Cara Mudah Aktifkan WhatsApp Web Mode Gelap

cara mengaktifkan WhatsApp Web Mode Gelap dengan klik kanan dan inspect element

WhatsApp sebagai salah satu platform pesan singkat, menyediakan mode kirim pesan dari smartphone dan juga dari laptop. Untuk smartphone, sudah built in fitur mode gelap atau dark mode, sedangkan pada WhatsApp web belum tersedia secara bawaan. Di dalam tulisan ini akan aku sampaikan cara mudah untuk aktifkan WhatsApp Web Mode Gelap dengan mudah.

Kenapa Harus Pakai WhatsApp Web Mode Gelap?

Alasan banyak orang meminati penggunaan WhatsApp (dan juga apps lain) dalam mode gelap, adalah lebih ramah di mata kita. Apalagi untuk kalian generasi rebahan yang sering banget menatap layar smartphone juga laptop. Mode gelap memungkinkan kita membaca informasi yang ada dengan lebih cepat tanpa harus khawatir silau dan bebas dari capek mata.

Untuk aplikasi smartphone, cara mengaktifkan mode gelap sangat mudah. anda cukup menuju Setiing ==> Chats ==> Theme ==> pilih mode Light (terang/normal) atau Dark (mode gelap).

Baca Juga: Cara memasang kunci sidik jari di WhatsApp

Adapun untuk mengaktifkan mode gelap pada WhatsApp di web browser misalnya Chrome atau opera, ada cara mudah yang bisa kamu lakukan:

  • Buka WhatsApp di Chrome atau Opera.
    Ketik https://web.whatsapp.com pada browser Chrome atau Opera kamu untuk membuka WhatsApp Web.
  • Lakukan Inspect Element.
    Setelah jendela WhatsApp Web terbuka, kamu bisa langsung klik kanan dan pilih inspect element.
Klik Kanan Inspect Element untuk edit kode halaman
Klik kanan pada area yang aku kasih bintang kuning
  • Tekan Ctrl+F kemudian cari “web” dan klik 2x dan tambahkan menjadi “web dark”.

Setelah diketik “web dark”, maka tampilan WhatsApp pada Web kamu sudah menjadi gelap.

WhatsApp Web Mode Gelap bisa aktif dengan menambahkan kata dark di body class

Nah, mudah bukan caranya? Cara yang sederhana ini bisa kamu aplikasikan di hampir semua browser alias peramban web favorit. Hanya saja, terdapat kekurangan yaitu:

Setiap kali setting ke mode gelap, maka ketika jendela browser ditutup (di-close) maka saat membukanya kembali kamu perlu melakukan setting lagi.

Untuk sementara, bagaimanapun, cara ini merupakan cara yang paling sederhana untuk dapat menggunakan dark mode. Selain cara ini, kamu bisa memasang ekstensi browser “Stylus” kemudian memasang style seperti yang kamu inginkan. Kapan-kapan aku buatkan tulisannya ya!

Eh jadi giimana? Tertarik untuk mencoba tutorial di atas ini? Yok kalian coba dan kasih tahu aku, kamu lebih suka mode terang atau gelap di WhatsApp kamu?

About arigetas 196 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

6 Comments

  1. Aku barusan mau langsung nyoba kok gak bisa ya. Hahahaa apa perlu diupdate dulu mas?
    Makash pengetahuannya. Jadi dapat ilmu baru. Selama ini yang kubuat dark baru twitter, ig, dan mi browser. Wa malah blm tau

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*