Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Aktivitas Serba Online

cara menjaga kesehatan mata saat adaptasi kebiasaan baru dengan konsumsi vitamin mata

Mata adalah jendela dunia, dimana ada berjuta warna yang siap memanjakan indera penglihatan kita. Berbeda dengan bagian tubuh vital kita yang lain, mata termasuk rentan terhadap gangguan dari luar tubuh. Karenanya, cara menjaga kesehatan mata harus lebih diprioritaskan, apalagi saat masa adaptasi kebiasaan baru seperti saat ini. Kenapa begitu?

Pola Hidup Masa Kini dan Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mata manusia merupakan salah satu organ tubuh yang rapuh, bahkan salah satu bentuk perlindungan fisik alami yang terbentuk dari evolusi manusia adalah refleks kelopak mata yang sangat cepat.

1. Sumber Pengganggu Kesehatan Mata

Seiring perkembangan peradaban, berikut faktor-faktor yang dapat mengganggu penglihatan dan kesehatan mata kita:

  • Debu
    Pengganggu fisik yang dapat merusak penglihatan yang lazim ditemui adalah debu yang beterbangan. Debu yang masuk ke mata akan menyebabkan iritasi ringan, sedang hingga dapat berbahaya terutama bagi mata yang sensitif.
  • Polusi udara
    Asal knalpot hingga polutan dari cerobong pabrik misalnya, merupakan zat yang dapat membuat iritasi mata, bahkan saat polutan tersebut nyaris tak kasat mata. Apakah anda pernah lewat di jalan saat tetangga membakar sampah, sehingga mata pedih? Nah itu juga termasuk ke dalam kategori polutan di udara juga.
  • Radiasi layar alat elektronik
    Saat ini, bisa dibilang kita semua nyaris tidak bisa lepas dari paparan sinar yang bersumber dari gawai yang kita gunakan. Dalam sehari (24 jam), bisa jadi kita terpapar radiasi sinar layar smartphone dan laptop lebih dari 12 jam sehari.

Saat terbangun dari tidur, kebanyakan kita mengecek smartphone bukan? Saat beranjak tidur pun, mayoritas dari kita pun masih scroll media sosial.

2. Efek Negatif Work From Home dan School From Home

Masa adaptasi baru saat pandemi ini membuat para orang tua dan anak harus bekerja dan sekolah dari rumah dari pagi hingga sore. Selain kuota internet terkuras lebih dalam, tagihan listrik pun semakin melonjak. Hal ini juga diperparah dengan bertambahnya jumlah waktu paparan radiasi layar HP dan laptop, ketika melakukan aktivitas harian.

Rangkaian sekolah online, seminar online, rapat online hingga ujian via online membuat kita semua harus lebih disiplin menerapkan cara menjaga kesehatan mata yang ideal.

2. Cara Menjaga Kesehatan Mata Era 2020

Berdasarkan apa yang sudah saya sampaikan pada paragraf sebelumnya, berikut cara menjaga kesehatan mata yang bisa anda terapkan secara mandiri:

  1. Hindari sumber pengganggu kesehatan mata.
    Menghindari debu, maka bisa menggunakan filter udara di ventilasi rumah misalnya. Saat naik kendaraan roda dua (motor), disarankan untuk memakai masker dan kacamata, serta helm dengan penutup kaca (minimal helm tipe half face).
  2. Gunakan pencahayaan yang ramah mata.
    Untuk bisa melakukan aktivitas yang menggunakan mata dengan intensitas tinggi misalnya menulis, membaca novel hingga menonton film, selalu pastikan pencahayaan yang anda gunakan ideal. Hindari membaca pada ruang dengan cahaya terlalu terang dan silau, ataupun pada ruangan yang gelap atau redup. Mata anda akan bekerja ekstra dalam menyesuaikan cahaya yang masuk ke lensa mata, sehingga terasa cepat lelah, bahkan kadang terasa pedih di mata.
  3. Istirahatkan mata dari layar gawai anda.
    Aktivitas manusia saat ini, mayoritas tidak bisa lepas dari smartphone (HP) dan laptop. Blogger misalnya, selalu punya grup WhatsApp blogger yang selalu memerlukan interaksi. Para pekerja kreatif di desain grafis hingga YouTuber dan vlogger dalam bekerja pun selalu memerlukan gawai minimal sebuah HP. Para pakar kesehatan memberikan saran agar setiap 20 menit bekerja dengan HP atau laptop, wajib melihat objek yang jauh dan hijau, misalnya pohon di ujung jalan. Cara tersebut merupakan cara yang efektif dalam merilekskan otot mata anda.
  4. Berkedip lebih sering.
    Tahukah anda, kalau secara normal manusia dewasa, mata kita berkedip sekitar 15 kali per menit? Nah, ketika kita sedang konsentrasi mengetik di laptop misalnya, jumlah kedipan per menit menjadi sangat kurang. Efeknya, mata terasa pedih dan bisa terjadi iritasi mata. Berkedip, merupakan proses alami untuk membasahi mata sehingga tidak kering dan sakit.
  5. Gunakan alat bantu penglihatan yang tepat.
    Bagi anda yang menggunakan kacamata minus, plus atau silindris, pastikan lensa kacamata selalu bersih dan sesuai dengan yang dibutuhkan mata anda. Bagi anda yang bermata normal, dapat menggunakan kacamata baca yang sesuai. Perhatian khusus untuk pemakai lensa kontak, agar membatasi penggunaannya kurang dari 20 jam, sehingga tidak mengiritasi mata anda.
  6. Makan sayur dan buah dalam jumlah yang cukup.
    Konsumsi sayur dan buah, membuat asupan vitamin, mineral dan serat tercukupi. Sangat disarankan untuk melakukan food combining misalnya sayur dan buah yang kita makan tidak hanya satu jenis, sehingga manfaatnya lebih optimal.
  7. Mengkonsumsi vitamin mata dengan bijak.
    Dalam usaha lebih baik ketika menjaga kesehatan mata, dapat mengkonsumsi vitamin mata dari bahan alami, misalnya Eyevit.
tidak ada efek samping eyevit tablet karena terbuat dari bahan alami yang aman dikonsumsi setiap hari

Eyevit Vitamin Mata Untuk Anda

Vitamin Mata Eyevit sejatinya lebih dari vitamin, karena merupakan salah satu suplemen untuk kesehatan mata, yang memiliki kandungan8 nutrisi esensial untuk mata yaitu: Bilberry, Lutein, Zeaxanthin, B-Caroten, Retinol, Selenium dan Zinc. Kesemuanya merupakan bahan alami yang dijamin aman untuk dikonsumsi masyarakat umum.

1. Kegunaan Eyevit

Bagi anda yang memiliki mata minus 1 hingga 3, khasiat eyevit yang diminum teratur dapat meningkatkan akomodasi alias kelenturan lensa mata, sehingga bisa meningkatkan kemampuan penglihatan. Adapun bagi anda yang sudah memakai kacamata minus lebih dari 10, kegunaan Eyevit yang bisa anda dapatkan adalah kadar minus anda tidak bertambah sehingga fungsi mata tetap optimal.

Untuk anda yang aktif bekerja atau sekolah dari rumah via media online, konsumsi Vitamin Mata Eyevit dapat menjaga penglihatan lebih jelas dan mata tidak mudah lelah atau perih.

Bagaimana dengan saya sendiri?

Pekerjaan saya di kantor adalah seorang peneliti tanah dan pemupukan, mengharuskan untuk membagi tugas antara meja dan lapangan. Ketika malam tiba, saya adalah seorang blogger yang hobi dalam menuliskan artikel di dalam blog saya arigetas.com.

Ketika malam semakin larut, sedangkan saya masih asyik mengetik di laptop, terkadang mata terasa capek dan rasanya agak pedih. Kalau sudah seperti ini, tidak bisa tidak memang mata meminta jatah untuk bisa beristirahat. Dengan ritme pekerjaan saya yang seperti ini, konsumsi Eyevit Tablet dari Lapi Laboratories merupakan solusi realistis yang bisa saya pilih.

cara konsumsi vitamin mata eyevit tablet dengan cara diminum dengan bantuan seteguk air putih

2. Cara Konsumsi Eyevit

Eyevit Tablet digunakan untuk menjaga kesehatan mata dengan cara konsumsi sehari 2 hingga 3 tablet selaput. Lantas, bagaimana dengan Efek Samping Eyevit itu sendiri?

Anda tidak perlu khawatir akan Efek Samping Eyevit dikarenakan terbuat dari buah dan sayur yang merupakan bahan alami. Eyevit Tablet ini juga sudah lulus uji dari BPOM serta telah mendapatkan sertifikat halal sehingga dapat dikonsumsi setiap hari.

Eyevit ini ideal untuk dikonsumsi bagi mahasiswa hingga pekerja kreatif yang menghabiskan waktunya di depan layar HP ataupun laptop. Tentu saja, para content creator (Blogger, YouTuber dan Influencer) juga akan mendapat manfaat positif dari konsumsi Eyevit ini.

3. Dimana Bisa Membeli Eyevit?

Anda bisa menemukan Eyevit di apotek langganan anda, minimarket hingga toko obat ternama. Saya sendiri, membeli Eyevit di apotek kecil di dekat rumah, dengan harga standar. Anda juga bisa memesan Eyevit di marketplace kesayangan anda.

Yuk, peduli dengan kesehatan mata anda.

About arigetas 246 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

2 Comments

  1. Sekolah di rumah terus menerus bikin khawatir juga terutama soal kesehatan mata. kalau nonton TV di rumah nggak sering, malah hampir nggak pernah nyala TV-nya. Eh,sekarang harus dihadapkan pada kondisi seperti ini. Rasanya benar-benar Subhanallah 😀
    Saya sudah minus tapi nggak sampai 3. Insya Allah mau konsumsi Eyvit secara rutin untuk menjaga kesehatan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*