Kapan Pakai Cloud Hosting Untuk Bisnis Online Anda?

kapan pindah cloud hosting ketika bisnis online sudah berkembang

Pada era industri 4.0 saat ini, semua alat sudah bekerja otomatis yang terhubung dengan jaringan internet cepat. Karenanya, sebuah bisnis online sudah tentu harus mengikuti sistem yang bekerja secara real time dan reliable alias tepat waktu dan dapat diandalkan. Untuk menunjang bisnis online anda yang telah berkembang pesat, sudah waktunya bagi anda untuk berfikir tentang kapan pakai cloud hosting dibanding shared hosting.

Memulai Bisnis dengan Shared Hosting

Sebagai pebisnis pemula, biasanya anda memiliki keterbatasan modal dan (mungkin) pengetahuan perihal teknis untuk website bisnis anda. Bahkan, anda mungkin saat itu bingung memilih nama domain untuk bisnis anda bukan? Padahal, caranya sangat sederhana. Anda tinggal cek domain tersedia pada registrar domain yang bonafit dan terpercaya.

Demikian pula mengenai hosting. Sebagian blogger yang notabene sudah familiar dengan website (blog: web log) pun belum semuanya paham tentang hosting, khususnya yang menggunakan CMS blogspot. Secara awam, hosting adalah ibarat harddisk yang digunakan untuk menyimpan semua file dari isi blog tersebut.

Cara dalam memilih hosting tersebut juga tidak kalah mudahnya, dimana saat ini banyak hosting murah Indonesia yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Anda bisa memilih antara yang shared hosting atau yang cloud hosting.

Shared artinya berbagi, sehingga shared hosting adalah keadaan dimana satu server digunakan untuk tempat hosting lebih dari satu alamat website.

Keunggulan Shared Hosting

Saat anda memulai bisnis UKM secara online misalnya, tentu anda belum memerlukan lalu lintas data yang banyak. Untuk itu, anda bisa menggunakan shared hosting untuk toko online anda. Selain lebih murah ongkos sewanya, perawatan shared hosting dilakukan oleh petugas dari penyedia shared hosting tersebut.

Kekurangan Shared Hosting

Murahnya ongkos sewa shared hosting, dikompensasi dengan beberapa kekurangan yang bisa berakibat buruk untuk bisnis online anda. Saat lalu lintas data di toko online anda meningkat, maka koneksi akan melambat (lambat loading).

Resiko terburuk dari penggunaan shared hosting untuk bisnis online adalah ketika server tidak mampu lagi menangani lalu lintas data, sehingga menyebabkan server down sehingga toko online anda tidak bisa dibuka.

Kapan Pakai Cloud Hosting Untuk Bisnis?

Ketika bisnis online anda mulai dikenal publik dan lalu lintas (traffic) data keluar dan masuk makin meningkat, maka merupakan saat yang tepat bagi anda untuk meningkatkan kualitas layanan ke cloud hosting. Kenapa begitu?

Sebagai gambaran, infrastruktur toko online sederhana biasanya memerlukan 3 poin yaitu aplikasi, database dan image. Ketiganya memerlukan akses yang silih berganti diakses oleh pengguna. Semakin banyak pengguna, maka anda sudah tidak bisa bergantung kepada shared hosting.

Cloud hosting, artinya menggunakan beberapa server yang bekerja saling membantu dan menggantikan. Apabila ada salah satu server rusak, maka server lain akan melakukan pekerjaannya. Hasilnya? Toko online anda tetap berjalan normal.

Kelebihan Cloud Hosting

Terdapat banyak kelebihan cloud hosting. Yang utama, tentu dapat diandalkan untuk kelancaran akses toko online anda (up time terjaga). Selain itu, ketika anda sudah memilih cloud hosting Indonesia terbaik, artinya anda tidak perlu khawatir dalam perawatannya (fully managed). Seluruh pembaharuan keamanan pun dikerjakan oleh tim penyedia cloud hosting.

Kelebihan lain, anda bisa fokus kepada pengembangan toko online anda, karena anda bisa dengan leluasa menambahkan sumber daya sesuai yang anda perlukan, seiring dengan makin populernya toko online anda.

Kekurangan Cloud Hosting

Satu-satunya kekurangan cloud hosting, adalah ongkos sewa yang lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting. Akan tetapi, biaya yang timbul tersebut tentu mudah ditutupi oleh peningkatan income dari toko online anda bukan?

Sebagai kesimpulan, agar pengeluaran biaya sewa hosting untuk toko online anda masuk akal, maka yang perlu diingat adalah:

Mulailah toko online dengan shared hosting, kemudian upgrade ke cloud hosting saat bisnis anda memerlukan peningkatkan performa.

Mari, mulai membuka toko online anda dengan cerdas 🙂

About arigetas 234 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*