Bagaimana Cara Mengajukan QRIS BCA?

cara mengajukan QRIS BCA hingga verifikasi dan mendapat persetujuan

Transaksi pembayaran dengan memakai QRIS umum dilakukan oleh masyarakat zaman sekarang, karena transaksi ini dikenal paling mudah untuk kategori transaksi secara cashless, jika transaksi memakai mesin EDC masih memerlukan kartu debit atau kartu kredit. Maka tidak berlaku untuk transaksi dengan QRIS, mengingat disini Anda hanya perlu mengandalkan sebuah aplikasi mobile banking yang ada di smartphone, pastikan sebelumnya sudah terdaftar dalam layanan tersebut.

Hidup di zaman sekarang memang dipermudah, karena semua hal dapat dilakukan berbasis digital. Transaksi menggunakan QRIS ini sendiri pada dasarnya memang berbasis sebuah kode QR, dimana kode tersebut nantinya dapat discan lewat aplikasi Anda dan langsung terhubung untuk melakukan pembayaran secara mudah, sehingga tidak perlu keluar uang tunai, melainkan cukup dengan transfer lewat layanan mobile banking atau bahkan ewallet yang dimiliki.

Rata-rata perbankan di Indonesia sudah mengeluarkan layanan tersebut dan dapat Anda manfaatkan untuk bisnis, apalagi bagi yang sudah tergabung sebagai merchant dari bank BCA, maka bisa ikut serta untuk memanfaatkannya. Lalu bagaimanakah sebenarnya cara mengajukan QRIS BCA ini untuk menunjang kebutuhan transaksi keuangan Anda? Pada dasarnya dapat dilakukan dengan mudah, yaitu:

1. Siapkan dokumen yang diminta

Anda akan diwajibkan untuk mempersiapkan sejumlah dokumen pendukung, pastikan bahwa semuanya ada dan tidak ada yang kurang, karena akan berpengaruh terhadap apply tersebut nantinya. dokumen-dokumen ini diantaranya adalah KTP atau paspor dari pemilik usaha, NPWP, TDP maupun SIUP serta ada beberapa dokumen penunjang yang lainnya, tergantung dari jenis bisnis apa yang Anda geluti tersebut, persyaratan ini diatur ole bank BCA secara langsung, sehingga pastikan untuk membacanya terlebih dahulu dan melengkapinya.

2. Daftar sebagai merchant terlebih dahulu

Perlu diketahui bahwa untuk menikmati fasilitas atau transaksi pembayaran dengan menggunakan QRIS, maka sebelumnya pelaku bisnis ini harus sudah terdaftar sebagai merchant dari bank BCA, sehingga lewat sejumlah persyaratan dokumen yang sudah diberikan, maka harus daftar merchant terlebih dahulu. Sekarang ini untuk pengajuan merchant sendiri pada dasarnya dapat dilakukan secara mudah, yaitu bisa melalui aplikasi dari Merchant BCA, tersedia di Playstore maupun Appstore, pastikan sudah download terlebih dahulu baru nantinya dilakukan pengajuan online. Tunggu sampai pendaftaran diterima dan Anda tergabung sebagai merchant dari BCA.

3. Mengajukan permohona pembuatan QRIS

Setelah terdaftar sebagai merchant maka disini bisa mengajukan permintaan untuk membuat QRIS bisnis. Pengajuan ini dapat dilakukan mudah melalui merchant BCA, yaitu Anda akan diminta untuk mengisi formulir permintaan pengajuan secara online, kemudian juga ada sejumlah dokumen lain yang arus dilengkapi, sama halnya ketika Anda melakukan apply untuk mengajukan sewa mesin EDC untuk bisnis.

4. Verifikasi dan proses persetujuan

Nantinya pihak bank BCA akan melakukan verifikasi data yang sudah Anda masukkan sebelumnya, guna melihat apakah semua data yang disyaratkan sudah ada ataukah belum, begitu juga dengan pengambilan keputusan apakah nantinya permintaan pengajuan tersebut akan diterima atau justru ditolak.

5. Membuat kode QRIS

Jika sudah mendapatkan persetujuan dari bank BCA, maka Anda akan diminta untuk login ke akun Merchant BCA, selanjutnya tinggal mengikuti saja langkah-langkah yang diminta untuk membuat kode QRIS ini, hal tersebut dapat disesuaikan dengan preferensi dari bisnis yang Anda jalani. Bisa pakai kode permanen atau yang berganti=ganti setiap transaksinya.

6. Siap untuk menggunakan kode QRIS untuk bertransaksi

Ketika kode tersebut sudah dibuat dan jadi, maka pada saat itu sudah dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran secara cashless, hanya tinggal dipindai saja melalui aplikasi mobile banking yang Anda miliki atau dengan mengandalkan ewallet.

Mudah bukan membuat QRIS bank BCA ini, pertama yang paling penting memang sudah harus mendaftar dan tergabung sebagai merchant BCA. Nantinya akan ada banyak keuntungan yang dapat Anda rasakan jika sudah bergabung sebagai merchant, termasuk transaksi makin mudah, karena selain dapat dilakukan lewat scan kode QRIS, maka bisa juga dilakukan dengan mengandalkan mesin EDC, termasuk dengan menggunakan kartu debit maupun kredit, jangan lupa download aplikasinya di sini.

About arigetas 414 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*