Waktu Terbaik Mengunjungi Bandung itu Kapan, sih?

waktu terbaik mengunjungi bandung adalah ke gedung sate saat kemarau

Bandung, ibu kota propinsi Jawa Barat, terhampar di lembah sungai yang dikelilingi oleh gunung berapi. Kota yang terkenal cantik ini dan sekitarnya dikenal dengan iklim pegunungannya yang sejuk dan berhektar-hektar perkebunan teh. Lantas, kira-kira kapan ya waktu terbaik mengunjungi Bandung itu?

Bandung di Masa Dahulu

Belanda membangun perkebunan teh itu pada abad 18. Mereka juga membuat jalan yang menghubungkan area perkebunan dengan ibu kota kolonial Batavia.

Bandung pun perlahan berkembang menjadi kota peristirahatan bagi pemilik perkebunan dan penjajah Belanda yang kaya. Hotel, kafe, restoran, dan butik bergaya Eropa dibuka, sehingga Bandung mendapat julukan Parijs van Java (Paris of Java).

Julukan itu masih disandang kota Bandung hingga saat ini. Karena perkembangan jaman, julukan itu mungkin terasa tidak relevan. Tapi berjalan-jalanlah ke Jalan Braga maka kamu akan memahami dan memaklumi mengapa Bandung disebut Parijs van Java.

Bandung kini berkembang menjadi salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di Pulau Jawa. Kota ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal dan turis manca negara, mereka berduyun-duyun ke kota ini untuk menikmati iklimnya yang sejuk.

Kapankah Waktu Terbaik Mengunjungi Bandung?

Indonesia seperti halnya negara di Asia Tenggara lainnya, hanya memiliki dua musim yaitu kemarau dan penghujan. Musim kemarau biasanya berlangsung dari sekitar bulan Juni hingga September dan ini adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Bandung.

Kalau mengunjungi kota Bandung saat musim hujan bagaimana?

berwisata ke Bandung saat musim hujan, kurang disarankan. Tak lain karena sebagian besar wisata kota Bandung berada di luar ruangan. Selain itu hujan lebat sering hingga mengakibatkan banjir. Kecuali kamu tidak keberatan menikmati Bandung di musim basah dengan banyak berada di dalam ruangan.

Berwisata ke Bandung di saat musim kemarau memungkinkanmu menikmati hari-hari yang cerah. Soal panas tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena iklim Bandung lebih sejuk daripada banyak daerah lain di Jawa.

Mungkin itu kenapa Bandung menjadi salah satu tujuan favorit warga Jakarta untuk berakhir pekan. Melepas stress dan menikmati kesejukan yang susah didapat di kota Jakarta yang panas.

Rencanakan perjalananmu berwisata ke kota Bandung jauh-jauh hari, karena ada banyak sekali objek yang harus kamu pilih untuk dikunjungi dalam waktu 2-3 hari liburan.

Pada musim hujan kabarnya banyak destinasi wisata di sekitar Bandung yang ditutup dengan alasan keamanan. Tempat wisata seperti Kawah Putih, Tangkuban Perahu, dan Dusun Bambu adalah outdoor sehingga mengunjunginya di musim hujan tidaklah ideal.

Namun bukan berarti Bandung di musim hujan tidak asyik. Masih banyak yang bisa kamu lakukan di Bandung seperti berwisata kuliner, dan belanja di factory outlet yang banyak terdapat di Bandung.

Menjelajah Bandung kurang lengkap tanpa transportasi yang nyaman. Untuk kamu yang serius dengan kenyamanan disarankan menggunakan jasa rental mobil. Perusahaan rental mobil Bandung yang terpercaya salah satunya adalah Dirgantara Car Rental, yang telah beroperasi selama 30 tahun dengan reputasi yang baik.

Jadi, kapan kamu mau ke Bandung gaes?

About arigetas 196 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

6 Comments

  1. nah ini kalo ngomongin Bandung aku suka bingung, karena kotanya menyenangkan menurutku,sepertinya aku akan menghindari juga kalo traveling di musim hujan, apalagi wisata di Bandung kebanyakan nuansa alam. Kalau hujan jadi kuran maksimal explorenya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*