Mendaftar Merek Bersama Jasa Pendaftaran Merek

pengertian mendaftar merek bersama berdasar UU Nomor 15 Tahun 2001

Merek sudah lama dikenali manusia semenjak lama. Merek dipakai selaku sinyal pembanding di antara produk yang dibuat oleh seorang atau tubuh hukum dengan produk yang dibuat oleh faksi lain. Bagaimana cara mendaftar merek bersama melalui jasa?

Pengertian Merek Berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2001

Merek menurut Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Mengenai Merek seterusnya disebutkan UU Merek, menerangkan jika:

“Merek ialah sinyal yang berbentuk gambar, nama, kata, huruf-huruf, beberapa angka, formasi warna, atau gabungan dari beberapa unsur itu yang mempunyai daya pembanding dan dipakai dalam aktivitas perdagangan barang atau layanan.”

Seterusnya dalam UU Merek, merek dibagi jadi merek barang dan merek layanan. Pasal 1 angka 2 UU Merek menerangkan jika:

“Merek Dagang ialah Merek yang dipakai pada barang yang diperjualbelikan oleh seorang atau sebagian orang secara bersama atau tubuh hukum untuk membandingkan dengan beberapa barang semacam yang lain.”

Pasal 1 angka 3 UU Merek menerangkan jika:

“Merek Layanan ialah Merek yang dipakai pada layanan yang diperjualbelikan oleh seorang atau sebagian orang secara bersama atau tubuh hukum untuk membandingkan dengan beberapa jasa semacam yang lain.”

Merek selaku salah satunya sisi dari HKI mempunyai peran yang penting sebab dengan memakai merek atas beberapa barang yang dibuat, bisa membandingkan asal mula berkenaan produk barang dan layanan.

Merek bermanfaat untuk mengenalkan produksi satu perusahaan, merek memiliki peran yang penting untuk pemilik satu produk. Ini berasal dari peranan merek tersebut untuk membandingkan dalam mengenalkan satu barang dan/atau layanan sama barang dan/atau layanan yang lain yang memiliki persyaratan dalam kelas barang dan/atau layanan semacam yang dibuat oleh perusahaan yang lain.

Mendaftar Merek Bersama Melalui Jasa Pendaftaran

Keuntungan mendaftar merek dengan jasa pendaftaran merek dagang adalah:

  • Merek selaku sinyal dari satu barang atau layanan dan dengan hal itu jadi lebih dikenali oleh warga atau customer.
  • Merek yang sudah didaftarkan berkekuatan hukum, hingga nanti tidak bakal ada permasalahan sebab dengan hal itu nanti tidak disebutkan selaku merek illegal.
  • Memperoleh keyakinan dari warga selaku customer jasa pendaftaran merek.
  • Merek yang telah didaftarkan nanti akan memberi daya magnet tertentu dan keunikan tertentu.
  • Tidak ada pihak lain yang dapat untuk menyontek / memakai merek dari produk itu.
  • Disamping itu, di dalam merek dikenali ada hak terbatas pada pemakaian merek yang sudah didaftarkan bersama jasa pendaftaran merek, seperti diartikan dalam Pasal 3 UU Merek selaku berikut ini:

“Hak atas Merek ialah hak terbatas yang diberi oleh Negara ke pemilik Merek yang tercatat dalam Daftar Umum Merek untuk periode waktu spesifik dengan memakai sendiri Merek itu atau memberi ijin pada pihak lain untuk memakainya.”

Kenapa Merek harus selekasnya didaftarkan? Merek dipakai untuk :

  • Tingkatkan nilai jual asset perusahaan.
  • Selaku agunan atas kualitas produk atau layanan.
  • Selaku alat promo, hingga mempromokan produk atau layanan cukup dengan menyebutkan mereknya saja.
  • Sinyal pengenal untuk membandingkan barang atau layanan yang dibuat oleh setiap pelaku bisnis.
  • Satu merek memang jadi penting untuk satu usaha, baik offlline atau online. Tetapi, di zaman saat ini banyak merek-merek yang serupa di antara satu yang lain.

Merek bermanfaat untuk menerangkan produk/layanan ke halayak dan jadi pembanding dari produk yang semacam yang lain, selein menerangkan produk merek bisa juga di pakai selaku media promo saat anda keluarkan produk baru.

Di saat anda sedang membentuk bisnis merek jadi penting, sebab dengan merek hak ekonomi yang menempel pada produk dapat terlindung, hingga anda dapat menahan seseorang untuk manfaatkan nama produk.

Rugi saat anda tidak mendaftar merek ialah anda tidak dapat kembali mengaku merek produk saat ada faksi yang lain mendaftar nama produk lebih dulu dan pemilik yang mendaftar merek itu bisa manfaatkan nilai ekonomi yang menempel untuk kebutuhan individu atau perusahaan.

Jadi apa merek anda telah tercatat? Bila belum selekasnya jagalah dan daftarkan merek anda, tidak boleh sampai nama yang telah anda bangun sejauh ini jadi remuk karena anda lupa untuk mendaftar merek.

About arigetas 305 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*