Mencegah Rambut Bercabang dengan Cara Cerdas dan Alami

Mencegah dan mengatasi rambut bercabang sangat penting untuk menjaga keindahan mahkota perempuan

Rambut merupakan mahkota berharga, terutama bagi kaum perempuan. Dalam rangka tampil cantik dan modis, memberikan aneka bahan kimia hingga menggunakan alat-alat salon yang menyakiti rambutnya. Sebenarnya, cara yang digunakan tersebut tidak salah. Hanya saja, seringkali kaum perempuan melakukannya secara berlebihan hingga menyebabkan rambutnya stres. Lantas, bagaimana sih cara sederhana untuk mencegah stres pada rambut? Kemudian bagaimana cara untuk mengatasi rambut bercabang?

Penyebab Rambut Stres

Stres ternyata tidak berlaku hanya pada kejiwaan manusia semata. Rambut manusia terutama perempuan, juga rentan mengalami stres sebagai akibat dari kegiatan sehari-hari saat berusaha tampil cantik.

1. Stres pada rambut karena panas

Penggunaan mesin pengering rambut (hair dryer) yang kurang tepat dapat menyebabkan rambut stres yang bisa berakhir pada perubahan fisik rambut. Gejala rambut kering dan kaku, bisa berakhir menjadi adanya ujung rambut yang bercabang.

2. Beraktivitas di bawah terik matahari tanpa penutup kepala

Hampir mirip dengan penggunaan mesing pengering rambut, panas matahari yang menerpa rambut secara langsung juga lama kelamaan akan berakibat hal yang senada. Ujung rambut lama kelamaan akan menjadi rapuh dan akhirnya bercabang.

3. Rambut terlalu panjang

Saat rambut terlalu panjang, artinya bagian ujung dari rambut mempunyai usia yang sudah tua. Seiring lamanya waktu berjalan, maka terpaan polusi, panas matahari hingga panas dari mesin pengering rambut menjadi semakin tinggi. Akibatnya adalah sama dengan kedua penyebab di atas, yaitu rambut menjadi rawan bercabang.

Solusi Mencegah Rambut Bercabang

1. Atur jadwal gunting rambut berkala

Rutin menggunting ujung rambut, merupakan salah satu cara cepat yang bisa digunakan dalam mengatasi rambut bercabang. Akan tetapi, ini tidak akan menyelesaikan penyebab masalahnya dan hanya sebagai solusi jangka pendek.

Adapun solusi jangka menengah dalam merawat rambut dari kemungkinan rambut bercabang, adalah rutin memotongnya setiap 1 bulan sekali. Selain memotong ujung rambut, langkah ini juga efektif untuk merapikan rambut secara keseluruhan.

2. Hindari terlalu sering mencatok rambut

Salah satu bentuk rambut yang dianggap menarik, adalah rambut yang lurus dan rapi. Bagi anda yang mempunyai rambut bergelombang bahkan keriting, ini merupakan tantangan yang cukup beresiko buruk bagi kesehatan rambut anda.

Saat menggunakan catok rambut dalam rangka meluruskan rambut bergelombang, anda memberikan paparan suhu tinggi pada rambut agar menjadi lurus. Akibatnya, rambut bisa kehilangan kelembaban alami rambut hingga bisa menjadi sangat kering dan akhirnya bercabang. Untuk mencegah rambut bercabang, maka tidak disarankan mencatok rambut tiap hari.

Selain itu, jangan lupa selalu gunakan suhu yang tidak terlalu tinggi ya saat mencatok rambut …

Oh iya, saat melakukan proses catok rambut ini, anda telah merusak tekstur juga sifat asli dari rambut anda. Maka tidak heran, rambut anda bisa menjadi mudah patah saat disisir atau bahkan saat direnggut perlahan dengan tangan.

3. Jangan sering mewarnai rambut

Proses mewarnai rambut, juga tidak kalah bahayanya dalam memberikan stres kepada rambut. Paparan bahan kimia yang sifatnya keras ini tidak hanya berbahaya karena rambut bisa menjadi rusak sifat alaminya. Lebih jauh, cairan kimia cat rambut ini sangat berbahaya apabila dihirup, terutama oleh ibu hamil.

Selain efek negatif yang telah disampaikan, sifat bahan kimia penyusun cat rambut ini kadang sangat keras untuk kulit manusia. Terkadang, pada kulit yang terlalu sensitif, bisa terasa gatal, panas hingga warnanya memerah sebagai salah satu tubuh yang alergi.

Untuk itu, saat mewarnai rambut, selain wajib memakai masker, petugas salon sangat disarankan untuk memakai kacamata pelindung dari percikan bahan kimia cat rambut yang sedang digunakan.

4. Jaga rambut dari terpaan matahari langsung

Cara mencegah rambut bercabang akibat terpaan matahari yang berlangsung terus menerus ini sangat mudah. Anda bisa menggunakan topi yang lebar, payung atau menggunakan jilbab dengan warna cerah. Fungsi warna cerah ini adalah untuk memantulkan cahaya matahari lebih baik, sehingga kain jilbab tidak menyimpan panas yang terlalu tinggi

5. Mencegah rambut bercabang dengan merawat rambut menggunakan bahan alami

Rutin merawat rambut dengan bahan alami maupun vitamin rambut, adalah sangat dianjurkan. Anda juga bisa memakai masker rambut atau menggunakan sampo dan kondisioner yg sesuai, seperti TRESemmé Total Salon Repair.

TRESemmé Total Salon Repair merupakan solusi cerdas dalam mengatasi rambut bercabang

TRESemmé Total Salon Repair ini memiliki kandungan bahan alami yang sangat efektif dalam membantu mengembalikan kesehatan rambut secara optimal. Salah satu kandungannya adalah minya dari biji makadamia alias Macadamia oil yang tidak hanya kaya akan antioksidan, juga mengandung nutrisi rambut yang sangat dibutuhkan oleh rambut anda.

Kalau anda, punya cerita apa dalam mencegah rambut bercabang anda?

About arigetas 175 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*