5 Serial TV Anak Terbaik Sepanjang Masa

minggu pagi menonton cerita serial tv anak doraemon atau upin ipin

Ngobrolin tentang serial TV anak terbaik untuk tiap orang, aku yakin bisa beda-beda pilihannya. Tetapi, pasti ada diantara pilihan tersebut yang beririsan. Berikut 5 serial anak yang menurutku terbaik dan evergreen alias bisa dinikmati oleh banyak generasi dari anak hingga cucu kita. Kalau kamu paling suka yang mana?

5 Serial TV Anak Terbaik versi arigetas.com

pada zaman dahulu merupakan serial TV anak terbaik yang mengkisahkan dongeng-dongeng yang tak lekang waktu

Pada Zaman Dahulu

Kisah tentang Aris dan Ara yang sedang berlibur ke rumah kakek dan neneknya ini memang membangkitkan banyak memori masa kecil. Saat di rumah kakek di desa yang jauh dari hingar bingar kota, Aris dan Ara sangat menikmati cara hidup di desa. Bersepeda untuk pergi kesana kemari, bertani di sawah hingga memancing di sungai.

“Pada Zaman Dahulu…..” merupakan kalimat pembuka yang khas, saat kakek akan memulai suatu cerita. Serial anak produksi negeri jiran Malaysia ini memiliki banyak kemiripan dengan dongeng-dongeng yang ada di Indonesia. Kisah si cerdik Kancil misalnya, menjadi salah satu tokoh utama yang sangat layak ditunggu.

Serial anak Pada Zaman Dahulu ini selain bagus untuk membangun mental dan cara berpikir anak, juga memperkaya khazanah dongeng-dongen Melayu, khususnya yang ada di Malaysia.

<<< >>>

pertunjukan boneka Si Unyil di desa Sukamaju ini sarat dengan kisah keseharian masyarakat Indonesia

Si Unyil

Pertunjukkan boneka Si Unyil, yang mejadi serial anak sejak tahu 80-an ini memang legenda di Indonesia. Kebetulan aku menontonnya sejak tahun 80-an akhir saat masih tayang di TVRI.

Dahulu, aku sangat takut kalau boneka penyihir keluar dan mengutuk anak-anak nakal. Hahaha. Salah satu kisah Si Unyil yang paling aku ingat dahulu adalah tentang sisa nasi di atas piring kotor, yang menangis karena tidak dimakan habis oleh anak-anak. Aku ikutan sedih dan nangis beneran lho!

Selain serial Laptop Si Unyil yang ada d Trans7, aku sangat merekomendasikan buat kalian melihat versi vintage dari serial si Unyil ini. Caranya? Ada banyak di YouTube lah ya 🙂

<<< >>>

Baca juga:
> Cara Menjadi Orang Tua Cerdas ala Film SEARCHING
> 5 Rekomendasi Film Keluarga di YouTube untuk Akhir Pekan
> Drama Korea My Girlfriend is a Gumiho vs Let’s Fight Ghost

Kisah si kembar upin dan ipin di desa durian runtuh merupakan salah satu serial tv anak terbaik yang sangat apik

Upin Ipin

Si kembar seiras alias identik Upin dan Ipin ini kuyakin merupakan serial kartun anak pertama, yang sukses membuat banyak anak Indonesia belajar melafalkan kosa kata bahasa Melayu. “Betul Betul Betul”, adalah ungkapan khas dari Upin dan Ipin yang aku yakin hampir 100% penduduk Indonesia langsung mengkaitkan dengan Upin dan Ipin.

Dari banyak kisah Upin dan Ipin, mana ya yang paling aku favoritkan? Ada banyak sih sehingga cukup sulit bagiku untuk memilih. Tetapi setelah kupikir ulang, paling suka adalah saat ketika momen bulan Ramadhan alias puasa berikut sampai ke hari raya Idul Fitri.

Rasa-rasanya, ceritanya sangat manis, nyess sampai ke relung hati teringat masa lalu aku bersama keluarga besar.

<<< >>>

kisah keseharian masyarakat Indonesia terkini versi kartun digambarkan apik pada serial TV anak Sopo Jarwo

Sopo Jarwo

Serial anak Sopo Jarwo merupakan salah satu yang terbaik, karena selain mengangkat kehidupan masyarakat kelas menengah di Indonesia saat ini, juga sarat akan pelajaran kehidupan.

Buat kamu yang tinggal di perumahan tipe 36 yang padat penduduk, aku yakin kamu pasti akan langsung melihat pola kehidupan yang sangat mirip dengan di serial ini. Selain menampilkan adegan Adit yang dikejar-kejar oleh Bang Jarwo, terkadang ada cameo yang dimasukkan ke dalam cerita.

Tokoh nasional (alm) eyang B.J. Habibie, telah sangat apik dimasukkan ke dalam cerita, yang membahas tentang teknologi pesawat kepada anak-anak . Kisah ini sangat menarik, bahkan Aria, anak saya yang berusia 8 tahun menjadi semakin nge-fans sama beliau, eyang B.J. Habibie. Alfatihah untuk almarhum atas segala bakti beliau untuk negeri ini.

<<< >>>

doraemon kartun serial anak terbaik dan terpopuler sepanjang masa

Doraemon

Siapa yang tidak kenal Doraemon? Robot kucing dari abad 21 ini memang dikirimkan ke masa Nobita masih menjadi anak SD yang ceroboh, bodoh, usil tetapi baik hati. Serial yang ditulis asli oleh Fujiko F Fujio pada tahun 1970 ini memang visioner dan sarat akan nilai kebaikan terhadap sesama manusia, hewan-hewan hingga kelestarian lingkungan.

Tokoh Nobita bersama Doraemon, merupakan kunci dari serial ini. Di dalam petualangannya, mereka ditemani oleh Sizuka (kelak jadi istri Nobita), Giant dan Suneo. Petualangan yang lengkap mulai dari jaman pra sejarah, kerajaan Jepang kuno hingga masa depan, lengkap ada di sini.

Aku sendiri, menonton Doraemon pertama kali kelas 3 SD, saat RCTI bisa diakses dari areaku di Karanganyar, Jawa Tengah. Sampai dengan saat ini, aku bersama Aria, setiap hari minggu pun masih setia menonton Doraemon.

Serial TV anak terbaik versi kamu?

Itulah 5 serial TV anak terbaik versi aku. Kamu pasti punya kan, serial TV anak favorit? Oh iya, hampir semua serial pilihanku ini memang animasi alias kartun, kecuali Si Unyil yang merupakan pertunjukkan boneka. Ayok ditulis di komentar, serial TV anak apa yang mustinya masuk di dalam daftar di atas menurut kamu.

About arigetas 148 Articles
Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari dua orang anak laki-laki pintar, lucu dan usil.

60 Comments

  1. Udah nonton semua, dan saya sih masih favorit sama avatar dan boboiboy wkwkwk

    Dan satu lagi animasi yang bisa untuk remaja aja dan nggak tau mendidik atau tidak, animasi noval

  2. Suka banget sama si Unyil sih. Menurutku film si Unyil sangat mendidik dan memiliki nilai-nilai moral. Cocok banget ditonton buat anak-anak. Sukaaaa… lucu kalau liat tangannya goyang-goyang

    • Ahahaha suka yang imut2 gerakannya ya Mba? 😀
      Unyil menurut aku sih jangan sampai punah. Terlalu berharga.
      Bahkan, Unyil masa kini (Laptop si Unyil) pun jadi patokan kami supaya anak nonton dan mendapat pengetahuan. Setelah Unyil selesai, baru bobok siang.

    • Ini mah skrg tontonan org dewasa juga. Wkkww

      Smpe skrg aku masih ntn in upin ipin itu. Meski Episodenya sering diulang2. Wkwkwkw

      Gemes ngebayangin mereka jadi adikku sndiri

  3. dari kecil tidak disuguhi film karena memang tidak punya tv, remaja juga tidak dikenalkan tv karena masih tetap tidak memiliki tv.
    dan sekarang tidak hafal karakter karakter film kartun, yang familiar upin ipin hampir tiap pagi diputar di mnc tv

  4. Masa kecil saya tak terpisah dari doraemon. Ya saya suka dengan kartun ini sebab visioner banget pada zamannya. Mungkin sebabnya jepang bisa powerful di teknologi ya, karena sejak anak2 sudah dibiasakan dekat dengan bidang ini.

  5. Jd ingat dulu setiap sabtu dan minggu pagi pasti acara televisi lg bagus2nya. Kalau ditanya 5 serial tv anak favorit aku:
    1. Naruto (ngikutin dari semua episodenya sampai tamat)
    2. Captain Tsubasa (anime yg buat aku suka sepakbola)
    3. Crayon Sinchan (lucu, haha)
    4. Lets and Go (waktu itu semua anak laki2 seumuran wajib punya tamiya)
    5. Spongebob (nggk bosen2 nontonnya)

  6. Kebetulan saya suka semua.
    Saya generasi awalnya si unyil. Zaman dahulu, kalau nonton di rumah tetangga. Nanti kakaknya teman (yg punya rumah) akan sidak, kaki sudah bersih atau belum, sampai ke tangan juga. Wkwkwk
    Kenangan banget, deh itu.

    Eh maaf malah galfok dan curcol

  7. Alhamdulillah dua film serial anak karya anak bangsa termasuk juga. Tfs Mas Ari, hehe… Saya dan anak² termasuk penonton kelima serial anak itu lohh,, rasanya dunia anak semakin berwarna yaa liat smua film itu. Ditunggu slalu tulisan² inspiratifnya yaa

    • Iya mb, sami2. Makasih udah mampir.. Aku memilih 5 jenis ini karena yang paling membangun mental ya lima jenis serial ini. Serial anak yang lain, lebih ke seneng-seneng sih isinya, gak setebal yang 5 ini dalam membangun jatidiri anak.

  8. Aku suka semua yang lima itu, tambah sih aku sama “Masha and the Bear”. Keluguan dan keusilan Masha, bikin aku terhibur.
    kartun lain aku juga suka Scooby Doo. Kalau Tom & Jerry, seneng juga, tapi katanya kurang bagus ya, karena banyak adegan kekerasan.

    • Scooby Doo, aku suka karena ada Scrappy Doo. Hahahhaa. si mungil yang tengil. hahahah.
      Iya mba, Tom n Jerry gk bagus untuk anak2. Itu masuk kartun dewasa sih sbnere,

  9. dulu waktu SMK suka upin-ipin, di sekolah yaang diomongin upin ipin sampe gurunya ikut bahas upin ipin.

    Tapi kalo yang jadi paforit tetep doraemon sih, emang keren ceritanya

    • Piluhan, sempet saya baca: puluhan. Hahaha. Iya mbak, saya sekeluarga ni seneng banget ama serial anak yang menceritakan tentang persahabatan dan nilai-nilai kebaikan.. Ayemm gitu lihatnya.

  10. 5 Serial TV anak ini menceritakan tentang :
    1. Pada zaman dahulu: Kakek yang suka menceritakan dongeng ke cucunya
    2. Si Unyil : Tayangannya saat ini lebih ke edukasi
    3. Upin Ipin : film ini bertujuan untuk mendidik anak-anak biar lebih mengerti tentang Ramadan
    4. Sopo Jarwo : kehidupannya diwarnai petualangan tak terduga
    5. Doraemon : berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 sekolah dasar yang bernama Nobita Nobi

    Dan yang paling favorit hingga saat ini masih suka nonton (meskipun udah berumur) adalah Doraemon.

  11. Saya pilih Doraemon, karena film tersebut selalu hadir menemani hingga sekarang.
    Doraemon,Nobita,Sizuka,Giant,Suneo semua pemain punya tempat dihati para pecinta film tersebut.
    Hingga sekarang masih ada setiap minggu pagi/saat libur sekolah tiba.
    Dan semoga kedepannya makin banyak program tv menayangkan film untuk anak-anak ya kak

    • Iyaaa mbak. DORAEMON tetep kartun anak #1 dari dulu sampe skr. Persahabatan yang digambarkan disana, tak lekang oleh jaman.
      Juga, di episode2 baru doraemon masih ada aja ide buat alat baru.

  12. Terus terang saya itu salut banget sama Upin Ipin. Kalau diperhatikan detail ceritanya, selalu mengandung pembelajaran. Misalnya si Ipin yang selalu pengin makan ayam goreng, saya melihatnya sebagai kampenye agar anak suka makan ayam goreng. Selain membuat anak tumbuh sehat, juga mengembangkan industri ayam goreng itu sendiri.

  13. Kartun versi jaman saya dulu yang saya suka
    1. Doraemon
    2. Sailormoon
    3. Kura-kura ninja
    4. Candy-candy
    5. Saintseya

    banyaaak deh pokokknya, tuh kan jadi ketauan umurnya brp hahaha

    • iya mb. Kakak saya juga menerapkan no TV at home. Etapi masih akses dr YouTube.
      Akhirnya saya dan istri ambil jalan tengah. Nonton TV hanya DuckTV buat bayi dan RTV serta bbrp kartun anak yg aman doang.
      Kadang was was sih kalau ada main d rumah tetangga dan di sana sedang nonton FTV dan aneka sinetron.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*