Kamera Smartphone vs Mirrorless untuk Liburan yang Nyaman

Akhir tahun 2018 sudah menghitung hari. Bagi anda yang sudah merencanakan libur akhir tahun 2018 dengan mengunjungi banyak destinasi wisata, tentu tidak akan lupa menyiapkan segala sesuatunya. Kamera tentu disiapkan untuk merekam video ataupun menangkap momen indah yang sayang untuk dilewatkan. Ada banyak toko yang jual kamera dan anda dapat memilih mana yang paling sesuai dengan dana dan selera anda. Hanya saja, anda kadang galau memilih antara kamera smartphone vs mirrorless untuk dibawa.

Kamera smartphone: mudah dan praktis

Untuk anda yang belum memiliki kamera mirrorless yang sangat populer akhir-akhir ini atau DSLR yang sangat tersohor, atau action camera yang dapat digunakan untuk menangkap momen saat olahraga ekstrem, anda bisa jadi memilih untuk menggunakan kamera smartphone saja. Apakah itu sudah cukup? Tergantung pada beberapa hal ini yang perlu anda pertimbangkan:

1. Kemudahan menangkap momen

Sejak anda bangun tidur pun, gawai elektronik pertama yang anda cari adalah smartphone anda, sehingga bisa dibilang kemanapun anda pergi anda selalu bersama dengan smartphone anda, bukan? Misalnya anda sedang melakukan perjalanan pulang dari kantor dengan naik kereta rel listrik, tiba-tiba anda melihat momen senja yang syahdu. Saat itu, memotret dengan kamera smartphone merupakan pilihan yang logis dan terbaik.

2. Kepraktisan dalam membagi momen.

Menggunakan smartphone tidak bisa dilepaskan dari koneksi internet, sehingga bagi anda yang sangat update, dapat membagi setiap foto yang anda jepret langsung ke media sosial favorit anda misalnya Instagram atau Twitter. Bahkan, sebuah smartphone sudah sangat layak untuk memproduksi vlog.

3. Kualitas gambar yang cukup baik.

Teknologi kamera di smartphone saat ini sudah bisa dibilang cukup baik, dimana hasil jepretan menggunakan kamera handphone sudah layak untuk digunakan di media sosial, bahkan untuk pekerjaan tertentu.

Hanya saja, kelemahan utama kamera smartphone adalah memiliki hasil kurang baik ketika digunakan untuk mengambil foto di dalam ruangan atau saat kurang cahaya (memotret momen di malam hari).

Kamera Mirrorless: mahal tetapi puas

Kamera smartphone memang mampu mengambil foto dengan segala kelebihan dan kekurangan seperti yang sudah disampaikan di atas, tetapi bagi anda yang ingin mendapatkan kualitas foto yang lebih baik, anda perlu menyiapkan dana lebih dan mencari lapak terpercaya yang jual kamera. Berikut hal-hal yang membuat kamera mirrorless lebih baik dibandingkan kamera smartphone:

1. Ukuran sensor foto bikin nggak galau memilih kamera smartphone vs mirrorless

Ukuran sensor foto yang lebih besar, menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik, khususnya pada saat dilakukan pengambilan foto pada objek yang bergerak dan atau pada saat kekurangan cahaya.

2. Fitur optical zoom

Fitur optical zoom mulai 3x hingga 10x, yang merupakan fitur standar di kamera digital mampu menghasilkan gambar tanpa penurunan kualitas piksel gambar. Lebih bagus lagi, saat mengambil gambar dengan optical zoom adalah dengan menggunakan tripod, sehingga bebas dari gangguan blur.

3. Konektivitas via WiFi

Pada sebagian besar kamera mirrorless sudah memiliki kemudahan konektivitas dengan smartphone. Sehingga, foto yang diambil dengan kamera mirrorless, dapat langsung dikirimkan ke smartphone melalui sambungan WiFI. Setelah dipindah ke smartphone, anda tentu dapat mengedit dan mengupload foto tersebut ke akun Instagram anda. Sebagai contoh, hasil foto di bawah ini diambil menggunakan kamera mirrorless Fujifilm X-A1 yang kemudian dipindah ke smartphone

memilih kamera smartphone vs mirrorless itu penting supaya hasil jepretan foto kamu sesuai dengan yang kamu mau
Foto liburan di Pattaya – Thailand, yang diambil menggunakan kamera mirrorless Fujifilm X-A1

4. Pilihan kamera mirrorless yang beragam.

Saat ini, kamera mirrorless tersedia pada rentang harga yang sangat baik, sehingga dapat anda miliki sesuai dengan dana yang anda miliki. Tentu saja, di dalam setiap lapak yang e-commerce yang jual kamera asli, berlaku hukum bahwa harga tidak akan bohong. Semakin tinggi harga kamera mirrorless, maka kualitas foto dan fitur yang didapatkan akan semakin baik.

Aneka pilihan jenis dan harga kamera digital di blibli.com

Keputusan pilihan kamera smartphone vs mirrorless

Penggunaan kamera smartphone atau mirrorless sama-sama baik, dikarenakan saat ini kualitas foto hasil jepretan smartphone pun sudah baik. Enaknya pakai smartphone itu adalah ringkas dan bisa langsung diedit dan diupload.

Tidak ada yang salah diantara kedua pilihan tersebut, tetapi keputusan lebih tepatnya ada di tangan anda.

About arigetas 197 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*