Cara Blogwalking Efektif Efisien ala arigetas.com

cara blogwalking efektif efisien dengan meninggalkan komentar sesuai isi artikel postingan blog

Salah satu cara mendatangkan traffic kunjungan blog adalah dengan melakukan blogwalking secara teratur. Selain itu, ada banyak manfaat blogwaking yang seringkali tidak kita sadari, lho. Lantas, bagaimana sih cara blogwalking efektif efisien yang aku terapkan selama ini? Mudah!

A. Apa Itu Cara Blogwalking Efektif Efisien?

Mari kita telaah arti harafiah dari tiga kata: blogwalking, efektif dan efisien:

  • Blogwalking adalah mengunjungi blog lain, membaca artikelnya dan kemudian berinteraksi dengan cara meninggalkan komentar yang sesuai dengan apa yang dimaksud.
  • Efektif menurut KBBI adalah dapat membawa hasil, berhasil guna yang terkait dengan usaha atau tindakan yang kita lakukan.
  • Efisien menurut KBBI adalah melakukan sesuatu dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga dan biaya (yang tidak perlu).

Agar dapat melakukan blogwalking secara efektif dan efisien, maka kita harus menyiapkan beberapa hal terkait strategi blogwalking. Hal yang aku perlukan dan lakukan adalah:

1. Koneksi internet handal

Kecepatan internet berapa sih yang diperlukan untuk blogwalking? Tidak perlu muluk kok. Kecepatan internet 500 Kbps atau setengah Mbps pun sudah sangat nyaman untuk melakukan blogwalking.

Masalah koneksi internet ini, bagi saya merupakan syarat utama yang menentukan efektif dan efisiennya kegiatan blogwalking. Terdapat dua jenis koneksi internet yang biasanya aku gunakan:

  • WIFI fiber optic dengan kecepatan 10 Mbps yang aku gunakan di rumah yang nyaris tanpa gangguan, merupakan jaminan bagi kelancaran blogwalking.
  • Paket data seluler dari operator andalan “bapak-bapak” yang saya yakin anda semua sudah tahu. Untuk harga paket data memang tergolong mahal yaitu sekitar 80 hingga 100 ribu rupiah untuk 10-an GB data per bulan. Akan tetapi, koneksi lewat HP ini pun juga jarang aku gunakan, karena kalau di rumah dan di kantor kan HP konek ke WIFI.

Koneksi internet adalah senjata utama blogger yang tidak bisa ditawar. Apa guna pake iPhone 11 atau laptop ROG kalau koneksi internet putus melulu?

~arigetas, 2020

2. Hardware yang memadai

Ada 3 jenis gadget yang bisa digunakan untuk blogwalking, yaitu PC/laptop, tablet dan handphone (HP). Aku pribadi merasakan blogwalking tuh lebih nyaman menggunakan laptop, karena area pandangan lebih luas dan leluasa membuka tab link artkel sebanyak mungkin.

Kebetulan, laptop yang aku pakai ini kelas menengah dengan processor Ryzen 3 dan RAM 8GB, sehingga membuka tab browser Chrome hingga 15 tab tetap lancar jaya.

Kalau RAM laptop yang kamu gunakan hanya 4GB, menggunakan OS Windows 10 dan browser Chrome, aku sarankan paling banyak membuka 5 tab saja. Lebih dari itu maka laptop kamu bisa menjadi lambat hingga sangat lambat, tergantung processor yang kamu gunakan.

Ingat, browser Chrome itu sangat rakus RAM komputer kamu.

3. Alokasikan waktu yang tegas

Agar bisa menyelesaikan blogwalking, kita harus mengalokasikan waktu dengan spesifik. Misalnya nih, kita setting waktu 1 jam setiap hari selasa untuk menyelesaikan blogwalking ke 10 blog, maka harus stick to the plan.

Cara lain alokasi waktu blogwalking untuk kita yang bergabung ke grup blogwaking adalah tegas selesaikan tugas sebelum waktu deadline. Misalnya deadline blogwalking adalah hari Senin jam 12 siang, maka sebelum jam tersebut kita harus sudah menyelesaikan semua jatah link yang harus dikunjungi.

Kalau tidak bisa selesai blogwalking sesuai jadwal, ya kita musti terima resikonya. Mulai dari ngga bisa drop link lagi, hingga di-kick dari grup.

Hei arigetas, selesaikan PR blogwalkingmu! Di-kick admin lhoh.

4. Strategi blogwalking efektif dan efisien

Strategi yang aku gunakan saat melakukan blogwalking di grup blogwalking yang aku ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Copy link yang akan dikunjungi di chat WhatsApp pribadimu.
  2. Buka daftar link tersebut di WhatsApp web, pada tab Chrome paling kiri.
  3. Klik tengah atau klik kanan dan pilih “open link in new tab” pada urutan link nomor 1 hingga 5.
  4. Selesaikan blogwalking, per satu link selesai segera close hingga kelima link tadi habis.
  5. Kembali ke jendela WA web, buka dengan cara ke-3 diatas untuk link nomor 6 hingga 10.
  6. Ulangi cara diatas hingga semua link yang akan dikunjungi selesai.

5. Cara efektif baca artikel blog teman

Seringkali, membaca cepat (skimming) merupakan langkah yang digunakan oleh banyak blogger saat blogwalking. Cara ini tidaklah salah, asalkan tetap memenuhi kaidah dasar. Cara membaca cepat yang aku lakukan adalah:

  1. Baca dan pahami judul artikel.
  2. Baca paragraf awal.
  3. Baca sub-heading (H2, H3 hingga H4) artikel. Biasanya ada di daftar isi (kalau pakai daftar isi).
  4. Lihat, baca dan pahami gambar yang ada di artikel.
  5. Baca dan pahami listicle alias poin-poin (kalau ada).
  6. Baca paragraf terakhir.
  7. Selesai, maka kamu siap untuk menuliskan komentar.

6. Asertif saat berkomentar itu PENTING

Mengunjungi blog teman, membaca hingga berkomentar secara online merupakan cara interaksi ke sesama manusia. Untuk itu, sangat penting bersikap asertif ketika meninggalkan komen. Ingat ya, jangan berkomentar dengan tone menyerang.

Lantas, saat kita membaca ada komentar teman yang menyebalkan di artikel kita, harus bagaimana dong?

Tetap santai dan dibawa bercanda saja, saat ada teman yang berkomentar “nggak enak” ke kita. Anggap itu asam manis nano-nano cerita karir blogger kita.

~arigetas, 2020.

Kalau ada postingan teman yang tidak kita pahami, tetapi ingin meninggalkan komentar, harus bagaimana dong?

Berdasarkan apa yang aku alami nih ya. Misalnya teman update artikel tentang lipstick, yang tentu saja aku buta tentang hal tersebut. Biasanya, aku menulis komentar bahwa aku nggak paham, tetapi aku akan bahas perihal lipstick tersebut kepada istriku. Jangan salah, aku beneran nanya ke istriku lho!

B. Hambatan Saat Penerapan Blogwalking Efektif Efisien

Cara blogwalking yang efektif dan efisien yang selama ini aku alami, mendapat hambatan yang berarti saat blog yang dikunjungi adalah:

  1. Blog yang error.
    Error blog yang dikunjungi biasanya ada dua jenis. Pertama, error 502 dan 504 yang berarti terdapat gangguan di server penyedia hosting blog. Kedua adalah error 404 yang berarti link atau blog yang kita kunjungi rusak atau hilang dari jangkauan internet. Tidak bisa diaksesnya link berarti kita membuang waktu (dan kuota).
  2. Layout blog yang ribet.
    Tampilan blog yang bikin aku malas buat mengunjungi ada beberapa. Pertama adalah artikel yang dipotong hingga 3 atau lebih bagian, sehingga perlu minimal 3 klik untuk bisa membaca keseluruhan artikel. Kedua adanya iklan yang menutup banyak lokasi artikel. Iklan ini bisa diatasi dengan memasang Ad-Block, tetapi ada blog yang mewajibkan kita untuk menonaktifkan Ad-Block saat blogwalking. Ketiga adalah blog yang mewajibkan kita mengisi captcha yang ribet hanya untuk meninggalkan komentar.

Saling blogwalking adalah cara kita bagaimana menjamu dan dijamu teman. Keduanya tentu harus membuat saling nyaman.

~arigetas, 2020.

Wah, kalian membaca sampai akhir. Terima kasih!

Kalau kalian, ada kisah blogwalking yang unik apa nih? Ayo jangan sungkan tulis di kolom komentar, ya!

About arigetas 234 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

126 Comments

  1. Tipsnya mau kutiru mas. Secara kapan hari salah copy link list BW grup, sdh BW di 27 artikel. Trnyata salah copy huhu… Akhirnya kena strap dehh krn ngulang lg.

  2. Enak tulisannya mas😊
    Aku pribadi bw pakai hp sih dan nyicil hehe
    Kalau telat bw biasanya sedang ke luar kota atu fokus pada suatu pekerjaan. Dan enaknya saling BW itu… Nambah pengetahuan

  3. Skimming, added ke kamus kepala. Sekarang jadi tahu alasan orang-orang bw bisa cepet banget selesai, ternyata pakai teknik membaca cepat gitu toh. Pantes saya bisa berhari-hari menyelesaikan tugas bw, maksimal 1 jam cuma dapat 3/4 artikel. Saya nggak tega dan sungkan kalau harus membaca cepat, walau penulisnya ga akan tau juga. Meski kadang dapet tulisan yang gaya bahasanya kurang sreg, ataupun saya nggak paham. Saya selalu belajar menuntaskan tulisan setiap artikel yg saya baca. Takut salah tafsir juga kalau cuma setengah”. Terdengar idealis bgt ya untuk skrg? Mungkin karena saya masi jomblo jadi masih banyak waktu luang hahaha Tapi menurut saya menggunakan teknik skimming juga tidak masalah kok, apalagi untuk bu-ibu yang bekerja sekaligus mengurus anak di rumah. Seperti yang dituliskan mas Ari ini, jadi bisa lebih efisien dan efektif

  4. Saya juga suka BW pake lappy ajahh, efektif n efisien bs BW sekali banyakk. Btw, Mas Ari paling bisa ya,, mengangkat isu ttg kebiasaan para bloger pas BW haha, nice share

  5. Aku juga pakai tips alokasi waktu itu. Meskipun kadang nggabisa sejam full. Hehee. Jadinya nyicil deh. Tapi sukanya BW tuh selalu ada pengetahuan baru. Kayak gini nih contohnya. Thanks for sharing mas.

  6. Kalo aku lebih nyaman bw via pc atau laptop.. Karena lebih mudah melakukan multitasking sekaligus buka banyak tab.. Mengetikpun juga lebih fleksibel pakai keyboard di laptop ketimbang keyboard di hp…

    • Sepanjang yang aku alami, ngga ada batasan jumlah BW setiap harinya. Yang akan dianggap spam itu kalau kita menaruh link hidup di dalam komentar. Atau, kita menaruh komentar yang sama persis di banyak blog yang dikunjungi.

  7. Wah ada triknya ternyata…
    Sering bertanya-tanya, rang-orang pada cepet kalao bw itu sebenernya dibaca nggak sih wei… hahaha
    Koneksi internet stabil ternyata penting banget… karena pengalaman pribadi dan temen-temen, koneksi nggak stabil nggak bisa komen…

  8. wah setuju ms, saya juga baru beberapa bulan ikut BW efeknya luar biasa termasuk bisa memberikan impact di salah satu artikel hingga bisa pageone. Tapigak tahu juga krn BW atau memg byk dicari artikelnya, padahal sebelumnya hanya bisa di rank 5-10 aja. he

  9. Mantap nih tipsnya buat aku yang sering ikut BW. Aku lebih senang bw pakai laptop, soalnya bisa buka tab banyak trus juga lancar. Baca dan nulis komentar juga lebih mudah.

  10. Makasih tips-tipsnya, berhubung saya blogwalking pakaibhape jadi tips di atas belum bisa dilakukan sepenuhnya, tapi tidak menyurutkan semangat bw kok, alhamdulillah sejauh ini masih aktif bw

  11. Woooaah, semua yang ditulis di artikel ini realiti blogger banget, hampir semua sudah saya lakukan tapi klo blogwalking aku lebih suka pake komputer PC/Laptop sih dibanding handphone (kecuali kepepet aja), berusaha juga gak ngutang pasti kepikiran sampe ga bisa tidur hehehe.

  12. Aku blogwalking sering sih, tapi di h, sambil tidur-tiduran. Capek kalo sambil duduk terus buka laptop hehe kan banyak yg mau dibaca.

  13. Kalau aku suka buka lewat laptop sih kak, lihat gambarnya dulu sekalian quick reading dan terakhir baca komentar dari orang orang yang sudah meninggalkan jejak. Waktunya membuat kesimpulan hahahaha
    Mudah bukan ?

  14. Kalau aku suka buka lewat laptop sih kak, lihat gambarnya dulu sekalian quick reading dan terakhir baca komentar dari orang orang yang sudah meninggalkan jejak. Waktunya membuat kesimpulan hahahaha

  15. Hardware yang memadai ini masih menjadi PR buat saya nih. Tapi saya mensiasatinya dengan alokasi waktu yang tegas. Sebab, jika udah ikutan ngelist di grup BW, itu serasa punya hutang kalau belum selesai.
    Btw, jaringan internet itu kalau ga lancar, mampu membuat ‘tanduk’ keluar saat BW, hehehe.

  16. Kalau BW lebih enak pakai laptop sih. kalau BW di laptop langsung buka bbrp tab blog sekaligus. BW pakai ponsel kadang2 aja, kalau kepepet atau kalau sambil aktifitas lain. Misal nemenin anak main/nidurin anak kadang curi2 waktu buat BW. Bisa dapat satu atau dua blog kan lumayan jg.

  17. Aku agak gemas kalau Bewe eh blognya berat banget. Terus gak bisa ngopi komentar yang uda kita tulis. Kan buat jaga-jaga kalau eror dan lainnya. Kalau mau Bewe, kudu niat banget. Paling gak sekali waktu itu 5 blog

  18. Saya kalau blogwalking mesti pakai komputer. Soalnya kalo pake ponsel suka gak leluasa waktu ngisi form komentarnya. Apalagi kalau punya list BW, pasti dijejer dulu 25-30 tab buat dibaca yang paling menarik hehe

  19. Blogwalking yang efektif dan efisien ada caranya ya? Selama ini saya blogwalking sesuka hati, lihat-lihat sikonnya apa saya punya waktu atau tidak untuk kunjungan balik. Kalo sudah narok link kan wajib diselesaikan kunjungan baliknya iya kan?

  20. Kurang lebih saya juga melakukan hal yang sama seperti di atas saat blog walking. Emang paling enak bw dari laptop. Tapi riweh, dan harus duduk. Kalau di hp kan enak sambil rebahan, hehehe.

  21. Lengkap bngt y ulasan dan ini semoga membuka pikiran kita n kawan2 untuk be lebih efektif n efisien

  22. Lengkap bngt y ulasan dan ini semoga membuka pikiran kita n kawan2 untuk be lebih efektif n efisien

  23. Lengkap bngt y ulasan dan ini semoga membuka pikiran kita n kawan2 untuk be lebih efektif n efisien

  24. Paling malesin itu kalau ada komentar yang menanyakan sesuatu padahal jawabannya udah jelas-jelas tertulis di blogpost itu. Ketahuan banget kan nggak bacanya :p

  25. Aku lebih suka di laptop juga sih. Kadang bagi 3, 8-8-9/hari, kalau 25an, berarti 3 hari beres. Baru mau nyoba di timer nih, berapa sih rata-rata waktu u be-we. Kan dibahas di grup yg telat nyaris sebulan itu gimana?

  26. Saya juga kurang sreg sama blog yang iklannya di mana-mana, paling sebelnya lagi kalau pas asyik membaca eh tiba-tiba dijeda oleh promosi

  27. Pernah pas blogwalking jadi salah fokus sama komentar diatasnya. Sepertinya beliau tidak baca artikel keseluruhan cuman baca judul aja. Jadi judulnya tentang tips solo traveling tapi yang blogwalking komen bahwa dia juga pernah pergi ke Solo.

  28. Bener banget kak. Jika kita ga luangkan atau jadwalkan maka semua akan terlewatkan begitu saja dan ngeblog hanya menjadi cita cita terus hahaha

  29. Tapi mas, Bukannya kalau baca cepet-cepet itu bikin bounce rate blog temen jadi gendut yak.. kebanyakan temen mungkin kayak gitu kalau liat artikel panjang hahahaa… Saya berusaha buat baca dengan seksama biar nggak asal komen hehe

  30. Saya juga lebih nyaman BW pakai laptop. Klo di kantor bisa pakai wifi, biasanya pagi pas baru datang, BW ke 5 blog, ntar sore sebelum pulang, BW lagi ke 5 blog. Tapi sekarang lagi WFH, jadi waktu BW menyesuaikan dengan waktu tidur si kecil dan mesti pakai paket data seluler

  31. sekarang agak susah komenin blog kalo dari hape, kadang masuk kadang engga, jadi milih dari laptop. nah kalo pergi pergi kan nggak pernah bawa laptop, jadi jarang kasih komen, dicoba kasih komen dulu, kalo gagal balik lagi besoknya pakai laptop

    sama nemuin blog warna dasar kuning, tulisan putih, mataku auto xxxxx, pusing juga eike hahaha

  32. Biasanya aku baca bw saat berangkat atau pulang kerja itu juga kalau dapat duduk maklum pengguna busway wkwk, wah berarti lipstik sama sabun nanya sama istri beneran dong kak,kirain dicoba gitu pinjem kawan atau beli hahaha.

  33. Kadang yuni suka malu-malu mau ikutan blogwalking gitu.

    Malu karena tulisannya kadang nggak banget. Unfaedah juga.

    Tapi ya mau. Siapa juga yang nggak mengundang traffic.

    Anyway, Yuni kalau blogwalking sih sukanya yang tepat waktu. Tegas ngatur waktu berapa lama menyelesaikan blogwalking.

    Gitu sih. Hehehe

  34. Alokasi waktu yang tegas itu menjadi pegangan saya sampai hari ini. Saya sangat jarang tidak menyelesaikan BW sesuai jadwal. Kalo gak ada kendala benar-benar urgent, biasanya saya tetap menyelesaikan tepat waktu. Itu juga melatih kita disiplin.

  35. Saya termasuk yg welcome kl di comment negatif. Saya sendiri kadang comment apa adanya. Pengalaman kl comment postingan review atau iklan, jd saya pernah comment dan di delete sama ybs karena commentnya ga support product huhu

  36. lebih suka bw pake hp lebih cepet dan ringkes trus klo aku lbh seneng bw artikel lomba krna lbh cepet krna aku bikin varian komen 2-3 koment di notepad trus tak copas selang seling untuk lomba dng tema yg sama wkwk..yg penting bw asyik ya toh..
    .

    • Wahahahhahaha… kalau aku, meski pada drop link artikel lomba misal sabun A … aku anti copas komen mba.. tetap ngetik manual satu demi satu link.

  37. ashiiiaaaap bang, sebagai blogger yang masih anak bawang, gabung grup Blogwalking sangat membantu banget, dan alhamdulillah belum nemu komentar yang aneh sih bang, soalnya masih baru blog nya wkwkwkwwkwk

  38. Aku biasa pakai laptop saat blogwalking Mas…soalnya kalau pakai HP layarnya kecil, enggak kuat lagi mata haha. Terus kalau laptop sekalian buka 5 berjajar seperti cara di artikel ini.
    Dan setuju sama tipsnya di sini, BW dijamin efektif pasti!

    • Iya betul Mba.. kalau aku memang kurang marem kalau baca postingan BW di HP. Beda dengan kalau baca-baca doang tanpa mo ninggal komen, di HP udah enak.

  39. Laptop Ryzen 3 dengan 8GB RAM, enak banget buat buka banyak tab di browser, kalau saya biasanya gak lebih dari 10, RAM masih 4GB dan prosesor AMD A9.

    Btw, kalau buka link di WA web gak harus klik kanan dan open in new tab lho Mas, kalau saya langsung klik aja linknya dan terbuka di tab baru

    • Iya Mas, RAM 8GB bagiku memang udah suatu keharusan. Ya karena kebutuhannya segitu.

      Untuk link WA Web memang kalau klik kiri memang open in new tab .. tapi jendela yang tampil di layar auto pindah ke link yg kita buka. Kalau kita membuka >1 link maka ribet musti balik ke tab yg ada WA web-nya, mas.

  40. Seringnya BW lewat Ponsel sih soalenya bisa kapan aja dan dimana aja.. Dan suka skimming juga bacanya haha biar cepet.. Tapi di beberapa artikel yg menarik seperti ini bacanya runtut dan santai.. Karena punya banyak info..

  41. BW emang enak pake laptop sih. Bener kak, aku biasanya juga open link dari WA web,efektif banget. Tapi susah nyari waktu buat buka pc jadinya ya tetep pake hp hehee

  42. kalo saya lebih nyaman pake laptop, bisa buka langsung beberapa link. Dan tidak banyak typo. Tapi kalo nyicil BW, enaknya ya pake HP.
    Waktu BW berusaha untuk tuntas baca sampai akhir. tapi tergantung artikelnya juga sih.. hehe
    saya pribadi seneng baca artikel dengan skimming, makanya kalo artikelnya gak ada poin-poin (heading) jadi lama bacanya

  43. Paling enak blogwalking pake laptop emang, nulis panjang2 jg enak. Tapi minusnya ya bocah2 semua kerayapan di kaki. Pake hape jg enak bs sambil rebahan. Ya semuanya fleksibel aja mana yang bisa duluan πŸ˜† yg penting beres bw nya haha

  44. Aku pun kalo BW suka pakai HP hehe soalnya aku aliran nyicilisme. Banyak typonya memang hahaha. Kadang kalo pas wifi lemot pakai paket data. Ngga begitu makan banyak kuota kok. Hihi

  45. Saya juga sejak awal BW pakai laptop pas pake hp kenapa ga masuk-masuk, deg-degan mulu pas nungguin publish kalau dari hp.

    Saya baca sampe selesai artikelnya, dan ngerasa yang bagian banyak banget iklannya, tapi karena gaptek ga tau harus diapain jadi saya mewakili blog saya minta maaf sedalam-dalamnya kalau pas komen dblog banyak iklan seliweran, disebabkan orangnya gaptek setting-setting dan malas baca untuk ngeditnya (alesan).

    Makasih kk sharingnya (penutup yang selalu mainstream)

    • wekekeke. Sebenre kalo blog ada iklannya sih ngga masalah bagi aku, mba. Asalkan, aku juga diperbolehkan memasang Ad-Block. Yang kadang bikin gimana buatku, yang punya blog mengharuskan kita menonaktifkan Ad-Block sebelum bisa membaca kontennya. Ahahaha.

  46. Cuman kadang saat buka beberapa site tiba2 ada orang mau beli (Penjaga Kios hehehe ) akhirnya di tinggal lagi jadinya kurang efektf. Sekarang coba ngelist nya via smartphone

  47. Kalau saya blogwalking seringnya pakai HP, soalnya disambi masak dan juga momong anak hehe😁😁. Kalau pakai laptop seringnya gak jadi soalnya sikecil langsung pengen ikut juga. Semua tombol dipencet-pencet akhirnya malah jadi berantakan😁😁

  48. Haha.
    Ppintnya adalah,,,,

    1. Aku gak punya laptop Kak. Aku hanya blogger dari Handphone doank. Makanya agak susah saat suatu blog harus di lihat dengan view gede.

    2. Aku memeiliki IQ Jongkok, walau kadang udah baca berulang-ulang eh malah ga tau harus komen apa.

    3. Karena tipe blogger Handphone, jadi ga terlalu sering blogwalking. Tapibsetelah baca ini, pengen deh Blogwalking. Btw kalau berkenan mohon masukin ke WAG Blogwalking. Biar ada PR gituh.
    4. Sering komentar gak di approve, mungkin karena masih baru di dunia per blogingan dan blogwalking an kali ya Ka. Atau karena memang komen yg blom nyambung. Mohon dimaklumi, karena kurang bisa memahami dalam waktu singkat. πŸ˜‘
    5.Jaringan HP ku sering ngadat, Maklum jaringan yg digunakan dari provider anak sekolah.

  49. aku kalo BW sukanya menggunakan laptop agar cepat menulis dan anti typo kadang kalo lewat hp ribet banget hehe.. enaknya BW pengujung kita jadi banyak

  50. Kalo listnya banyak, aku baca yang paling menarik dulu judulnya. Nggak efektif sih, rentan ada yang kelewatan juga, he,he. Besol aku praktekin caranya Mas Ari biar cepet selesai, hehe.

  51. Aktifitas BW pernah aku lakonin awal-awal ngeblog dulu.
    Sekarang jarang banget, aku hanya bisa baca blog yang pas muncul aja dan aku tertarik.
    Kadang cuma blogwalking beneran aja tanpa meninggal komentar di sana, karena bingung mau komentar apa.
    Kan gak enak cuma komentar dikit, nanti dikira spam, hehehe.
    Btw, untuk urusan browsing serius, aku masih mengandalkan laptop hingga saat ini.
    HP cuma dibuka kalau di kamar mandi sama kasur, hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*