Program Vaksinasi COVID-19 Gratis 2021 Untuk Siapa Saja?

cek data NIK anda sebagai penerima vaksin corona gratis tahun 2021 program pemerintah indonesia

Menjalani sekitar 10 bulan pada tahun 2020 dengan segala sesuatu dilakukan dari rumah akibat pandemi corona, pada bulan Januari 2021 ini ada kabar yang bisa melegakan. Pemerintah sudah mencanangkan program vaksinasi COVID-19 gratis bagi masyarakat. Apakah anda juga termasuk penerimanya? Berikut cara mengeceknya.

Cara Cek Penerima Program Vaksinasi COVID-19 gratis 2021

Pemerintah Indonesia pada akhir 2020, sempat beberapa kali menyampaikan mekanisme pemberian vaksin kepada masyarakat. Pertama 50% adalah gratis, kemudian naik persentasenya menjadi 75% gratis.

Syukur alhamdulillah, akhirnya pemerintah Indonesia pada tanggal 16 Desember 2020 mengumumkan bahwa setelah menimbang keuangan negara, seluruh masyarakat Indonesia akan mendapat vaksinasi COVID-19 gratis.

Untuk bisa mengetahui seseorang merupakan penerima vaksin Corona gratis atau tidak, caranya cukup mudah. Anda silakan cek status data anda di sini dengan mengisikan NIK alias Nomor Induk Kependudukan dan ketik ulang kode verifikasinya.

isi nomor induk kependudukan untuk cek data penerima Program Vaksinasi COVID-19 gratis 2021

Dalam mengisi kode verifikasi, mohon berhati-hati karena bisa jadi akan rancu apakah I adalah huruf i kapital atau huruf L non kapital. Setelah lengkap, tinggal klik “selanjutnya”.

Untuk Siapakah Vaksinasi Corona Gratis itu?

Berdasarkan pengecekan informasi per 1 Januari 2021, sementara ini penerima vaksin corona gratis dari pemerintah Indonesia adalah untuk para tenaga kesehatan. Mereka adalah pejuang garis terdepan yang memang paling rentan terpapar virus corona.

Kedepannya, program vaksinasi corona gratis ini akan menjangkau ke semua masyarakat Indonesia. Harap bersabar, ya!

Merujuk pada peraturan menteri kesehatan alias Permenkes nomor 84 tahun 2020, urutan penerima vaksin COVID-19 alias corona adalah:

  1. Tenaga kesehatan, termasuk hingga ke asisten dan tenaga penunjangnya, yang bekerja pada seluruh fasilitas pelayanan kesehatan. Para aparat hukum, TNI/Polri dan petugas pelayanan publik lain juga merupak prioritas pertama peneria vaksin.
  2. Tokoh masyarakat dan keagamaan, pelaku perekonomian (pedagang pasar, pengusaha mikro, kecil dan menengah) yang ikut berperan dalam pemulihan sektor perekonomian.
  3. Tenaga pendidik mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi.
  4. Aparatur kementerian dan lembaga, PEMDA, dan anggota legislatif.
  5. Masyarakat rentan terpapar virus Corona.
  6. Masyarakat sipil dan pelaku perekonomian umum lainnya.

Sementara itu, kita sudah mampu bertahan dari terpaan COVD-19 hingga hari ini. Teruslah berjuang dan menjaga diri untuk bisa tetap sehat, agar bisa terus menjalani tantangan hidup saat pandemi dengan lebih baik bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Tetap patuhi protokol kesehatan yaitu 3M (Menjaga jarak; Memakai masker; Mencuci tangan pakai sabun).

About arigetas 283 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

25 Comments

  1. Alhamdulillah ya akhirnya dapat vaksin gratis. semoga setelah ini kita benar benar terbebas dari corona dan bisa beraktivitas seperti biasa. Aaamiin

  2. Sudah akan disebar ya ini vaksin gratisnya berarti ya Mas. Saya pribadi sepertinya belum termasuk urutan penerima vaksin gratis di atas

  3. Udah mulai disebar ya ini mas? klo ga salah uji cobanya baru sampe taham 3 kan ya kemaren..btw aku salfok dengan deskripsi nya mas Ari yang suka main badminton… selama ini masi maen ga mas? jadi pengen diajak maen hahaha #terOOTamatSangat

  4. Wahh baru tau bisa cek penerima vaksin gratis dengan mengisi NIK. Ntar coba saya infokan ke saudara yang nakes deh (eh apa uda tau duluan ya 😄). Tapi masih pro kontra juga yang mau menggunakan vaksin. Nice info lah bang 😄

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*