Neo Study: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Canggih yang Atraktif

Menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar, merupakan salah satu syarat wajib di dalam persaingan dunia global saat ini. Bahkan, sebelum bersaing di dunia kerja, di dalam dunia pendidikan pun penguasaan bahasa Inggris sering menjadi ganjalan bagi mereka yang sedang memburu beasiswa. Tidak perlu galau, karena saat ini sudah ada Neo Study si aplikasi belajar bahasa Inggris yang pas dan nyaman banget buat belajar.

Kenapa Orang Belajar Bahasa Inggris?

Terdapat cukup banyak alasan, kenapa seseorang berminat belajar bahasa Inggris. Pada jaman saya kecil, ada cukup banyak teman yang mengatakan ingin mahir bahasa Inggris dengan alasan: biar keren. Tentu alasan tersebut saat ini sudah tidak relevan lagi. Setidaknya, ada 4 alasan kuat untuk belajar bahasa Inggris:

1. Suka belajar bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa asing, memang menjadi salah satu minat terpendam sebagian orang, bahkan ketika dia tidak ada alasan khusus dalam belajar. Meski hanya digunakan dalam mencerna subtitle atau dialog di dalam film bahasa Inggris pun sudah membuatnya haus akan kosa kata alias vocabulary baru.

2. Mengejar beasiswa S1/S2/S3 ke luar negeri

Alasan kedua ini paling banyak ditemui di tengah masyarakat kita. Nyaris semua beasiswa ke luar negeri, baik untuk jenjang under hingga post graduate alias dari S1 hingga S2 dan S3. Secara umum ada 2 jenis negara yang menjadi rujukan, yaitu negara berpenutur bahasa Inggris dan negara bukan penutur bahasa Inggris.

Syarat penguasaan bahasa Inggris calon mahasiswa yang akan berkuliah di negara penutur, tentu lebih ketat. Biasanya mereka mensyaratkan skor IELTS minimal 6,5 hingga 7 terutama pada negara-negara penutur British English. Adapun untuk kuliah di Amerika Serikat (penutur American English) mensyaratkan skor TOEFL iBT 80 – 100.

Sedangkan untuk negara di benua Asia yang bukan penutur bahasa Inggris seperti Thailand misalnya, bisa mendaftar beasiswa menggunakan TOEFL ITP skor 500. Nggak rugi bukan, bisa ikut seleksi kuliah dan beasiswa di Thailand karena punya skill bahasa Inggris yang mumpuni bukan? Nanti kalau sudah lolos, baru deh mengurus persiapan kuliah di luar negeri yang tidak sedikit ini.

3. Memenangkan persaingan kerja

Ingin memenangkan tender pekerjaan kerjasama dengan perusahaan dari luar negeri? Maka menguasai bahasa Inggris merupakan persyaratan utama. Memang, banyak pejabat bisa menggunakan jasa translator. Akan tetapi, dalam rapat untuk mencapai kata “deal” tentu memerlukan diskusi tertutup dalam bahasa Inggris kan ya?

4. Menjadi global citizen

Poin ini sepertinya belum menjadi priorotas sebagian besar masyarakat Indonesia. Pada poin 1 hingga 3 di atas, adalah lebih untuk meningkatkan pengetahuan alias skill bahasa Inggris untuk kemudian kembali beraktivitas di dalam negeri.

Menjadi global citizen alias warga negara dunia, berarti kamu mempunyai kemampuan untuk mendaftar kerja dimanapun di belahan dunia. Syaratnya? Pertama punya sertifikat atau ijazah serta kemampuan akademik yang sesuai. Kedua, menguasai bahasa Inggris dengan sangat baik. Penguasaan bahasa Inggris wajib menyeluruh, mulai dari reading, listening, writing hingga speaking.

Neo Study, Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Canggih

Belajar bahasa Inggris saat ini tidak hanya dengan metode les di bimbingan belajar. Selain tidak akan cukup, karena siswa wajib belajar mandiri. Aplikasi Neo Study hadir untuk membawa kemudahan bagi kita semua dalam belajar bahasa Inggris.

Neo Study merupakan aplikasi belajar bahasa inggris yang sederhana tetapi atraktif

Fitur Try before Buy di aplikasi belajar bahasa inggris canggih Neo Study

Aplikasi Neo Study ini tersedia untuk dua platform yaitu Android dan iOS. Saya mengunduh aplikasi Neo Study pada halaman ini dan bisa mulus mendownload dan lanjut install. Untuk registrasi, memerlukan data standar yaitu email, password dan negara asal kita.

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Neo Study memiliki banyak pilihan latihan misalnya untuk speaking
Setelah memilih TRY NOW, kita dihadapkan pada enam jenis latihan

Pertama membuka aplikasi Neo Study, ternyata kita bisa mencoba fitur try before buy. (TRY NOW) Pada menu demo tersebut, saya mencoba latihan: practice speaking with neo yang ternyata masuk ke beberapa pilihan.

1. Hot Seat

Segmen HOT SEAT berarti kita sebagai penanya dari teks yang ada di bawah video. Kemudian apabila pengucapan kita betul, maka video akan diputar yang berisi dari jawaban dari pertanyaan kita tadi. Semakin bagus pengucapan kita, maka skor kita akan semakin tinggi.

2. Sentence Reading

Bagian ini adalah yang paling umum. Kita disediakan kalimat kemudian kita mengucapkan. Entah kenapa, dari dua soal tes saya mampu mendapatkan nilai +20 untuk masing-masing soal.

3. Question Practice

Pada tes ini kita diberi foto dan potongan-potongan kata. Kemudian, kita diminta mengucapkan rangkaian kata yang benar. Oh iya, lafal pengucapan yang keliru juga mengakibatkan kita bisa mendapat nilai rendah, bahkan gagal lho.

4. Sentence Repetition

Bagian ini termasuk sulit bagi saya. Kita diminta untuk mendengarkan pertanyaan yang dibacakan oleh narator, kemudian kita mengulanginya. Salah satu kesulitan adalah narator mengucapkan kalimat dengan cukup cepat. Akibatnya, agak membuat saya kesulitan menangkap kalimat tanya si narator.

5. Answering Question

Untuk bagian ini, kita dihadapkan pada beberapa gambar yang saling berdampingan, kemudian kita menyimpulkan dari beberapa pilihan yang ada di bawah gambar.

Sebagai contoh, ketika ada 2 foto (laki-laki dan perempuan) kemudian ada peta Amerika Serikat, maka jawaban paling tepat adalah: Max and Kathy come from the U.S.

6. Speech Practice

Pada segmen ini, kita dihadapkan pada kondisi seakan-akan di dalam wawancara kerja. Video akan menanyakan tentang kemampuan kita dalam bekerja. Kemudian, akan ada beberapa jawaban, dimana kita harus membacanya dengan ejaan yang benar.

Saat tidak bisa mengucapkan dengan kalimat yang benar, maka kita diminta mengulangi hingga dinilai sudah tepat.

Video Uji Coba Placement Test dan UX Aplikasi Neo Study

Beginilah saat saya mencoba placement test di aplikasi Neo Study.

Aspek Teknis Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Neo Study

Saya melakukan uji coba aplikasi Neo Study pada smartphone Xiaomi Mi A1, dengan OS Android 9 dan RAM 4 GB. Proses instalasi berjalan lancar tanpa kendala. Peletakan urutan menu hingga petunjuk di dalam aplikasi Neo Study sudah termasuk rapi dan mudah dipahami.

Di akhir placement test misalnya, kita punya opsi untuk men-share nilai tes kita lho ke media sosial πŸ™‚

Sebagai Catatan: Pada saat tes speaking, tidak dapat direkam karena aplikasi memerlukan input suara, sedangkan apps perekam layar smartphone sedang mengaksesnya. Saat saya tidak dalam proses perekaman layar, proses uji coba speaking berjalan lancar.

Aspek Standar Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Neo Study

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris melatih kemampuan berbicara kita sesuai standar native speaker
Pada bagian speaking, ternyata skor yang bisa saya dapatkan hampir selalu rendah.
Tebak sebabnya apa?

Pada gambar di atas, saya mendapat tugas untuk mengucapkan kalimat sesuai apa yang tertulis. Awalnya mudah, tetapi lama kelamaan saya mendapat nilai rendah dan bahkan dianggap gagal mengucapkan kata dengan pronunciation yang benar.

IMO, aplikasi Neo Study ini menggunakan standar penutur bahasa Inggris (Native Speaker), sehingga lidah orang Indonesia awam seperti saya, skor-nya rendah.

Aplikasi ini layak untuk dicoba bagi kalian yang memerlukan latihan bahasa Inggris di dalam genggaman (smartphone). Jadi, anda tidak perlu ragu ya!

Untuk pembaca, boleh dong di-share pengalaman unik kalian belajar bahasa Inggris? Silakan ditulis di kolom komentar ya πŸ™‚

About arigetas 220 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

42 Comments

  1. Fitur-fiturnya Neo Study ini menarik banget ya Mas, jadi seperti main game tapi sambil belajar. Layak banget untuk dicoba nih, apalagi ada fitur try before buy ya

  2. Saya sendiri sedang belajar bahasa Inggris secara otodidak. Saya merasa amat perlu dan harus atas penguasaan bahasa Inggris. Banyak tools Seo menggunakan bahasa Inggris. Kadang teman-teman blogger bisa dengan mudah mengartikannya, sedangkan saya karena tak bisa hanya melongo saja 😁

  3. Mas..menarik sekali info belajar English di aplikasi Neo Study ini.
    Kalau aku masih mau belajar lagi biar bisa ngimbangin suami dan ngajarin anak sendiri.
    Maklum bukibuk rumah tangga suka ketinggalan update-an..huhuhu
    Jadi masih mau dong aku belajar kalau caranya mudah gini.
    Cuss kepoin Neo Study aja

  4. Lama ga praktik cas cis cus, bahasa Inggris saya jadi makin tersendat. Kayaknya bagus nih buat refresh lagi dari awal sama neo ini. Biar belajar lagi kayak zama sekolah dulu.

  5. wah neo study, sudah pernah coba saya aplikasinya pas awal-awal lauching. baguuus bangeet aplikasinya ini mah. buat yang mau belajar bahasa inggris dengan serius pakai aplikasi ini recomended. Diakhir belajar dapat sertifikat juga. wah pokoknya harus coba aplikasi neo study ini.

  6. Makin bagus2 sekarang aplikasi belajar bahasa inggris. Dulu jaman saya SD belajarnya cuma pas sekolah sama pas nonton box office di tv. Heuheu

  7. Dulu aku suka bahasa inggris karena setiap hari dengerin lagu-lagu The Beatles dan ABBA dari tape rumah yang diputer ayah. Gara-gara itu aku suka belajar bahasa inggris biar bisa ikutan nyanyi. Hahahaha. Alasan receh ala anak-anak, tapi aku bersyukur banget karena seenggaknya aku bisa bahasa inggris, meskipun gak begitu aktif. Kalo anak-anak sekarang mah belajar bahasa inggris sama belajar bahasa indonesia sama wajibnya ya mas. Kasihan anak-anak kita nanti kalo gak bisa bahasa inggris, atau minimal menguasai 1-2 bahasa asing. Era mereka sama era kita dulu udah jauh berbeda. So, penting banget belajar bahasa inggris, apalagi sekarang makin asik dengan kehadiran banyak aplikasi, seperti Neo Study ini.

  8. Waah lengkap banget ulasan kak Ari, Dewi langsung semangat belajar bahasa inggris lagi *hasyeek. Selama ini seringnya pakai youtube tp rasanya enggak maksimal, kena godaan nonton yang lain, eaaaaa. Dewi seringnya pengucapan yang kawatir salah jadi enggak Pede mau ngomong…. Makasih kak insight-nya.

    • Terima kasih, mbak. Aku jadi lebih bersemangat lagi memperkaya tulisan-tulisan semacam ini kedepannya! Semoga tulisan saya bisa berguna buat para pembaca ya Mba πŸ™‚

  9. Wow! Keren. Setelah nggak bekerja kantoran lagi, rasa-rasanya kemampuan berbahasa Inggrisku terutama speaking dan listening menurun drastis. Mesti cobain belajar lagi nih pakai NEO Study. Kan biarpun bekerja dari rumah dan membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris yang wah, bisa digunakan untuk traveling atau mengajari anak-anak belajar ya di rumah. Thanks infonya, Kak …

  10. Ini cocok juga buat bungsuku yang sudah kelas 11. Sudah lama mau kursus ke tempat kursus tapi nda sempat gara-gara tugas sekolahnya. Makasih informasinya ya.

  11. wah seru banget aplikasinya mas,
    jadi pengen download deh
    andai dulu udah ada, mesti kepake buat jajal beasiswa , sekarang udah males nyoba setelah gak lulus-lulus wkwk

  12. Ini termasuk lebih komplit yaa. Sampai pronounced juga dinilai. Cocok buat ngasah kemampuan sambil latihan juga dan bisa nambah vocabulary juga ya. Aku langsung download dong yaa saking pengen nyoba juga

  13. Buat latihan membaca bagus nih.
    Aku paling lemah kalau udah soal pengucapan, suka salah ucap. Apa lagi dulu ada disuruh presentasi hasil karya di depan guru, mesti latihan terus menerus bagaimana caranya ngomong di depan kelas sambil promosiin karya dengan ngomong bahasa inggris.

    • Perlu les. Kenapa?
      Karena les itu ada feedback dari gurunya, shg latihannya terukur lebih baik. Aplikasi ini merupakan pendukung latihan mandiri saja, Kak. ☺️

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*