Review Aplikasi blu BCA Digital Bank di Smartphone Android

review aplikasi blu bca digital yang merupakan produk inovasi terbaru dengan keamanan terjamin ala bank central asia

Perkembangan dunia digital di jaman pandemi ini ternyata semakin maju. Kewajiban untuk menjauhi kerumunan di tempat umum, menjadikan para developer aplikasi smartphone baik di ekosistem Android dan iOS seakan berlomba memudahkan para penggunanya. Salah satunya, adanya aplikasi blu BCA digital yang merupakan perbankan yang bisa kita lakukan sambil santuy di rumah dengan nyaman.

Kesan Pertama Aplikasi blu BCA Digital Bank

Awalnya, saya tertarik mencoba blu by BCA Digital karena ada teman yang membicarakan app ini. Review Aplikasi blu ternyata sudah cukup mudah saya temukan di dunia maya, sehingga membuat saya semakin penasaran untuk mencoba aplikasi besutan Bank Central Asia alias BCA ini.

Biru muda, merupakan kesan pertama yang saya tangkap dan menulikan di dalam review jujur aplikasi blu ini. Kesan modern dan tidak outdated kemudian melengkapi kesan pertama saya tadi.

Apa Beda Aplikasi Bank blu BCA dengan Klik BCA?

Aplikasi blu adalah produk mobile banking dari BCA Digital, yang merupakan anak perusahaan dari Bank Central Asia (BCA), dan merupakan bagian dari BCA Group. Adapun untuk fungsinya, sejauh yang saya coba dan temukan dalam menulis Review Aplikasi blu kali ini adalah di internet banking BCA (Klik BCA) lebih ke untuk beragam transaksi.

Membayar tagihan, pulsa, top up marketplace hingga tiket penerbangan merupakan ranah di Klik BCA. Adapun blu by BCA Digital bisa untuk melakukan beberapa strategi menabung dan fitur lain, seperti: bluSaving, bluGether dan bluDeposit, QRIS, dan hingga tarik tunai.

Kenapa Pilih Aplikasi Digital Bank blu BCA?

Keamanan dan kredibilitas Bank Central Asia (BCA), membuat saya yakin bahwa perusahaan pembuat aplikasi blu ini kompeten. Kualitas produk yang akan semakin baik dan aman merupakan hal yang saya yakini terjadi pada esok dan di masa mendatang. Oh iya, saya sudah menjadi nasabah BCA sejak tahun 1997 lho, sehingga saya tahu bagaimana kualitas BCA.

Salah satu fitur keamanan yang ada pada app blu by BCA Digital ini adalah scan (pemindaian) sidik jari untuk bisa masuk ke aplikasi. Hal tersebut terbukti aman, seperti halnya saat saya memasang fitur sidik jari pada app pesan singkat.

Review App blu by BCA Digital

Nah, bagi Anda yang memerlukan gambaran bagaimana aplikasi blu berjalan di smartphone, maka Anda berada pada tulisan yang (semoga) bisa memenuhi ekspektasi Anda. Selamat menyimak review aplikasi blu versi arigetas.com ya.

Problem utama yg muncul saat saya mereview app blu yang masih tahap pengembangan ini, adalah gagalnya verifikasi email. Setelah menunggu 1,5 hari alhamdulillah ada notifikasi di email kita bahwa proses aktivasi email bisa dilakukan. Berdasarkan informasi, error yang saya alami sebelumnya dikarenakan sedang dilakukan pengembangan, dan saat ini proses verifikasi email telah berfungsi dengan cepat dan normal.

App blu di Smartphone Android

Aplikasi blu yang saya uji coba ini masih baru dan merupakan inovasi produk BCA digital yang masih dalam pengembangan. Akan tetapi, saya tidak khawatir karena tim teknis BCA Digital selalu melakukan inovasi aplikasi blu, sehingga dapat memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

Dalam seminggu kedepan, saya akan meneruskan uji coba dan akan meng-update tulisan review ini. Bagi Anda yang ingin menyampaikan saran dan masukan yang berguna untuk pengembangan aplikasi blu by BCA Digital ini boleh banget mengirimkan email ke perusahaan pengembangnya ke haloblu@bcadigital.co.id ya.

Cara Menginstall App blu by BCA Digital

Untuk smartphone yang menggunakan OS Android, pastikan anda mengunduh dan memasang aplikasi blu by BCA Digital dari tautan ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bcadigital.blu yang ada di Google Play Store.

Bagi Anda pengguna iOS di Indonesia, dapat memasang aplikasi blu by BCA Digital dari tautan: https://apps.apple.com/id/app/blu-by-bca-digital/id1550237185 yang berada di App Store.

Download dan gunakan kode Kode Referral: ARISAZ6N3 untuk dapatkan penawaran terbaik dari blu.

Untuk keperluan review aplikasi blu pada hape Android keluaran tahun 2017 milik saya, tentu saya sudah mengunduh dan memasang app blu ini, serta sedikit demi sedikit meng-explore fitur-fitur yang disediakan.

Syarat Membuka Rekening Bank Digital blu

Sebagai jawaban dari rasa penasaran saya terkait si blu ini, saya memutuskan untuk melakukan review jujur aplikasi blu dengan cara membuat (membuka) rekening baru. Adapun syarat-syarat yang diperlukan adalah:

  1. Smartphone Android atau iOS
    Aplikasi bank digital blu ini tersedia di HP dengan OS Android dan iOS. Karenanya, Anda memerlukan paing tidak salah satu ekosistem HP tersebut, ya.
  2. Koneksi Internet
    Untuk bisa berkomunikasi dengan server aplikasi blu, tentu saja Anda memerlukan koneksi internet yang stabil. Anda bisa menggunakan jalur WiFi atau juga menggunakan paket data.
  3. Nomor HP Aktif
    Dalam mendukung keamanan akun, Anda harus memiliki nomor HP aktif, yang digunakan untuk menerima kode aktivasi akun rekening Anda.
  4. e-KTP dan (opsional NPWP)
    Adapun e-KTP diperlukan untuk mencatatkan identitas diri. Adapun NPWP merupakan pilihan, apakah anda akan menyetor data dokumen NPWP atau tidak adalah hak Anda sepenuhnya.
  5. Bersedia Video Call
    Selesai mengisi data diri, maka Anda akan diundang untuk verifikasi melalui panggilan video (video call).
  6. Bersedia Menyebutkan Nama Gadis Ibu Kandung
    Nah, untuk pengamanan yang lebih baik, dalam proses verifikasi pada poin kelima, kita juga diminta untuk menyebutkan nama gadis ibu kandung. Apakah anda sudah merasa bahwa saat itu, Anda sudah seperti saat kita di depan CS bank offline, bukan?
cara membuat akun di aplikasi blu by BCA Digital melalui smartphone android
Saat memulai membuat akun blu maka kita diminta untuk memasukkan nomor HP aktif hingga membuat password yang aman

Kesimpulan Aplikasi blu di Android Bagaimana?

Secara jujur, saya masih mempelajari aplikasi blu ini, termasuk proses trial and error yang terjadi. Yang jelas, aplikasi blu bisa membantu dan mendorong orang bisa menabung dengan lebih aman dan mudah, terutama saat semua serba WFH (work from home) ini.

Satu hal yang saya suka dari aplikasi blu by BCA ini, yaitu mereka peduli dengan keamanan dan serius dalam melakukan verifikasi.

proses video call aktivasi blu untuk menulis Review Jujur Aplikasi blu
Proses video call saat verifikasi, aktivasi biometrik membuat saya yakin memiliki akun blu

Seperti yang saya tulis pada paragraf agak atas, saya masih akan meneruskan melakukan ujicoba aplikasi blu ini dan akan meng-update hasilnya dalam 1-2 minggu kedepan. Stay tune ya!

Kalau Anda, sudah coba aplikasi blu by BCA Digital belum?

It’s a blu Day! 22 Juli 2021

Meneruskan tulisan saya, pada tanggal 22 Juli 2021 ada It’s a blu Day, yaitu acara konferensi pers via zoom yang membahas blu dari A hingga Z tentunya. Webinar yang dipandu oleh Senandung Nacita ini diawali dengan pemaparan dari Ibu Lanny Budiati (CEO BCA Digital).

it's a blu day Lanny Budiati CEO BCA Digital 22 Juli 2021
Paparan dari Ibu Lanny Budiati, CEO BCA Digital saat It’s a blu Day via zoom

Ibu Lanny menyampaikan bahwa kebiasaan selama satu dekade ini, kebiasaan masyarakat sudah berubah seiring dengan adanya smartphone. Alasannya jelas, karena ada ada banyak hal yang bisa kita lakukan dan selesaikan, hanya dengan mengaksesnya dari HP. Anak muda, merasakan betul bahwa transaksi bank lewat mobile banking itu cepat, mudah, dan praktis.

Lewat aplikasi blu, setiap nasabah bisa mendapatan pengalaman yang praktis, mudah dan cepat dengan banyak fitur mulai dari bluGether, bluSaving dan lainnya. Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa misi blu by BCA Digital adalah untuk menyajikan layanan perbankan yang menjadi jawaban bagi kebutuhan para Digital Savvy melalui One Stop Smart Solution Banking.

Siapa itu para Digital Savvy?

Ada beberapa kategori Digital Savvy. Pertama, mereka adalah para anak muda yang memiliki pengetahuan keuangan (financial literacy) yang sangat mapan (mature), yang berorientasi untuk investasi dan menyiapkan dana untuk masa depan mereka.

Kategori kedua Digital Savvy, adalah mereka yang sudah mandiri secara finansial dan mempunyai penghasilan yang stabil. Adapun kategori ketiga, adalah the Youngest Digital Savvy, yaitu mereka yang masih kuliah atau baru saja lulus sehingga belum memiliki finansial yang stabil.

Dari ketiga kategori tersebut, blu menterjemahkan menjadi 3 icon blu yaitu Benni (berani investasi), Lea (lebih kaya), dan Utta (utamakan tabungan).

icon blu digital savvy Benni berani investasi, Lea lebih kaya, dan Utta utamakan tabungan
Para icon blu Digital Savvy: Benni, Lea, dan Utta

Review Aplikasi blu BCA yang Seamless Banking Experience

Inovasi yang dilakukan blu kepada pelanggannya, adalah memberikan nilai tambah berupa pengalaman perbankan yang mulus alias blu by BCA Digital Seamless Banking Experience.

Salah satunya, blu berkolaborasi dengan platform marketplace blibli yang mendudukannya sebagai exclusive partner blu yang pertama.

Kenapa blu dan blibli berkolaborasi?

Pertama, sama-sama memprioritaskan memenuhi kebutuhan customer. Kedua, blu dan blibli mempunyai target pasar yang sama, yaitu para Digital Savvy. Ketiga, blu dan blibli tidak pernah berhenti berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Bapak Kusumo Martanto, CEO blibli memaparkan bahwa blibli sangat senang berkolaborasi dengan blu, karena berpedoman pada Customer Satisfaction First. Karenanya, blibli mengkoneksikan layanan bank digital dengan blu untuk memudahkan transaksi pelanggan.

Terima kasih sudah berkenan membaca hingga akhir. Yuk, gunakan blu dan rasakan banyak manfaat dan kegunaannya. 🙂

About arigetas 291 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

33 Comments

  1. Di tempat saya memang nggak ada BCA, namanya juga bukan daerah ibukota, agak terpinggirkan juga, haha..
    Tapi dulu pernah ke BCA, transfer kalau nggak salah, pelayanannya memang memuaskan. Mungkin yang aplikasi blu ini juga.

  2. Kalau BCA ga perlu diragukan lagi kualitas produk dan layanannya. Baru abnget tahu tentang Blu. Pas bener bakal membantu dan mendorong kita bisa menabung dengan lebih aman dan mudah, apalagi saat pandemi begini yang lebih pilih semua kegiatan dari rumah dilakukan

  3. Boro-boro aplikasi Blu, punya rekening BCA juga nggak 😂😂.. Namun setelah membaca artikel keren ini, kok saya jadi tertarik untuk nabung di BCA dan pakai aplikasi Blu ini.

    Nice ulasannya…

  4. baru lagi nih inovasi perbankan. Kayaknya menarik ya, jadi kekinian gitu, apalagi dominan warna biru keliatan cerah
    bisa nabung terpisah antara dana tabungan sama liburan kayaknya di blu ini ya

  5. Cara regist ke aplikasi blu ini mudah saja ya, beberapa menit saja sudah punya rekening dalam aplikasi. Fiturnya membantu biar nabung jadi lebih terarah nih karena bisa dibagi-bagi sesuai dengan kebutuhan

  6. Wah, aplikasi ini viral banget sih. Banyak liat di status temen juga. Keren sih. Menurutku yang Blu ini melengkapi semua hal yang diharapkan pengguna di Klik BCA. Jadi makin happy pakai BCA. Aku juga salah satu nasabahnya.

  7. Ternyata aplikasi Blu ini keluaran dan BCA Digital. Sempat penasaran, bedanya sama klik BCA. Senangnya Mas Ari sudah menjelaskan di sini. Jadi kalau kebingungan mengatur strategi menabung, bisa memanfaatkan aplikasi Blu biar tabungannya nggak sering bocor sana sini ya.

  8. Aplikasi Blu by BCA itu inovasi baru ya. Blm paham sih tp intinya beda dgn BCA yg biasa ya…JD penasaran sama review next…

  9. Makasih atas review aplikasi blu, Mas. Aku juga udah instal. Mudah dan praktis banget, tinggal isi kolom dan video call, cepat banget langsung aktif. Tinggal isi saldo deh, PR banget. Tapi kudu semangat biar bisa beli laptop idaman dan pelesiran ke LN hehe.

  10. Kemudahan kegiatan bertransaksi dari rumah n dari mana saja di bidang perbankan adalah inovasi yang penting di masa sekarang dan yang akan datang.

  11. Aplikasi blu ini semakin memudahkan bagi pengguna yang suka kepraktisan buat nabung, bisa buat sampe 10 jenis simpanan dan bisa nabung deposito,vapa gak keren tuh

  12. Menarik nih BCA, terus berinovasi untuk nasabah sesuai dengan yang dibutuhkan saat ini. Terlebih soal cara menabung yang tepat yaa, secara memiliki tabungan yang kalau bisa jangan diganggu sampai benar-benar diperlukan itu penting. Maklum, saya sering khilaf kalau belaja-belaja online, hehe.

  13. wah BCA nggak mau ketinggalan trend juga ya dengan membuat aplikasi digital bank seperti bank yang lain. tapi memang bagus sih aplikasi digital bank ini bisa membantu dalam urusan finansial

  14. aplikasi blu masih baru tapi keren ya.. Soalnya kan produk BCA. Pasti bakal bagus banget ke depannya. Btw, udah lama juga mas Ari jadi nasabah BCA. Aku baru dari tahun 2017 kalau tidak salah.

  15. Untuk install alikasi blu BCA ini sama persis kalau mau buka bank secara off line ya, diminta verifikasi nama ibu kandung, juga ada video call. Sistem securitynya membuat lebih yakin dan mantep karena buat mastiin identitas nasabah secara langsung pakai VC.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*