Warung Soto Pak Sabar Nggejigan Ponggok, Klaten – Enak dan Murah

Apa yang ada di dalam pikiran anda saat mendengar kata SOTO? Ada banyak jenis soto yang ada di Indonesia dan rasanya enak-enak banget. Kali ini saya akan menulis tentang Warung Soto Pak Sabar yang tidak hanya jualan soto, lho. Menunya enak-enak, misalnya pecel!

Menu Sarapan Pagi di Jawa tengah

Sebelum membahas menu pecel, saya ingin mengulas tentang budaya untuk sarapan pagi. Di Jawa Tengah, khususnya di sekitar area Solo, Klaten hingga Salatiga menu sarapan adalah tidak terlalu berbeda. Pembaca mungkin bertanya, kenapa saya membatasi pada area tersebut? Tak lain karena saya pernah wara-wiri di ketiga kota tersebut.

1. Sarapan Soto

Untuk soto, ada banyak yang enak dan ngangeni. Terutama di daerah Boyolali. Selain soto, ada sop ayam serta kare ayam yang hampir mirip. Nah yang di warung soto Pak Sabar ini, soto merupakan menu utama. Bahkan menjadi tagline nama warungnya. Oh iya, soto yang dihidangkan adalah soto ayam ya.

Kalau pembaca ada kesempatan ke beberapa warung soto di Boyolali, di sana ada beberapa warung soto yang populer. Warung Soto Seger Hj. Fatimah, Soto nDelik, Soto Rumput adalah tiga contohnya. Ada juga sop pak Min Klaten yang juga enak dimakan pagi-pagi. Juga ada menu kare.

Oh iya, tahukah anda … kalau Soto Seger Mbok Giyem saat ini sudah berubah menjadi Soto Hj. Fatimah?

2. Sarapan Bubur nDeso

Ada hal asyik yang penuh kenangan masa kecil bagi beberapa orang. Pagi hari sarapan bubur beras dengan sayur dan pelas (terbuat dari bubuk kedelai dan beberapa bahan lain) serta sayur tumpang itu enak banget. Oh iya, harganya pun murah yaitu saat ini masih bisa didapatkan dengan Rp2.500,00 per bungkus.

3. Sarapan Pecel

Nah ini yang ingin saya review dari Warung Soto Pak Sabar, dimana justru bukan menu soto-nya, tetapi PECEL. Sudah sejak jaman sekolah di Malang, saya hobi banget untuk sarapan pecel yang terletak di belakang Sardo Swalayan. Kebetulan, menu pecel yang hampir senada rasa dan penyajiannya, bisa saya temukan di warung Pak Sabar ini.

Sarapan pecel telur dadar di warung soto pak sabar itu enak banget rasanya
Pecel telur dadar yang enak banget

Bumbu pecel yang pekat serta rasa kacang yang kuat membuat pecel ini terasa sangat lezat di lidah saya. Sedangkan telur dadar yang tebal ini benar-benar mengamplifikasi kelezatan serta bisa kalap minta nambah nasi.

Adapun menu andalan di warung soto Pak Sabar ini cukup banyak. Selain soto dan pecel, juga ada nasi sambal belut yang enak banget. Pedas alotnya sambal belut, lebih nyuss lagi kalau dikombinasikan (lagi-lagi) dengan telur dadar.

Oh iya, untuk menu minuman. yang saya rekomendasikan adalah teh panas gula batu. Selain itu, es teh krampul (es yang mengapung) itu juga enak.

Menu di Warung Pak Sabar

Lokasi Warung Soto Pak Sabar

Untuk mudahnya, lokasi warung soto ini ada di dusun Nggejigan, desa Ponggok Kabupaten Klaten. Tepatnya ada di sebelah kiri jalan dari pemandian ponggok ke arah Delanggu. Lebih detilnya, bisa mengikuti panduan google map ini.

https://goo.gl/maps/paLET43giMeepgVQ8

Harga Makanan dan Minuman di Warung Soto Pak Sabar

Oh tentang ini, anda tidak perlu khawatir. DIJAMIN MURAH! Silakan anda buktikan sendiri, warung yang terletak di desa ini adalah warung murah, enak dan jujur.

pecel telur dadar di warung Pak Sabar Nggejigan Klaten
Awas, lapar melanda akibat lihat ini 🙂

Sengaja nih saya tidak spoiling berapa harganya, biar pembaca ke sana sendiri dan menikmati makanan nyus ini. Oh iya, anda boleh saja menikmati makanan luar negeri misalnya Thai food. Tetapi anda tidak boleh lupa untuk terus mengenal makanan lokal Indonesia yang tidak kalah lezatnya.

Kalau anda, punya makanan favorit apa nih untuk sarapan? Silakan share di kolom komentar, ya!

About arigetas 175 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

38 Comments

  1. Ya ampun, aku gak bisa nolak kalo sama pecel, apalagi ditambah peyeknya yang banyak adududu. Jadi laper nih Kak :)) Asik ya, dalam satu warung soto ada nasi pecelnya juga. Jadi pelanggan bisa banyak pilihan menu. Sayang banget sih, gak dibisikin harganya hehe 😀 *piss. Emang kudu dicobain deh kalo pas mampir 🙂

  2. masya Allah nikmatnya mam nasi pecel ini pagi-pagi. Dulu sewaktu di Nganjuk itu rasanya setiap pagi sarapan e mesti sego pecel. Kemarin ke Jogja ke Klaten itu lewat tok, nanti kudu mampir nih!

  3. Kalau pagi sukanya makan makanan yg kering aku mas..
    Kyak nasi kuning, sering banget aku.

    Pecel suka juga, tapi kalau di Jakarta ini sangat jarang sekali yang jual, mungkin yang lebih identik dengan pecel itu gado-gado ya, penyajiannya dan rasanya hampir sama.

  4. Kalau tempat makan kayak gini harganya kuyakin ramah banget sih di kantong mahasiswa, jadi bakal tetap kudatengin nanti. Penasaran sama bubur ndeso-nya sih aku, kayaknya belum pernah nyoba makan bubur kayak gitu deh. Sebagai pecinta bubur aku harus mencoba berbagai olahan bubur khas Nusantara

  5. Walah beneran nih kak langsung lapar melanda..bumbu pecel yg enak tuh langka di JKT..msh lbh enak bumbu pecel desa ..wangi bhn2nya baru ..btw bumbu pecelnya kalo dijual gelondongan mau dunk hehe ..info ya kak please

  6. Baru lihat gambarnya aja jadi ngiler, Pecel dan telur dadarnya memanjakan perut apalagi di tambah dengan minus teh panas gula tebu. rasanya mak nyus. kalo saya pulang kampung bisa mampir ke warung ini

  7. Dulu waktu saya ke Jawa, rasanya cukup aneh makan pecel pakai nasi kayak foto di atas. Soalnya di tempat saya kebanyakan pakai lontong. Tapi setelah dicoba enak juga. Terus rasa soto disana sedikit berbeda juga dengan yg di Sumatera. Semoga warung soto pak Sabar ramai terus yaa 😍

  8. sama kang, aku juga suka pecel. langgananku pecel ponorogo yang ada di daerah singosari. rekomendasi dari suami sih. pecelnya enak, banyak, dan uenak tenan. apalagi ada tempe mendoannya. hmmm… lihat pecel di review jadi pengen nyobain juga. hehe

  9. Duhhhhh kok abis baca ini jadi ngiler pingin soto. Cuma nggak bakal saya jadikan sarapan karena saya nggak terbiasa. Saya bayangkan suasana hujan dingin sejuk, makan soto pake perasan jeruk nipis, wuih nikmat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*