Menu Sahur Praktis 2020 untuk Kalian yang Malas Masak

menu sahur praktis 2020 menggunakan bahan utama telur yang diolah menjadi aneka makanan

Selama bulan ramadhan, biasanya kita sangat bersemangat dalam menyiapkan menu takjil buka puasa. Seringkali, kita sudah merencanakan sejak siang akan buka puasa dimana atau masak apa. Akan tetapi, sering kali untuk menu sahur kita tidak menyiapkannya secara khusus. Padahal, menu sahur itu penting untuk persiapan energi dan gizi dalam menjalani puasa seharian. Untuk itu, kali ini aku akan menuliskan tentang menu sahur praktis 2020, yang bisa kamu praktekkan dengan mudah.

Menu Sahur Praktis 2020 Cocok untuk Anak Kos

Menu makan sahur, sering tidak disiapkan menu khusus dan hanya seadanya saja. Sedangkan untuk buka puasa, menu dominan adalah yang segar manis dan menggugah selera. Sebagai anak kos, aku bahkan sering membeli menu sahur itu ya sejak buka puasa. Paling banter, saat sahur lauk tersebut aku panaskan lagi di rice cooker.

Telur Saus Merah

Menu ini cocok banget buat kalian yang sudah bosan makan telur ceplok atau dadar. Memasak telur saus merah, tidak membutuhkan usaha yang berat, tetapi bisa memberikan rasa masakan yang bikin kangen rumah.

Bahan yang dibutuhkan:
– Telur mata sapi
– Tahu (jika suka)
– Bawang putih
– Bawang bombay (opsional)
– Tomat potong kecil-kecil
– Saus tomat
– Merica
– Garam
– Merica

Cara membuat:
Cincang bawang putih dan bombay. Panaskan minyak dan gongso bawang putih & bawang bombay cincang, sampai harum. Masukkan tomat, masak sampai tomat lembek. Tambahkan saus tomat, dan sedikit air. Bumbui dg lada, garam, gula. Jika sudah mendidih, masukkan tahu, lalu telur. Masak sampai kuah agak berkurang. Matikan kompor, telor saus merah siap disajikan.

Semur Telur Kentang

Menu sahur praktis 2020 yang kedua ini, masih menggunakan bahan utama telur. Telur dipilih karena mudah dicari dan harganya relatif terjangkau bagi semua kalangan. Memasak semur telur kentang, juga tidak membutuhkan persiapan yang ribet dan tetap mempunyai cita rasa masakan yang enak.

Saat dimakan sebagai lauk saat sahur, menu ini bisa membuat kita bersemangat makan lebih lahap, lho.

semur telur kentang yang lezat sebagai menu sahur

Bahan yang diperlukan:
– Telur mata sapi ato telor rebus
– Kentang dipotong ukuran sedang digoreng
– Bawang putih dicincang
– Kecap manis
– Kecap asin (opsional)
– Gula
– Garam
– Merica

Cara memasaknya:
Panaskan minyak, dan gongso bawang putih cincang sampai harum. Tambahkan kecap manis dan kecap asin. Masak sampai bau harum, lalu tambahkan air. Masukkan garam, gula dan merica secukupnya, tunggu sampai bumbu mendidih. Masukkan telur beberapa saat, lalu masukkan kentang saat kuah sudah agak mengental. Tunggu beberapa saat, sampai bumbu meresap. Setelah dicicipi dan rasanya sudah sesuai selera, matikan kompor. Semur telur kentangnya siap disajikan.

Oseng Tempe Kacang Panjang

Bahan makanan selain telur yang sangat mudah diperoleh di Indonesia, adalah tempe kedelai. Harga yang sangat murah dengan kualitas gizi yang baik, menjadikan tempe salah satu sumber protein nabati yang sehat.

Aku sering makan sahur dengan lauk telor ceplok dan tempe goreng. Enak sih, tetapi kurang sehat karena belum ada sayuran hijaunya. Nah, maka dari itu kita bisa mencoba memasak oseng tempe kacang panjang, yang nggak cuma mudah dibuat tetapi juga cepat dan lezat!

menu sahur praktis 2020 selain mengandung protein juga harus kaya serat, vitamin dan mineral

Bahan yang disiapkan:
– Tempe potong kecil-kecil, lalu goreng setengah matang
– Kacang panjang
– Bawang merah
– Bawang putih
– Cabe
– Kecap manis
– Garam
– Gula

Cara memasaknya:
Potong kecil-kecil bawang merah, bawang putih dan cabai. Lalu, panaskan minyak, gongso bumbu sampai harum. Tambahkan kecap manis sesuai selera, sampai harum. Tambahkan air, tunggu sampai mendidih. Bumbui dg garam dan gula sesuai selera. Masukkan tempe, tunggu sampai agak meresap bumbunya. Lalu masukkan kacang panjang. Masak sampai kacang panjang agak lunak. Setelah dicicipi, dan rasa sudah pas, matikan kompor.
Oseng tempe yang lezat siap dihidangkan.

Mudah bukan membuatnya …

About arigetas 196 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

57 Comments

  1. wah oseng tempe sama kacang panjang kesukaan aku banget tuh. enak. btw telor ceploknya juga suka. thanks ya kak. menu favorit saya semua itu. sip deh buat sahur nanti. hehe

  2. Ini menu andalanku ga cuman buat saur ksdang buka juga. Klo lago niat masak.

    Wkwkwk niat masak doang aja hasilnya cuman masak ini aku… Keseringan beli sih…

    Ayo tambahin lagi menunyaaa mas ariiii.. Tak noteeeeeee

  3. “Mudah bukan membuatnya…”
    Hmmm… mudah sih, nanti saya forward artikelnya ke istri, biar praktis.
    Eh, btw, gongso itu tumis? Soalnya di saya juga ada sebuta gangsa. Tumis artinya.

  4. menu sahur waktu sy kost ini kak.. kok bisa sama hahaha..emang paling mudah cara membuatnya dan praktis bahan dan bumbunya plus murah bhn bakunya tpi sehat hehe

  5. Menu sahur yang praktis ya kak. Dan yg penting enak dan nikmat. Barokallah … Sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan. Makasih info resepnya ya…

  6. Telur emang enak dan mudah dibuat apa aja mas Ari. Kalo kacang panjang, saya punya resep tumis kacang panjang telur. Ini juga enak dan simpel. Kacang panjang dipotong kecil ukuran setengah Senti. Tumis dulu bawang putih bawang merah. Sudah harum masukkan kacang panjang. Kalo udah setengah matang masukkan telur. Koreksi rasa pake garam. Isss enaknya..

  7. Oseng tempe kacang panjang itu paling favorit buatku. Menu ga ribet karena ada protein sama sayur karena kalo saur kan mager banget mau masak yang komplit. Sama ditemenin telor dadar, mas. Lebih praktis juga. Karena aku pemalas hehe

  8. Kacang panjang and tempe tu saya sering buat. Lainnya belum. Pas kali ya, mau saya coba tar puasa, maklum kl sahurkan cari yg simpel biar cepat hehe

  9. Semur telur kentang favorit bngett🀀🀀🀀 kebetulan mau mkn siang, cus mau buat menu itu deh. Soalnya makan saat baru turun dari wajan rasa assoy

  10. Ini mah, menu saya sehari-hari kalau lagi malas masak kakak, hehehe. Eh, emang saya enggak bisa masak yang aneh-aneh juga, sih, wkwkwkwk. Menu sederhana gini juga udah enak banget kok. Apalagi kalau dimakan saat lapar dan nasinya anget.

  11. Praktis banget emang itu, tapi kok tau sih saya malas masak. Bolehlah ini saya masukin daftar list buat nanti menu sahur minggu depan. Makasih k ari resepnya. Bikin menu minuman juga donk yang simpel tapi segerrr

  12. Aku baca dan scroll down sampai habis kok perutku bunyi yah. Padahal sederhana banget, tadinya mau masak apa bingung. Hahahaha. Oke baiklah, mungkin telur saus merah mau kucoba duluan😁

1 Trackback / Pingback

  1. Menu Buka Puasa Sederhana di Bulan Suci Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*