mengatur suhu warna mulai kuning hangat (warm) hingga putih (cool), juga bisa mengatur persentase tingkat terangnya lampu.
  • Colour
    Tab ini adalah favorit anak saya. Di sini, kita bisa memilih berjuta pilihan warna, hanya dengan memutar knop pilihan warna. Di bawahnya, terdapat dua slider yang bisa kita gunakan untuk mengatur tingkat terangnya lampu serta untuk mengatur saturasi warna.

Apabila slider saturasi warna kita set 0%, maka apapun pilihan warna yang anda set, maka lampu akan menjadi warna putih agak kebiruan.

  • Scene
    Bisa dibilang, mode ini adalah mode paketan warna yang sudah dipilihkan oleh Bardi. Ada pilihan: Night, Read, Working, Leisure, Soft, Colorful, Dazzling, dan Gorgeous. Saya sendiri tidak terlalu memprioritaskan setiingan ini, karena lebih suka setting warna dan kecerahan sendiri.
  • Music
    Pilihan ini dihadirkan untuk anda yang ingin menghadirkan nuansa panggung musik di ruangan. Aplikasi Bardi akan mendengarkan suara yang masuk via mikrofon smartphone, dan kemudian memvisualisasikan irama musik lewat warna dan intensitas kecerahan yang berganti-ganti.

Enaknya Bardi App adalah kita bisa memberi nama setiap perangkat yang kita koneksikan.

~ arigetas.com, 2020

2. Bardi Smart IR Remote 10M – BLK

Perangkat kedua yang kami koneksikan adalah smart IR remote 10M – BLK. Awalnya, saya bingung perihal kegunaan alat ini. Setelah konek dengan app Bardi di smartphone, ternyata perangkat remote pintar Bardi ini sangat berguna!

Sistem Bardi Smart Home menyediakan perangkat remote pintar yang dapat digunakan mengontrol TV dan TV kabel dari manapun asal masih terkoneksi internet

Saya meletakkan perangkat remote pintar Bardi di ruang keluarga, tepatnya di meja TV. Setelah itu, saya menghubungkan STB TV kabel dan TV dengan sistem remote pintar Bardi.

Tidak perlu waktu lama. setelah remote terkoneksi, saya bisa mengontrol TV dan STB TV kabel dari smartphone android saya, selama keduanya terkoneksi internet.

3. Bardi Smart Indoor Static IP Camera

Perangkat ketiga yang saya uji adalah CCTV pintar yaitu Bardi Smart Indoor Static IP Camera. Dalam proses otorisasi saat mengkoneksikan CCTV pintar Bardi ke smartphone, kita akan diminta untuk memindai (scan) kode unik yang dimiliki si CCTV tersebut.

kualitas gambar cctv pintar bardi dalam kondisi ruangan terang dan gelap
Enaknya CCTV Pintar Bardi ada indikator kekuatan sinyal wifi..!

Setelah konek, maka kita bisa mulai memantau hasil tangkapan kamera CCTV tersebut. CCTV yang diperuntukkan dipasang di dalam ruangan ini saya coba pasang di dalam gudang belakang, yang tentu saja masih dalam jangkauan sinyal wifi.

Pada saat ada cahaya meski tidak terlalu terang, CCTV pintar Bardi menggunakan mode warna, dengan hasil video yang jernih. Saat dicoba dengan menutup gudang sehingga gelap gulita, CCTV pintar Bardi mengubah mode ke kamera infra merah, juga dengan hasil video yang jernih.

Kualitas hasil tangkapan video dapat kita pilih antara standart definition (SD) dan high definition (HD). Dari yang saya perhatikan, kualitas video SD sudah enak untuk dilihat. Bisa jadi karena saya hanya melihat videonya dari layar smartphone. Ketika nanti untuk dilihat di layar laptop yang full HD, tentu hasil rekaman CCTV pintar Bardi kualitas HD akan lebih jelas.

Oh iya, CCTV ini juga menyediakan fitur untuk berkomunikasi dua arah saat dipantau dari smartphone. Keunggulan lain, CCTV pintar Bardi mempunyai fitur deteksi gerakan dan deteksi suara yang bisa diaktifkan atau dinonaktifkan.

Ketika kamera mendeteksi ada suara atau gerakan, maka akan muncul notifikasi di layar smartphone anda. Juga, akan ada tangkapan layar (screenshot) saat ada gerakan yang terdeteksi, yang langsung dikirimkan ke smartphone anda.

Ketiga perangkat pintar Bardi yang saya uji selama 5 hari berturut, berjalan mulus dan tanpa ada error sama sekali. Wah, jadi ingin menabung untuk membeli produk perangkat pintar Bardi yang lain nih. Terima kasih kepada Beaute Femme Community yang telah memberikan kesempatan kepada saya arigetas.com untuk menguji dan mengulas perangkat pintar yang bikin hidup lebih aman, tenang dan santuy ini.

Akhir kata, saya PUAS!

About arigetas 286 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

65 Comments

  1. Saya ngiler IP cameranya mbak yg punya anak kecil dan harus ngantor pasti kepakai banget ini. Oh ya ternyata bardi juga punya smart difuser dan fish feeder to. Jadi makin pingin punya teknologi pintar dari bardi

  2. Wah. Lihat katalognya ternyata banyak juga ya varian Bardi Smart Home.
    Udah banyak denger dari yang lain, canggih juga nih ya. Fiturnya futuristik.
    Pingin lampunya. Biar Mamah ini ndak ngomel terus kalo si Papah atau si Kakak lupa enggak matikan lampu, hehe.

  3. Canggih banget ya lampu bisa disetting dari HP. Rumahku dulu di Tangerang sampai aku pasangin saklar yang ada dimmernya supaya bisa diredupkan sinarnya. Kalau pakai Bardi ini tinggal ganti lampunya saja

    • kalo wifi mati, yg CCTV selama masih ada microSD-nya, maka akan merekam ke memori. Nanti ketika wifi sudah pulih, maka kita dari jarak jauh bisa memutar rekamannya.

  4. Wah saya baru tahu ada alat canggih seperti ini. Ternyata bukan cuma hape atau jam yang smart, kita juga bisa mewujudkan smart home ya dengan menggunakan produk Bardi Smart Home ini. Keren deh

  5. Di aplikasinya, ada yg buat diffuser juga, kalau dimiliki semua ah cihuy, udah kaya film-film. Tp ini lampu Bardinya asyik banget sih, ga usah manual lagi beli lampu warna warni, tinggal diatur sesuka hati hanya dari satu perangkat saja šŸ˜€

  6. Dengan terhubung melalui smartphone kita, teknologi smart dari Bardi jadi memudahkannya, bisa memantau juga kalau ada apa-apa dengan cepat

  7. Sekarang teknologi semakin keren ya hunian juga sudah bisa mengadopsi smart home. Kebayang deh rumah mas Ari punya fasilitas itu semua serba canggih semua. Dalam waktu dekat aku kepikiran membeli CCTV, tapi nabung dulu sih šŸ¤­

  8. Yuni rasanya juga ingin memiliki CCTV juga. Sekalian buat jaga-jaga kan. Biar ngerasa save gitu. Apalagi bardi smart phone ni CCTV nya juga bisa diintegrasikan ke gadget juga sih. Jadi kita bisa melihat situasi di luar rumah dari hengpon doang. Keren kan jadinya. Hehehehe

  9. Pas membaca, kalau Mas Ari menonton cerita anak, lalu membayangkan sesuatu, dan akhirnya sekarang menjadi kenyataan, saya langsung ingat sesuatu juga. Pas dulu baca cerita anak, dulu ada tokohnya telepon lalu bisa saling lihat wajah. Eh, sekarang sudah bisa video call. Dan seperti itu memang suatu perkembangan ya, Mas hehehe.
    Dan Bardi smart home ini keren sekali. Bisa membuat hidup kita lebih mudah dan ceria. Mudah juga pengoperasiannya.

  10. Wah, lihat2 produk Bardi membuat saya pengen punya perlengkapan smart home. Saya suka yg smart bulb, warna lampu bisa diatur dari handphone ya. Menarik sekali

  11. Saya juga puas nih pakai Bardi. Sekali nyoba lampunya jadi pengin pasang di tempat lain. Trus cctv indoornya juga. Berasa pengin beli lagi untuk dipasang di tempat lain haha. Keren banget emang bardi ini

  12. Bardi Smart Light Bulb juga bisa memvisualisasikan irama musik lewat warna dan intensitas kecerahan yang berganti-ganti. Benar-benar perangkat pintar ya.

    Produk-produk Bardi ini membuat keinginan punya rumah pintar bukan lagi impian.

  13. Wow aku mau dong yg smart diffusernya. Duh sekarang teknologi emang bikin kita geleng2 kepala yak. Ada ajaaaaa yg baru. Jadi bayangin kira2 ntar kita ngapain aja ya klo semua udah otomatis. Tinggal leyeh2 ama jalan2 doang nih haha

  14. Sahabatku ada yang pake Bardi IP Camera sampe bisa mendeteksi tikus lhoh. Sebagus itu emang bang Ari! Hahaha, teknologi bikin semua hal makin mudah ya. Aku juga lagi mau pasang yg IP Camera ini biar gak bingung kalau ninggalin kucing di rumah

  15. Jadi pengen punya perlengkapan dari Bardi juga, biar bisa bikin smart home. Meski masih tinggal di rumah kontrakan, hehe

  16. keren! memang kecanggihan teknologi di masa kini bisa dinikmati semua golongan ya. dulu saya ngerasa cctv hanya untuk kalangan menengah ke atas, karena harganya yg jutaan. ternyata bardi udah kasih sistem yg kece badai…suka deh

  17. Udah aku setting juga nih Bardi di rumah. Enak banget lampu nyala-mati sendiri sesuai jadwal. CCTV nya juga kweren dan cantik banget, keslimur di antara pajangan. Tinggal tunggu nih temuan-temuan apalagi di masa yad.

  18. Hari gini memang trendnya smart living, banyak properti menawarkan konsep smart home. Pas banget dilengkapi sama produk Bardi smart home

  19. Cerita di film Mission Top Secret itu ternyata menjadi sebuah kenyataan ya? Atau memang sebenarnya dari dulu konsepnya sudah ada, tapi realisasinya baru saat ini.

    Wah kalo smart home gini, bisa bikin auto mager, semuanya serba remote. Dan yang enaknya lagi, hati bisa tenang saat liburan, karena kita bisa ngawasin rumah dari jarak jauh. Keren nih produk Bardi.

    Lempar sini dong produknya

    • Sepertinya, imajinasi orang-orang di masa lalu yang kemudian berhasil direalisasikan di masa kini ya Mas. Entah nanti 10 tahun kedepan, ada kemajuan apalagi ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*