Rekomendasi Pekerjaan Sampingan 2023 untuk Nambah Cuan

jenis dan rekomendasi pekerjaan sampingan online tahun 2023 dicari melalui googling

Udah ngga jamannya kamu cuma punya satu pekerjaan dan puas dengan pilihan karir tersebut. Kenapa? Gonjang-ganjing ekonomi saat ini begitu cepat, dan kita harus sudah punya side income yang bisa diandalkan. Inilah rekomendasi pekerjaan sampingan tahun 2023 yang bisa kamu coba.

Kenapa Harus Punya Pekerjaan Sampingan

Untuk kamu yang saat ini sedang cari kerja sampingan maka kamu sudah berada di jalur yang tepat dalam melakukan strategi bertahan hidup di masa depan. Berikut beberapa alasan kenapa kita harus punya pekerjaan sampingan:

  1. Menambah Pendapatan
    Poin ini jelas, bahwa dengan melakukan pekerjaan sampingan tentu saja kita bisa menambah pendapatan selain dari pekerjaan utama kita. Biasanya pendapatan sampingan ini tidak lebih besar dari yang utama, tetapi hal tersebut wajar dikarenakan waktu yang digunakan dalam melakukan pekerjaan ini tidak sebanyak pekerjaan utama.
  2. Memperluas Zona Nyaman
    Terkesan klise, tetapi nyatanya dengan kita memiliki pekerjaan sampingan, maka kita seakan “dipaksa” untuk menjadi lebih profesional dengan menguasai skill selain yang sudah kita asah tiap hari di pekerjaan utama.
  3. Menambah Relasi (Networking)
    Senada dengan poin kedua, bahwa dengan melakukan pekerjaan sampingan yang bisa jadi sangat berbeda bidang dengan pekerjaan utama, maka kita akan berkenalan dengan banyak klien baru. Tentu saja, kita akan “dipaksa” untuk bisa bersosialisasi dengan

Rekomendasi Pekerjaan Sampingan 2023

Ada banyak jenis pekerjaan sampingan, adapun 5 pekerjaan yang direkomendasikan untuk tahun 2023 ini adalah:

1. Penulis Konten

Sepertinya, penulis konten ini tidak ada habisnya karena lowongan penulis online selalu ada dan populer untuk dilamar banyak pihak. Biasanya ada penulis yang palugada alias siap menulis apa saja, dan ada penulis yang memang ada yang penulis spesifik pada bidang tertentu tetapi mendalam.

2. Guru Les Privat

Kamu tidak perlu berfikir untuk menjadi guru les anak SMA ataupun tutor bimbingan belajar persiapan masuk kuliah dengan rumus matematika atau fisika yang rumit. Guru les privat membaca, maupun untuk perkenalan bahasa inggris pun banyak yang membutuhkan. Oleh karena itu, kamu cukup membekali dengan skill pendekatan yang mumpuni pada anak-anak kecil ya.

3. Asisten Virtual

Posisi asisten virtual saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang menerapkan work from anywhere alias WFA. Yang perlu kamu lakukan adalah disiplin kerja pada rentang jam yang sudah disepakati dan sat set seusuai dengan jobdesc yang disepakati. Gaji asisten virtual ini ngga main-main lho, apalagi buat kamu yang bekerja pada perusahaan yang menggunakan USD sebagai acuannya.

4. Fotografer atau Videografer

Punya kamera DSLR, mirrorless, atau HP yang lumayan? Nah ini bisa banget kamu gunakan untuk berkarya menambah cuan menjadi fotografer, maupun videografer. Memang benar, kedua profesi ini memerlukan insting dan jam terbang dalam membuat karya. Karenanya, tidak ada salahnya kamu yang berniat menjadikan dua profesi ini sebagai sumber cuan, mulai latihan mandiri dari sekarang. Tutorial? Ada banyak di YouTube maupun di reels Instagram.

5. Penjual Online

Menjadi penjual online ini kamu tidak harus memiliki produk secara fisik saja lho. Kamu bisa menjadi marketing melalui program affiliate salah satu marketplace misalnya. Menjadi seorang afilator ini bisa dibilang hanya modal HP dan kuota, serta jejaring yang kamu miliki pun bisa jalan.

Cara Mencari Pekerjaan Sampingan

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan sampingan, ternyata tidak sesulit dari yang kamu kira lho. Apa iya? Iya! Ikuti tips di bawah ini ketika kamu ingin mencoba mendapatkan pekerjaan sampingan:

  1. Do what you love and love what you do
    Ungkapan di atas memanglah berlaku ketika kita mencari pekerjaan sampingan. Memang sih, biasanya apa yang menjadikan cuan adalah yang kita utamakan. Akan tetapi, untuk bisa bekerja sampingan dalam jangka waktu dan panjang serta bisa berkembang, maka melakukan hal yang disukai adalah lebih utama.
  2. Googling
    Punya HP dan internet? Maka bisa dong mencari di mesin pencari apa saja kerja sampingan yang sekiranya bisa kita lakukan. Bisa juga kita bikin daftar pekerjaan sampingan yang mungkin saat ini kita belum pandai, tetapi dirasa bisa dilatih secara mandiri dalam waktu yang tidak terlalu lama.
  3. Seleksi pilihan pekerjaan sampingan potensial
    Secara umum, kita bisa membagi pekerjaan sampingan menjadi dua kategori yaitu online dan offline. Biasanya, pekerjaan offline membutuhkan transportasi sehingga perlu dibatasi di area yang dekat lokasi kita. Sedangkan pekerjaan online, bisa kita lakukan dari mana saja selama bisa terhubung internet. Hanya saja, pekerjaan online biasanya membutuhkan perangkat misalnya laptop ataupun HP dengan spesifikasi minimal tertentu.
  4. Coba lamar. Gagal? Perbaiki lagi dan coba lamar lagi
    Setelah tahu apa kemampuan dan minat kita, maka bisa mengkerucutkan ke jenis pekerjaan sampingan dengan mencobanya atau meminta saran dari yang lebih senior perihal rekomendasi pekerjaan sampingan yang cocok untuk profil diri kita.
  5. Upgrade diri
    Ketika gagal dalam mendapatkan pekerjaan sampingan, salah satu penyebabnya adalah ketika kita tidak meningkatkan kemampuan diri sendiri untuk bisa bersaing dengan lebih baik. Peningkatan skill ini tidak bisa menunggu, karena segala sesuatunya saat ini dinamis dan berubah dengan cepat.
  6. Pakai aplikasi dalam mencari kerja sampingan
    Untuk lebih memudahkan kita cari kerja sampingan online bisa banget menggunakan aplikasi yang tersedia di Google Play Store.
  7. Kumpulkan dan tulis portofoliomu
    Untuk memudahkan klien prospektif menemukan diri kita, maka sudah seharusnya kita menyusun portofolio pekerjaan kita baik yang utama maupun sampingan, di media sosial kita. Selain dikumpulkan di Instragram, kita boleh menyusun portofolio di blog kita, sehingga akan muncul di mesin pencari ketika dibutuhkan orang.

Aplikasi Pintarnya untuk Mencari Pekerjaan Sampingan

Saat ini kamu bisa menggunakan aplikasi Pintarnya yang pas banget untuk mencari pekerjaan, baik yang full time maupun paruh waktu atau sampingan. Untuk keamanan, kamu tidak perlu khawatir dikarenakan aplikasi ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Kominfo ya.

Aplikasi Pintarnya tidak hanya menyediakan daftar pekerjaan dan perusahaan yang sedang mencari pekerja, tetapi juga menyediakan sarana untuk kamu menambah ilmu dan memperbaiki CV.

Selain menyediakan fitur tes, aplikasi Pintarnya ini juga memiliki kelas interview GRATIS yang pas banget untuk mendukung kemampuanmy dalam proses wawancara ketika melakukan seleksi kerja.

Ketika memerlukan konsultasi dengan HRD dari perusahaan yang sedang dilamar, kamu tidak perlu menghubungi perusahaan tersebut melalui e-mail maupun telepon. tetapi cukup mengirim chat yang memang sudah tersedia di aplikasi Pintarnya ini.

Salah satu fitur cakep yang sangat membantu kamu sebagai pencari kerja di aplikasi ini, adalah kemampuan untuk mengecek status lamaran pekerjaan yang sudah kamu lakukan secara real time!

Yuk kita jalani tahun 2023 ini dengan lebih tenang dengan lebih cuan.

About arigetas 390 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*