Fitur Aplikasi Absensi Online Terbaik Itu Bisa Apa Saja?

fitur aplikasi absensi online Kerjoo yang aman dan tersedia untuk android dan iOS serta ringan aman plus personal

Selain banyak yang bekerja dari rumah alias work from home (WFH), apa sih yang berubah dari dunia kerja selama lebih dari 1 tahun pandemi ini? Salah satunya, pusingnya bagian SDM (HRD) dalam mengontrol jam kerja karyawan. Era serba WFH menuntut adanya sistem presensi yang modern yaitu absen via online. Apa saja fitur aplikasi absensi online yang harus ada, sehingga perusahaan bisa memilih app yang terbaik?

Kebutuhan Perusahaan Saat Karyawan WFH

Salah satu momok yang dirasakan manajemen perusahaan di masa pandemi ini, adalah tentang kehadiran para karyawan saat WFH. Pada masa awal WFH, perusahaan yang belum siap secara sistem maka melakukan cara semi manual untuk bisa mengecek para karyawan, misalnya via vidcall.

Masalah baru pun muncul, ketika jumlah karyawan ada ratusan sehingga HRD kesulitan dalam pengecekan.

Akibatnya, lubang untuk bisa “bolos” kerja di hari itu pun sangat besar. Karyawan nakal pada jam kerja bisa saja justru kembali rebahan, lanjut drakor-an misalnya. Karenanya, perusahaan memerlukan adanya aplikasi absensi online yang mumpuni fiturnya, ringan, dan efektif.

Aplikasi Absensi Online Kerjoo

Dalam menjawab kebutuhan perusahaan, Indonesia saat ini sudah memiliki aplikasi absensi online Kerjoo yang cocok digunakan di perusahaan Anda. Para pelaku bisnis kecil misal UMKM hingga perusahaan umum lainnya, dapat merapikan sistem administrasi karyawannya dengan menerapkan sistem absensi menggunakan Kerjoo ini.

Apa saja keunggulan dari aplikasi online Kerjoo yang bisa Anda andalkan?

1. Aplikasi Kerjoo yang Ringan

Pertama dan utama, aplikasi absensi online Kerjoo termasuk ringan, yaitu hanya 20MB ketika terinstall. Adapun kebutuhan minimal OS yang diperlukan dalam memasang Kerjoo adalah Android 4.1 Jelly Bean dan iOS versi 10.0, yang mana saat ini versi OS yang di smartphone karyawan umumnya sudah lebih tinggi.

Pastikan Anda mengunduh dan memasang aplikasi Kerjoo hanya dari Google Play atau AppStore, untuk alasan keamanan.

2. Kerjoo Aman, Handal, dan Mudah Digunakan

Sistem kerja aplikasi terkini sudah dimanfaatkan oleh Kerjoo. Kehandalan dan keamanan aplikasi absensi online Kerjoo merupakan hasil dari penggunaan server cloud dari AWS (Amazon Web Service). Selama pengguna mempunyai akses internet, maka aplikasi Kerjoo ini dapat digunakan dengan mulus.

Data absensi Kerjoo dijamin aman, karena selalu dicadangkan (back up) secara teratur di server yang berbeda. Dalam penggunaannya, Kerjoo termasuk yang mudah untuk dipahami, karena merupakan SaaS alias Software as a Service, sehingga juga tidak sulit untuk perawatannya.

Selain mudah bagi pengguna, bagi admin bagian HRD dapat mengunduh data Kerjoo melalui portal khusus dan aman. Admin dapat dengan mudah mengunduh data kehadiran harian karyawan, hingga ke rangkuman kehadiran.

Fitur Aplikasi Absensi Online Kerjoo

Penasaran ingin segera mengetahui fitur canggih dari aplikasi absensi online Kerjoo? Ini beberapa fitur andalannya:

1. Personal yang Aman dan Nyaman

Aplikasi Kerjoo ini dipasang di smartphone personal karyawan, sehingga jelas tidak akan ada bahaya yang berasal dari kerumunan, misalnya tempat absen di tempat kerja. Karyawan yang sedang WFH juga bisa dengan mudah mengisi kehadiran dengan nyaman dan aman.

2. Anti Kecurangan

Apakah Anda pernah membaca bahwa aplikasi absensi online bisa diakali dengan Fake GPS, sehingga seolah-olah karyawan absensi dari rumah padahal sedang di luar kota? Nah, pada aplikasi absensi online Kerjoo ini bentuk kecurangan tersebut tidak akan berhasil. Kenapa?

Kerjoo setiap saat akan memperkuat fitur keamanan dari aneka bentuk kecurangan yang mungkin dilakukan oleh para penggunanya. Selain itu, Kerjoo menggunakan identifikasi wajah (face recognition) yang memungkinkan para karyawan melakukan absen dengan cara selfie.

3. Jumlah Karyawan Pengguna Kerjoo Unlimited

Salah satu keunggulan fitur aplikasi Kerjoo, adalah bisa menampung absensi dari semua karyawan, dan bisa dibilang nyaris tidak terbatas. Kerjoo menggunakan perhitungan biaya per karyawan, sehingga perusahaan bebas menentukan berapapun jumlah karyawan yang akan menggunakan aplikasi Kerjoo.

4. Fitur Multiabsensi? Ada!

Bagi Anda pemilik perusahaan yang memiliki lebih dari 1 lokasi, atau yang mengharuskan karyawan Anda mobile dari satu cabang ke cabang lain, Kerjoo memiliki fleksibilitas untuk bisa absen beberapa kali dalam hari yang sama.

Sebagai contoh, pagi hari karyawan A harus mengunjungi cabang X, siang di cabang Y, dan sore di cabang Z misalnya. Maka dengan aplikasi Kerjoo ini si karyawan A tadi bisa melakukan 3 kali absensi di 3 lokasi berbeda tersebut.

5. Karyawan Perlu Lembur? Bisa diatur dengan Mudah.

Setiap pengajuan lembur, karyawan bisa langsung mengajukan dengan tetap bisa dikontrol oleh bagian SDM (HRD) dengan mudah. Pencatatan hingga penghitungan lemburnya pun bisa terdokumentasi dengan baik oleh HRD.

6. Laporan Harian Karyawan

Salah satu bentuk monitoring pekerjaan karyawan oleh atasan, adalah adanya laporan harian. Pemantauan laporan harian melalui platform Kerjoo, dilakukan melalui email yang dikirimkan langsung dari aplikasi absensi. Adapun waktu pengiriman termasuk fleksibel, bisa sebelum ataupun setelah jam kerja selesai.

About arigetas 321 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*