Cara Cerdas Mengembangkan Bisnis di Masa Pandemi COVID-19

Cara Cerdas Mengembangkan Bisnis dengan memanfaatkan aneka fasilitas online online

Perkembangan teknologi saat ini semakin maju, sehingga jarak dan waktu sudah bukan merupakan penghalang untuk pengembangan dunia usaha. Terdapat banyak cara cerdas mengembangkan bisnis yang tentu saja sudah menggunakan sistem daring alias online. Langkah apa saja yang sudah anda lakukan?

5 Cara Cerdas Mengembangkan Bisnis Anda

Dalam mengembangkan bisnis, anda tidak boleh hanya menggunakan cara trial and error alias coba kalau kemudian gagal ya coba lagi. Resiko yang akan timbul dari cara coba-coba tersebut bisa jadi sangat fatal, terutama saat pandemi COVID-19 saat ini.

Hampir segala kegiatan mulai dari sekolah hingga bekerja, saat ini diutamakan dari rumah dan via online, untuk meminimalkan berkumpulnya orang-orang di area publik.

Karenanya, bisnis anda pun wajib untuk mengikuti tren, yaitu melalui sistem online. Berikut 5 cara cerdas mengembangkan bisnis anda yang kami sarankan:

1. Bangun Rencana Bisnis Anda

Langkah paling awal, rencanakan bisnis anda dengan baik dengan membuat beberapa business plan. Anda tidak perlu melakukan bisnis anda dari hal yang anda asing, karena akan lebih menyulitkan anda. Misalnya, anda sudah familiar dengan membuat kue maka pengembangan bisnis anda sebaiknya ya tentang bakery.

Anda perlu untuk membuat perencanaan bisnis 3 bulan pertama hingga 1 tahun pertama dengan breakdown pada rencana bisnis mingguan. Nantinya, anda perlu melakukan evaluasi terkait bisnis anda tersebut paling tidak setiap 1 bulan sekali.

2. Bijak dengan Pinjaman Modal Usaha

Dalam merencakanan bisnis, tentu tidak terlepas dari namanya modal usaha. Apabila keuangan anda mepet, maka menggunakan pinjaman modal usaha merupakan salah satu solusi yang harus bijak penggunaanya. Saat ini, terdapat kemudahan yaitu adanya aplikasi pinjaman online TUNAIKU yang bisa anda pilih. TUNAIKU merupakan salah satu produk keuangan terbaik dari AMAR BANK yang secara resmi beroperasi di Indonesia sejak 1991.

aplikasi pinjaman online tunaiku yang tersedia untuk hape android dan iOS
Tersedianya Aplikasi Pinjaman Online TUNAIKU untuk Android dan iOS

Dalam mengajukan pinjaman online TUNAIKU, anda bisa melakukannya cukup dari smartphone dengan sistem operasi Android maupun iOS. Anda cukup melalui tahap pendaftaran, terima persetujuan, konfirmasi pinjaman, tanda tangan kontrak dan terima dana.

Paling tidak, terdapat 3 alasan kenapa TUNAIKU layak anda pilih:

  • Syarat pengajuan praktis, dimana hanya memerlukan KTP dan tidak memerlukan NPWP ataupun kartu kredit anda yang disertakan lembar persetujuan pinjaman cepat untuk anda.
  • Jumlah pinjaman yang fleksibel, merupakan keunggulan lain dimana anda dapat meminjam hingga 20 juta dengan tenor pembayaran hingga 20 bulan.
  • Aman dan transparan, dengan terdaftarnya AMAR BANK yang sudah terdaftar dan dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2014.

Memperoleh pinjaman dana secara cepat, tentu harus diimbangi dengan perhitungan yang matang. Anda harus menghitung dengan cermat perihal kemungkinan penambahan dan pengurangan cash flow masuk dengan keluar, sebelum dan sesudah mendapat pinjaman.

3. Jangan Taruh Telur di Dalam Keranjang yang Sama

Dalam membangun bisnis, kedepannya tentu anda tidak bisa hanya bergantung kepada satu jenis pemasukan. Misalnya anda fokus pada usaha bakery yang kemudian berkembang dengan baik, maka anda harus mulai mengembangkan divisi bisnis lain.

Bisnis kedua yang anda lakukan bisa lebih fleksibel daripada saat anda memilih bisnis pertama. Anda bisa saja memilih memulai usaha katering yang berdampingan dengan usaha bakery anda atau memilih jasa laundry pun boleh-boleh saja. Yang penting, anda tidak awam sama sekali dengan pilihan bisnis anda.

4. Promosikan Melalui Media Sosial

Pada masa pandemi COVID-19 ini semua serba online, sehingga anda pun harus turut memanfaatkan segala sesuatu media promosi online anda. Anda bisa secara berkala mempromosikan usaha anda melalui postingan di Instagram, Facebook, Twitter hingga blog.

Untuk Facebook, selain posting di page bisnis anda, juga bisa memposting jualan anda di grup Facebook yang segmennya khusus untuk bisnis seperti milik anda. Untuk blog, anda bisa bekerja sama dengan blogger dalam promosi usaha anda misalnya dengan cara meminta blogger untuk mereview produk anda.

5. Jauhi Lingkungan yang Toxic

Lingkungan yang toxic artinya lingkungan yang menghambat perkembangan bisnis anda. Tidak selalu berarti lingkungan dalam bentuk fisik, tetapi juga lingkar pertemanan anda di media sosial. Sebagai contoh, anda sudah melakukan promosi dengan baik di media sosial, tetapi justru ada saja teman yang meminta harga teman untuk produk anda.

Ketika ada teman yang seperti itu, sangat disarankan agar anda tidak mempedulikannya, meski akhirnya ada saja yang nekat menulis status atau story di media sosial tentang betapa “pelitnya” anda, karena tidak mau memberi harga teman.

About arigetas 234 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

6 Comments

  1. betul sekali, saat seperti ini banyak yang menambah lini pemasarannya dengan online.
    mengingat awal awal munculnya covid bisa dibilang usaha apapun ikut kena imbasnya

  2. Bisa dibilang mempertahankan bisnis itu jauh lebih sulit dibanding memulai suatu bisnis. Apalagi di saat pandemi seperti ini, para pebisnis khususnya mau tidak mau harus mampu perlahan beradaptasi.

    Mantap sekali tulisannya Kakak Ari…

    • Wah, terima kasih mas Hendra, sudah berkenan mampir.

      Iya mas, saat pandemi ini beneran makin menantang dalam mempertahankan bisnis. Sepi dimana-mana kecuali online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*