Cerita Grup WhatsApp Blogger itu Nano-Nano Rasa Daging

Cerita group WhatsApp Blogger wordpress dan blogspot itu asik dan kaya akan ilmu

Blogger dan group WhatsApp di Indonesia, merupakan 2 hal yang sering tidak bisa dipisahkan. Di dalamnya ada banyak sekali cerita grup WhatsApp blogger yang sayang banget untuk tidak aku tulis. Selamat membaca, ya!

Asam Manis Cerita Grup Blogger

Menjadi seorang blogger, merupakan salah satu akibat dari hobi menulis yang ingin dibagikan ke seluruh dunia. Selain itu, ada banyak blogger yang kemudian semakin bersemangat dalam menulis, karena dari blog bisa menjadi jalan rezeki yang sangat adiktif dan menyenangkan.

Untuk bisa lebih optimal dalam menulis, ngejob hingga memahami apa itu Search Engine Optimization alias SEO, maka saling berbagi ilmu menjadi hal wajib diantara blogger. Untuk lebih mudah dalam berkoordinasi, di Indonesia terdapat cukup banyak grup WhatsApp blogger, dengan banyak cerita uniknya.

1. Salah Masuk Grup WhatsApp Blogger

Blogger bisa salah masuk ke grup WhatsApp (WA), biasanya karena dua hal. Pertama karena iseng ngeklik link join group yang tersebar di media sosial seperti Facebook, Twitter atau dari forward-an chat WA. Dari pengamatanku, terdapat 2 jenis blogger salah masuk grup WA:

  • Bukan grup blogger yang ngeblog.
    Aku pernah iseng masuk ke salah satu grup WA yang isinya memang dominan blogger, tetapi lebih ke sertifikasi penulis buku. Aku coba ikuti sebentar tuk kemudian sadar. Wah, grup ini ‘terlalu berat’ bagi aku yang ingin menulis agak tanpa aturan. Selain itu, aku merasa belum akan menulis buku, sehingga merasa lebih baik waktuku aku gunakan belajar hal lain. Aku kemudian left, tentu dengan pamit dengan baik dong ya.
  • Grup blogger yang terlalu advance.
    Pengalaman ini dialami temanku. Suatu saat nemu link join grup WA, kemudian ketika masuk di dalamnya, yang dibahas sudah terlalu teknis yang dirasa berat olehnya. Sebagai seseorang yang belum bisa memunculkan featured image di postingan, menyimak pembicaraan teman-teman lain terkait algoritma Google, tentu membuat puyeng.

2. Cerita Grup WhatsApp Blogger itu 4L. Lu Lagi Lu Lagi.

Pernahkan kamu gabung di grup WA yang isinya Paijo, Jasirah, Juminem sampe Jono? Kemudian di grup WA sebelah isinya juga ada Paijo, Jasirah, Juminem sampe Jono. Nah itulah yang disebut dengan 4L ~ Lu Lagi Lu Lagi.

Kadang yang bikin sebel atau gak enak hati, di grup sana becanda tentang A, kemudian komen dilanjut di grup B sini.

Aku, pernah di posisi keduanya 😀
lu lagi lu lagi bertemu teman yang sama
Saat teman blogger diinvite ke grup WA.

3. Belajar Belajar Belajar!

Kebetulan, aku tidak bergabung ke banyak grup WA blogger. Aku sengaja tidak serta merta meminta gabung grup A, B, C sampe Z, karena dari sedikit grup yang ada saja masih banyak yang aku belum pahami.

Alasan lain, karena biasanya grup WA tersebut isinya 4L… sehingga membuatku merasa jumlah grup WA-nya tuh sedikit aja. Yang penting, saling rela dan suka bantuin satu sama lain.

Arigetas, 2020.

Setiap hari, di 1-2 grup WA yang aku ikuti isinya ada saja yang sedang mengalami kendala teknis. Kalau sudah begini, meski aku belum mengalami atau belum paham pun semangat menyimaknya. Seringkali, aku juga ikutan googling.

Terlepas kemudian nemu atau tidak solusi masalahnya, aku sudah belajar hal baru. Itu yang menurutku terpenting.

4. Ngejob Ngejob Ngejob!

Bersosialisasi di grup WA blogger, artinya bakalan bersliweran lowongan untuk ngejob. Dari sisi blogger yang ikutan ngejob, hal tersebut bagus untuk menambah pundi-pundi tabungan.

Dari sisi perasaan kecewa blogger karena belum bisa daftar karena tidak memenuhi syarat DA misalnya, akan memacu semangat blogger tersebut untuk memperbaiki performa blognya.

Hal unik lain yang aku temukan, saat blogger yang akhirnya memenangkan lomba atau kompetisi blog itu berasal dari grup WA yang diikutinya, maka perasaan ikut bangga pun menyeruak.

Baper adalah bagian di Grup WhatsApp Blogger?

Baper alias bawa perasan, tentu bukan hanya ranah emak-emak di grup WA saja lho. Dari pengamatanku, bergabung di grup WA blogger tuh memang harus lebih tahan banting, karena di setiap grup besar itu pasti ada:

  • Blogger yang nyebelin.
    Ini unik. Blogger yang dianggap nyebelin tuh sering bergantung siapa kepada siapa. Sebut saja blogger X yang sebel ama blogger Y, lebih ke perasaan personal si X kepada Y. Bisa saja ada si A, B dan C yang enjoy saja saat berinteraksi kepada X dan juga Y.
  • Blogger yang suka usil dan membully.
    Ada dua penyebab. Pertama, blogger begini biasanya kemampuannya sudah diatas rata-rata sehingga enak aja kalau ngasih komen. Kedua, blogger yang sudah saling akrab (dan sefrekuensi) biasanya jadi rajin saling usil dan bully 😀
  • Blogger yang bikin jatuh hati.
    Berlaku ke blogger cowok dan cewek nih. Blogger yang cerdas, lucu hingga baik hati (suka membantu), biasanya ada saja yang membuat anggota lain jatuh hati. Hayoooo siapa yang begini 😀

Demikian rangkuman ringkas perihal cerita unik grup WhatsApp blogger. Kalau kamu, punya tambahan cerita apa nih? Share di kolom komentar, ya!

Tunggu dulu, terus nano-nano rasa dagingnya mana? Ya itu tadi, rasanya macam-macam campur dagingnya ilmu pengetahuan yang tersaji di grup WhatsApp blogger 🙂

About arigetas 196 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

60 Comments

  1. Ya.ya..sepakat mas arie..mewakili perasaan saya.. memang ada suka dukanya dalam bergabung disebuah group wa.. rapi sejauh ini masih banyak suka nya sich buat aku mas…

  2. wah aku baru masuk ke satu group wa blogger yang isinya list blogwalking dan ilmu blogging. manfaat banget. kalo group lainnya jarang bw. tapi pembicaraan lainnya. unik unik sih tapi seru

  3. Aku masuk ke ke silent reader dulu. Bahasnya udah berat. Wkwk. mau tanya, kesannya kok takut dibuly “itu aja gak tau.” Pelan pelan ikuti, terus wapri kakak yang baik hati itu. direspon. Terus tambah jadi semangat.

  4. Bener semua ini, aneka cerita grup WA Blogger..Kalau aku punya lengkap Mas, ada grup lomba, grup BW, grup job event, grup ngelmu..Pokoknya jangan salah saja keluarin tema, yang ada salah kamar dicuekin oleh semua
    Tapi memang ini uniknya. Nano-nano rasanya

  5. Kalau Mas Ari cenderung membatasi bergabung di beberapa grop, eh aku malah doyan banget klik join ke banyak grup. Asal grup blogger, ikut aja, hahaha … Meskipun nantinya puyeng sendiri karena banyak obrolan yang jadi nggak bisa terlibat. Apalagi nggak bisa setiap saat lihat grup.

    Boleh dong nambahin blogger yang loyal banget bagi-bagi apa aja, mulai dari info cara menaikkan kualitas, job, dan lomba. Mungkin kalau rumahnya pada deketin, orang-orang ini bagi-bagi kue juga, hihihi …

  6. Skrg ini apa apa buat grup ya kan. Jadi emang pilah2 mana yg rasanya sesuai dan perlu saja. Kl ga hape saya yg sederhana ini bs meledak hehe
    Tapi susah juga kl baperan di grup WA yaaa… Aku sih cuekin aja kl ada yg nyebelin hihi

  7. Ternyata Group Blogger itu bermacam rasa ya kak, ehmmm aku termasuk yang mana ya. Walaupun tidak banyak punya group Blogger, tapi ilmu yang diberikan bener-bener berfaedah. Semoga group blogger yang nano-nano daging dapat terus mengalir jobnya dan performa blog bagus. Termasuk kak ari yang sangat baik memberikan masukan-masukan kalau terjadi kendala teknis atau hal yang tidak diketahui langsung dijawab sama kak ari.

  8. Aku ikut 5 grup WA Blogger. Haha iya…ada yg 4 L, ada juga yg engga sih. Tiap grup, rulesnya beda-beda. Ada yg asik, ada yg mbingungi. Apalagi yg ada penalty segala. Penalty 3 bulan baru boleh ngelist lagi. Euleuh, bloggernya udah lupa kali…

  9. Hahaha aku mesm-mesem nih baca artikelnya
    Hampir semua grup blogger itu aku pernah gabung
    Ya jalanin ajalah, kalau pas lagi gak mudeng sama obrolannya jadi silent reader aja
    Kalau pas ada ilmunya ya ikutan belajar
    Kalau pas lagi seru ngobrolnya dan nyambung, sesekali ikutan

  10. Masih punya 2 grup blogger. Dan isinya ada 4L juga wkwkwkw. Tapi kami jadi akting ngga kenal gitu di salah satu grup. Bener juga mas, meskipun keliatannya aku cuman nyimak sebenernya juga diam2 belajar dari para mastah di grup itu. Omongannya berdaging semua.

    • Selalu asik nyimak pembicaraan antara temen blogger yg sedang dapat masalah di blognya, kemudian ada temen lain yang ngasih solusi, Belajar terus isinya.

  11. Wadaw, ada tuh yang 4 L, anggota nya sama, itu lagi hahaha.. pernah masuk wag kepenulisan, berhubung beda jalurnya, akhirnya left aja. Ada juga wag yang udah gak aktif, akhirnya left aja,

  12. Aku kesel bangetttt waktu awal-awal gabung grup blogger tapi salah masuk. Kakakaka. Isinya semua itu blogger adsense semua. Aturan blogwalkingnya kayak clicking monkey. Gak kuat aku ngikutin gaya mereka, akhirnya baru nyobain sekali aku langsung left. Kekeke. Untung aja sekarang enjoy banget gabung di BW ASIK. Alhamdulillah ketemu dan kenal sama teman-teman yg saling support, ya seperti dirimu lah mas.

  13. Wehehehe lucu tuh yang 4L, karena pasti di puluhan wag yang kita ikuti ada aja wag yang isinya itu itu mulu yang keluar. Eh ujungnya bikin grup kecil sendiri. Hihi.

  14. wakakakakak, aku belum nemu sih yang jahara, semua baik banget membantu si anak bawang ini berkembang perlahan-lahan, gpp lah alon-alon asal kelakon. BTW saya masuk blogger yang mana nih? keknya nyebelin yah hahahaahahaa.. maafkanlah anak bawang ini ya bang

  15. Kalau yang bikin jatuh hati ini pengalaman pribadi atau kawan bang ari? hahhahaha kok seperti kisah nyata entah kisah siapa. Saya juga bingung masuk kategori mana mungkin yang belajar belajar belajar itu. Awalnya dimasukin wag blogger kaget dan pusing tujuh keliling memahami bahasanya. Sekarang udah mulai agak entengan kepala menyerapnya meski bila bahas yang saya ga ngerti pasti diem aja.

  16. So far aku ikut 5 grup blogger, tapi yg ada be-wenya cuma 4. Yg satu malah dilarang ngelist, karena ada webnya, dan daftar anggota, silakan cek sendiri ke web kalo mo be-we. Emang sih 4L…hehe….

  17. Pas baca membully,
    Yg kebayang mas Ari, bang Doel ngebulii mbak Rini 🤣🤣🤣
    Yg udah lama di grup sih faham, kalau yg belum suka kasian sama mbak Rin wkwkk

  18. Kalo aku, sering gak nyambung mas di grup. topiknya jalan terus kayak air mengalir. udah nggak tau lagi mulai darimana, endingnya apa. wkwkwwkwk tapi seruu hahah

  19. Salut sama blogger mastah mbaktah yang mau aja jawab pertanyaan-pertanyaan receh nubi kek saya.

    Yang suka banyak nanya masuk kategori mana kira-kira?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*