4 Perbedaan CCTV Analog dan IP Camera yang Harus Dipahami

perbedaan cctv analog dan ip camera dalam cara kerja dan kualitas gambar

CCTV menjadi perangkat penting yang membantu Kamu mengawasi kondisi di dalam maupun di luar bangunan. IP Camera CCTV termasuk salah satu teknologi terbaru yang memiliki berbagai fitur dan keunggulan yang menarik, bagaimana dengan CCTV analog?.

Mungkin bagi sebagian orang IP Camera tidak jauh berbeda dengan CCTV analog karena memiliki fungsi dan kegunaan yang sama. Padahal tidak demikian, IP Camera (Internet Protocol Camera) merupakan jenis kamera CCTV yang bekerja menggunakan jaringan.

Kamu dapat menggunakan ponsel atau tablet sebagai monitornya yang bisa diakses secara fleksibel. Kamu bisa memantau kondisi di dalam rumah secara jarak jauh selama IP Camera CCTV dan ponsel Kamu dapat mengakses jaringan internet dengan baik.

Perbedaan IP Camera CCTV dengan CCTV Analog

Secara umum CCTV atau kamera pengawas pada umumnya digunakan sebagai penunjang sistem keamanan pada suatu bangunan. Seiring berkembangnya waktu teknologi yang disematkan pada kamera CCTV mulai mengalami kemajuan yang pesat.

IP Camera menjadi salah satu bukti kemajuan teknologi di zaman sekarang, mungkin bagi sebagian orang awam masih bingung di mana letak perbedaan antara CCTV analog dengan IP Camera CCTV. Bagi Kamu yang masih belum tahu secara pasti tentang perbedaannya, sepertinya Kamu perlu menyimak pembahasan berikut ini:

1. Perbedaan dari Segi Sistem Cara Kerja

Hal dasar yang sangat jelas membedakan antara CCTV analog dengan IP Camera terletak dari sistem cara kerja yang digunakan. CCTV analog menggunakan kabel Coaxial untuk mengirim sinyal analog ke DVR (Digital Video Recorder). DVR berfungsi sebagai perangkat yang mengolah sinyal analog dari kamera CCTV menjadi sebuah video untuk disimpan.

Sedangkan untuk jenis IP Camera bekerja dengan menggunakan jaringan internet untuk mengirimkan audio video ke ponsel atau gadget. Sehingga IP Camera tidak membutuhkan DVR dan kabel untuk mengirim gambar rekaman seperti pada jenis CCTV analog jadi lebih praktis.

2. Perbedaan dari Segi Kualitas Gambar

Tentunya saja untuk segi kualitas gambar IP Camera lebih baik dibandingkan CCTV analog kebanyakan. Kebanyakan CCTV analog yang beredar di pasaran memiliki resolusi kamera yang terbilang rendah bahkan sangat kurang untuk zaman sekarang.

Sehingga gambar yang dihasilkan tidak begitu bagus dan cenderung buram ketika berada pada kondisi gelap seperti saat malam hari. Tidak heran jika saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan IP Camera dibandingkan CCTV analog.

IP Camera dapat menghasilkan tampilan gambar yang lebih baik karena sebagian besar produk IP Camera yang beredar di pasaran sudah menggunakan resolusi kamera yang lebih tinggi. Selain itu IP Camera CCTV sudah bisa menangkap gambar dalam sudut pandang yang lebih luas.

Bahkan ada beberapa merek IP Camera yang bisa berputar dan menangkap gambar di sekelilingnya sesuai perintah pengguna. Produk yang memiliki fitur seperti ini biasanya digunakan untuk kamera pengawas di dalam ruangan.

3. Perbedaan dari Segi Fitur yang Disematkan

CCTV analog secara umum tidak memiliki fitur yang istimewa jika dibandingkan dengan IP Camera CCTV. Biasanya CCTV analog hanya berfungsi untuk merekam dan menangkap gambar saja lalu mengirimnya ke DVR.

Sedangkan pada IP Camera terdapat fitur yang cukup canggih yang mana IP Camera dapat mengawasi suatu pergerakan pada objek tertentu. Misalnya seperti pergerakan orang yang masuk ke dalam rumah atau benda yang jatuh lalu mengirimkan notifikasi ke ponsel pengguna.

4. Perbedaan dari Segi Fleksibilitas

Dalam penggunaannya IP Camera CCTV lebih bersifat fleksibel karena Kamu dapat memantau pergerakan di dalam rumah dalam jangkauan jarak yang cukup jauh. Kamu bisa mengecek kondisi rumah kapan pun dan dimanapun selama masih ponsel dan IP Camera terhubung dengan jaringan internet.

Sebagian besar CCTV analog pengaturan setiap kameranya harus dilakukan saat terhubung langsung ke dalam DVR. Jadi fleksibilitasnya kurang jika dibandingkan dengan IP Camera CCTV.

Gunakan CCTV Hikvision ColorVu untuk Memperkuat Sistem Keamanan Rumah

Bagi orang-orang yang tinggal di wilayah perkotaan memasang CCTV merupakan hal yang wajib dilakukan. Apalagi jika tinggal di wilayah yang rawan akan tindakan kriminal tentunya pasti membutuhkan sistem keamanan yang lebih ketat. Tapi jika asal memilih produk CCTV rasanya akan percuma jadi karena tidak semua produk menawarkan kualitas gambar yang baik.

Ada beberapa produk yang tidak bisa menampilkan gambar dengan akurasi warna dan detail gambar yang akurat saat kondisi cahaya rendah seperti pada malam hari. Sehingga saat terjadi sesuatu hal agak sulit mengetahui apa yang terjadi pada saat itu.

Maka dari itu Kamu harus bijak dalam memilih produk CCTV untuk meningkatkan sistem keamanan rumah. CCTV dari Hikvision ColorVu bisa menjadi solusi yang paling tepat bagi Kamu yang ingin mendapatkan kualitas gambar rekaman yang realistis dalam berbagai kondisi cahaya.

Hikvision ColorVu merupakan salah satu produk CCTV yang menawarkan berbagai keunggulan yang sangat menarik. IP Camera CCTV dari Hikvision ColorVu sangat cocok untuk digunakan di rumah maupun di tempat usaha Kamu, berikut ini kelebihan produk CCTV dari Hikvision ColorVu yang perlu dipertimbangkan:

  • Memiliki Tampilan Warna Gambar yang Nyata
    Hasil gambar lebih hidup dengan warna lebih akurat dan dapat menangkap gambar dengan baik di kondisi cahaya rendah sekalipun.
  • Detail Gambar yang Lebih Kaya
    Detail gambar yang lebih tajam dan kaya warna dibandingkan pencitraan hitam dan putih.
  • Memberikan Pengalaman Visual yang Lebih Baik
    Pengalaman visual rekaman yang lebih baik dengan tingkat kecerahan yang seimbang berkat menggunakan Apertur super F1.0 dan sensor lanjutan yang menjamin tampilan rekaman yang realistis.

Bagaimana tertarik menggunakan IP Camera CCTV dari Hikvision ColorVu? Untuk informasi selengkapnya mengenai produk CCTV dari Hikvision Kamu bisa langsung mengunjungi lama resminya di www.hikvision.com/id/

About arigetas 332 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*