Posisi Divisi Digital Marketing di Perusahaan

SEO Specialist adalah contoh Posisi Divisi Digital Marketing yang terkenal dengan skill tinggi

Digital Marketing merupakan kombinasi seluruh aktivitas pemasaran yang dilakukan menggunakan media elektronik maupun internet. Beberapa contoh aktivitas digital marketing antara lain: SEM, SEO, email marketing,social media marketing, content marketing, dan masih banyak lagi posisi divisi digital marketing yang lain.

Apa Saja Posisi Divisi Digital Marketing Itu?

Dalam sebuah perusahaan, segala aktivitas pemasaran digital perusahaan dilakukan oleh beberapa karyawan yang tergabung dalam satu divisi yaitu Digital Marketing.

Penasaran bagaimana pembagian kerja dalam divisi digital marketing sebuah perusahaan? Simak penjelasan berikut ya.

1. Digital Marketing Manager

Merupakan pemimpin divisi yang bertugas memastikan semua goal perusahaan tercapai. Kemampuan manajerial dan pengetahuan ilmu digital marketing yang komprehensif merupakan dua keahlian yang paling dibutuhkan pada posisi ini. 

2. Digital Ads Specialist 

Posisi yang bertanggung jawab dalam produksi berbagai macam iklan online, seperti iklan Google, sosial media, dan email. Digital Ads Specialist harus menguasai cara penggunaan layanan periklanan online yang populer seperti Facebook Ads dan Google Ads.

3. SEO Specialist

Seseorang yang bertugas untuk menjalankan SEO (Search Engine Optimization), baik itu dari segi off page maupun on page SEO. Seorang SEO Specialist idealnya memiliki pengetahuan dasar mengenai website, dan mengerti bagaimana cara search engine bekerja.

4. Social Media Specialist

Posisi yang ditempati oleh seseorang yang mengurus akun media sosial perusahaan, mulai dari pembuatan konten sampai membalas direct message atau comment. Posisi ini idealnya ditempati oleh seseorang yang aktif dalam bersosial media sehingga paham mengenai cara mengidentifikasi tren yang sedang berlaku di berberbagai kanal sosial media.

5. Content Writer = Posisi Divisi Digital Marketing Favorit

Seseorang yang bertanggung jawab dalam produksi konten tulisan, mulai dari tahap riset sampai pada penulisan. Content Writer harus lihai dalam membuat artikel yang mudah dipahami dan menarik untuk dibaca. Ada baiknya seorang Content Writer juga mengerti SEO agar artikel yang dihasilkan SEO-friendly.

6. Graphic Designer

Seseorang yang bertugas untuk memproduksi konten visual. Graphic Designer harus paham dalam menggunakan berbagai tools design seperti Photoshop, Adobe Illustrator, dan beberapa lainnya.

7. Web Analytics Specialist

Posisi yang bertanggung jawab atas segala hal yang berurusan dengan monitoring dan analisis performa suatu usaha marketing, khususnya lewat website. Seseorang yang menempati posisi ini harus mengerti bagaimana cara memasang kode tracking pada website dan membuat laporan analisis yang komprehensif dan detail.

8. Web Developer

Seseorang yang bertugas dalam membuat dan mengembangkan website. Tentunya seorang Web Developer harus mengerti HTML, CSS, Javascript, juga tata penggunaan CMS seperti WordPress.  

Demikian beberapa posisi yang merupakan bagian dari divisi Digital Marketing pada sebuah perusahaan. 

Tentu tidak semua perusahaan memiliki komposisi karyawan divisi Digital Marketing yang sama. Semuanya bergantung pada kebutuhan dan kemampuan perusahaan tersebut. Bisa saja sebuah perusahaan memiliki tim Digital Marketing yang lengkap untuk menyokong perkembangan perusahaan mereka. Namun ada juga yang hanya memiliki divisi kecil untuk menjalankan usaha pemasaran online.

Alternatif lain yang bisa menjadi pilihan tepat adalah dengan menyewa digital marketing agency. Dengan menggunakan jasa digital marketing agency, Anda tidak perlu merekrut karyawan sendiri. Semua proyek pemasaran Anda dapat diserahkan pada digital marketing agency yang sudah terbukti berpengalaman dalam menjalankan kampanye digital marketing.

Saat ini, telah banyak digital marketing agency di Jakarta dengan berbagai spesialisasinya. Meson Digital merupakan salah satu digital agency, yang telah berpengalaman menjalankan berbagai macam kampanye digital marketing dari berbagai brand ternama.

About arigetas 305 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

4 Comments

  1. Wuih ternyata banyak bagian lain ya di lini marketing, saya kira kalo di divisi marketing hanya terdiri dari manajer marketing, staf marketing lapangan, staf marketing media sosial, dan staf admin marketing. Justru bagian marketing digital aja punya struktur yang terus ke samping. Artinya, marketing di tempat kerja saya masih terlalu sederhana, hahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*