Transfer file dari Smartphone Android ke Laptop/PC (dan sebaliknya) dengan SuperBeam

Bagi anda yang sering memindahkan file (foto/video/document dll) dari smartphone android ke laptop atau sebaliknya, cara default yg bisa digunakan adalah via bluetooth atau terkadang menggunakan kabel USB. Salah satu cara lain yang praktis (nirkabel) yang bisa digunakan adalah menggunakan wifi. Syarat utamanya, antara smartphone dan laptop harus menggunakan koneksi internet yang sama (saling terkoneksi semacam LAN). Misalnya sama2 terhubung dengan access point bernama ABC-Wifi. Terus cara menggunakannya bagaimana?

  1. Download terlebih dahulu installer (apk) SuperBeam di sini. Jangan lupa centang untuk “secured download manager”nya dihilangkan dulu ya.
  2. Install aplikasi tersebut. oh iya, pastikan smartphone android anda mengijinkan untuk menginstall aplikasi pihak ketiga.
  3. Download dan install SuperBeam untuk laptop anda sesuai operating system anda disini

Apabila semua lancar terinstall dan bisa dibuka.. artinya semua yang dibutuhkan sudah lengkap. Sekarang step-by-step proses transfer filenya:

Buka SuperBeam di smartphone dan tampilan awalnya akan seperti ini.. kemudian pilih file/folder yang akan dikirim:

Kemudian tap panah biru untuk mengirim, maka di layar android anda akan tampil QR code dan key (semacam password) yang bisa kita pilih salah satunya sebagai kunci verifikasi di laptop anda nantinya.

Nah berikutnya silahkan nyalakan SuperBeam di laptop anda dan pilihlah “Receive”. nah disini SuperBeam akan mengakses webcam anda dan silahkan scan QR code dari android anda tadi. Tentu saja kalau kita tidak ada webcam, kita bisa memasukkan sharing key yang digunakan sebagai password

 dan ketika kita klik OK, maka SuperBeam akan memverifikasi nya…apabila berhasil.. voila.. proses transfer pun akan dimulai..

Begitu proses transfer selesai, maka otomatis jendela windows explorer akan terbuka dan file yang kita pindahkan tadi akan muncul. Selesai. Mudah dan cepat.

Selamat mencoba 🙂

Catatan hardware dan software yang saya gunakan
– Smartphone Asus Zenfone Max – OS Android Marshmallow
– Laptop Lenovo E145, Windows 7 – 64 bit

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari dua orang anak laki-laki pintar, lucu dan usil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *