Cara Memilih Kado Pernikahan yang Tepat Guna

cara memilih kado pernikahan antara barang dan uang

Saat ada undangan pernikahan mampir ke meja kerja saya, hal yang langsung muncul di pikiran adalah “Wah, nyumbang apa dan berapa, ya?” sambil menimbang-nimbang. Kebetulan, kami (saya dan istri) memiliki cara memilih kado pernikahan yang bisa dibilang rada ribet, tetapi tujuannya ada dua. Kado pernikahan haruslah personal dan tepat sasaran.

Cara Memilih Kado Pernikahan itu Sederhana

Sebagai kaum laki-laki, saya memang menyukai hal-hal yang cenderung praktis. Teman-teman yang laki-laki biasanya main pukul rata, dengan menyumbang sejumlah uang saja maka sudah beres.

Agak berbeda, saya (dan tentu saja istri saya), punya pertimbangan khusus dalam memilih kado pernikahan, apakah uang ataukah barang yang lebih tepat. Tak lain tak bukan, karena kami kan juga perlu sepakat dalam mengatur pengeluaran keuangan keluarga kami.

Oleh karena itu, dalam memilih kado, hampir selalu saya berdiskusi dengan istri, untuk mempertimbangkan asas manfaat yang timbul dari pemilihan kado tersebut.

1. Alasan memberi kado uang

Kado pernikahan berupa uang, menurut kami paling tepat diberikan kepada:

  • Pengantin yang ekonominya lemah.
    Kami hampir selalu memutuskan memberi kado berupa uang, apabila pihak yang mengundang adalah pengantin yang ekonominya berada di bawah kami agak jauh. Pertimbangannya, uang sumbangan kami bisa digunakan untuk membantu mereka membayar biaya pernikahan, sekaligus bisa digunakan untuk keperluan lainnya, misalnya mengontrak rumah setelah menikah.
  • Pengantin yang orang tuanya termasuk ekonomi lemah.
    Hampir mirip dengan poin sebelumnya, terkadang yang mengundang kami adalah rekan kerja kantor saya yang menikahkan anaknya dan kebetulan jabatan beliau ada di bawah saya.

Semakin jauh kemampuan ekonomi sang pengundang pernikahan di bawah kami, semakin besar nominal uang yang kami sumbangkan.

arigetas.com

2. Alasan memberi kado barang

Kami memilih memberi kado pernikahan berupa barang, karena dua alasan utama:

  1. Pengantin adalah sahabat.
    Ketika seorang sahabat menikah, bagi kami tentu lebih tepat apabila memberinya kado barang. Lebih personal serta memorable adalah alasan kami.
  2. Pengantin / pengundang adalah orang yang lebih mampu daripada saya.
    Saya pernah diundang oleh salah satu petinggi kantor pusat, yang diadakannya di salah satu gedung kompleks Taman Mini Indonesia Indah, yang biaya sewa per 2 jam acara adalah hampir 100 juta rupiah. Belum lagi, konsumsinya berupa menu prasmanan dan ada 30 gerai makanan dan minuman. Kalau sudah seperti ini, menyumbang uang sepertinya tidak akan berpengaruh banyak. Akan tetapi, menjadi personal saat kita memberikan kado berupa barang.

Dalam memberikan kado barang, menurut kami ada beberapa jenis yang cocok diberikan kepada pengantin:

  • Seprai atau bed cover
    Hadiah berupa seprai atau bed cover sangat berguna tidak hanya untuk si pengantin itu sendiri. Pengalaman kami yang menikah tahun 2010, ternyata kado seprai kami masih ada lho dan sangat fungsional. Selain dipakai sendiri, seprai hasil kado yang misalnya berjumlah sangat banyak tersebut bisa juga kita gunakan untuk kado pernikahan juga.
  • Ilustrasi foto kenangan pengantin
    Hadiah ini paling pas apabila kita bersahabat dekat dengan kedua mempelai dan mengetahui foto momen apa yang paling pas untuk digambar (ilustrasi) dan dipigura.
  • Kain tradisional
    Misalnya saat diundang ke pernikahan teman seorang dokter yang menikah dengan dokter dimana keduanya sudah mapan penghidupannya. Kalau menyumbang uang pun, kami tidak sanggup banyak-banyak, ya mending ngasih hadiah barang, misalnya kain tradisional seperti batik atau lurik. Kain tersebut bisa dijahit jadi sepasang baju (Sarimbit kalau di Jawa) oleh pasangan pengantin tersebut.

Suatu ketika kita berjumpa dengan pasangan pengantin tadi, sedang mengenakan sepasang baju dari kain yang kita hadiahkan, pasti rasanya sangat nyess dan senang bukan?

Kalau menurut anda, hadiah pernikahan apa sih yang paling pas?

About arigetas 196 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

48 Comments

  1. Kalau saya biasanya kasih kado uang saja, karena susah milih kado barang. Biarlah uangnya dipakai sama yang nikah buat beli barang.

  2. Ih, kok saran kadonya pas banget sama yang aq dapat. Jadi aq dapatnya tu batik. Bukan kain sih tapi baju. Batik sarimbit gitu. Terus kita pake honeymoon. Punya suami sampai bulukan karena dipakai terus. Punya aq masih bagus sih.

  3. kalau sahabat aku beneran aku tanya loh, mas. salah satu sahabatku minta dibuatin gorden untuk rumah yang akan ditempatinya bersama suami. ukuran dan warna aku minta dia yang pilih. terus teman yang lain hanya minta saya datang pas dia nikah. maklum, kami nggak tinggal se kota. dan saat itu saya habis lahiran, juga. jadi terharu banget dia pas tahu aku datang, nggak bawa kado tapi bawa anak, haha

  4. Saya tim yang praktis. Amplop saja. Ga ribet cari kado, krn takut malah merasa sayang kalau diikadokan. WKwkwk…
    Mungkin krn saya terlalu serius dalam memilih dan selalu mengandalkan “cinta pada pandangan pertama”.
    Jadi kadang kalau pilih barang dan melihat satu yang kayaknya sangat bagus, ga minat ke yang lainnya.
    Bagus juga kalau dianimasikan.

  5. Sependapat say dengan mas, saya juga kalau mau ngasih kado tidak saja saat pesta pernikahan, lihat-lihat dulu orangnya, kan sayang kalau tidak bermanfaat jadi sia-sia, lagi pula cari uang jaman sekarang gak gamping juga

  6. betul tuh..ilustrasi buat yang sahabatu yang narsis biasanya. tambahan mas ari biasanya kalau 1 geng atau 1 almamater kita ada patungan kado, trus ditanya mau kado apa, itu lebih tepat guna. pas kmrn pun aku dpt kulkas hadiah nikahan haha

  7. Kalau teman rada dekat biasa saya kado baju tidur set plus underwear. Kalau teman rada jauh handuk/Gamis atau baju couple. Hahaha saya mah apa yang ada ditoko sendiri maunya yang memorable tapi nggak memberatkan diri sendiri

  8. Kalau yg kenal dekat sy pasti kasih kado barang kalau yg kenal biasa saja sy ksh uang..btw kado barang yg sering sy kasih ke orang yg kenal agak unik lho kak..sy suka kasih sendal jepit 2 pasang karena pengantin baru pasti butuh pake sendal jepit ini ke kamar mandi ato klo mrka honeymoon buat jln2 ini serius deh dan mereka bnyk yg ngucapin terima kasih karena kepake banget ..sampe pas talinya putus malah ada yg dibingkai .. ngalahin bingkai seserahan lho wkwkwk..

  9. Saya sih bisanya uang, tidak pernah mengasih kado kadang sebagai singleman terkadang suka repot sendiri kalau membeli kado nikah

  10. Kado pernikahan seprei, kain emang masih ada ya kak yang kadoin seperti itu, kalau sekarang ricecooker,kompor, alat2 dapur tapi ga penggorengan dan panci ya wkwk.

  11. Memang kalau sedulur atau konco2 enaknya ngasih kenang2an ya, kl uang takut malah gak bs mbales hihi. Sahabat saya dulu ngasih amplop 500k di zaman baheula lohh,, trus pas dia nikah sy gak mau kalah dong, inisiatif galang dana sejumlah orang, trus kita ngadoin kulkas, ahaha

  12. Banyak banget kalau cewe ngadonya macam-macam mulai dari yang lucu-lucu dan bikin ketawa sampai kado yang serius macem blender, kompor gas dan lain-lain. Kadang kami klo anggota gank yang nikah biasanya ditanya langsung dulu ke calon pengantin mau kado apa. Biar bermanfaat.

  13. Setuju mas, kl sodara or kawan jauh kasi duit, kl dekat kasi kado. Kl dekat dan ekonomi lemah, kasi duit + kado. Tp adakalanya saya jua lg lemah haha..
    Saya biasanya kasi kado sprei or handuk couple, tp ada yg request juga loh, biasanya sodara or kawan dekat, dia maunya kompor gas, hadeh haha

  14. Kalau saya yang jadi pengantinnya sih tetap uang penginnya…kwkw. Maka saya juga selalu kasih uang. Karena dengan uang bebas yang punya hajat atau pengantin yang bersangkutan mau beli apa. Siapa tahu bisa untuk DP rumah kan?

  15. biasanya kalau aku nggak sempet datang ke acara kondangan, nitipin amplopan ke temen, kecuali temen ternyta ngga bisa datang baru kita beliin barang, seperti perkakas rumah tangga yang simple simple buat pengantin baru

  16. Kado pernikahan favoritku biasanya peralatan rumah tangga
    Semacam rice cooker, mixer, blender dan sejenisnya
    Kadang juga ngasi satu set bed cover atau sepasang kain ethnic
    Pokoknya sesuatu yang kira-kira berguna untuk pengantin baru

  17. Lihat dulu siapa pengantinnya, kalo cukup dekat misal sahabat, biasanya kasih kado barang. Lainnya kasih uang. Tapi kadang di undangan sekarang ditulisin nggak terima kado berupa barang 😀

1 Trackback / Pingback

  1. Menikah dengan dokter? Mengapa dokter memilih pasangan dokter?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*