Menu Takjil Buka Puasa Ramadhan 2020, Bergizi dan Sehat

Menu Takjil Buka Puasa Ramadhan 2020 bisa beraneka ragam, yang penting adalah berkumpul saat berbuka puasa

Supaya tidak kacau pikiran akibat memikirkan ada atau tidaknya momen mudik di tahun 2020 ini, kita bisa mulai dengan memikirkan tentang menu takjil buka puasa apa yang enak dan mudah dibuat. Tentu saja, harus bergizi dan sehat ya!

Menu Takjil Buka Puasa Praktis

Bulan ramadhan, adalah bulan yang tidak boleh kita lewatkan tanpa kesan yang baik. Secara umum, orang berpuasa (saum) selama 8 hingga 15-an jam sehari. Puasa dimulai saat berkumandangnya azan subuh, hingga diakhiri saat azan maghrib berkumandang. Selama puasa, tubuh kehilangan banyak cairan, khususnya apabila tidak mengurangi aktivitas fisiknya.

Oleh sebab itu, perkantoran dan perusahaan pada umumnya mengurangi jam kerja dan juga membatasi aktivitas fisik, seperti kerja lapang hingga kegiatan senam pagi. Setelah seharian puasa, pasti tubuh terasa capek, haus dan lapar. Tubuh pun menuntut kita musti pintar dalam menentukan menu takjil (hidangan ringan) untuk berbuka puasa.

Menu takjil harus yang ringan di lidah dan perut, tetapi bisa sedikit menunda lapar dan tetap membuat berselera untuk menyantap menu makanan utama nantinya.

Bisa dibilang, menu takjil merupakan hidangan pembuka (appetizer) ini tidak perlu yang mewah atau mahal-mahal. Kita bisa menggunakan hasil panen dari kebun sendiri, atau membeli dari petani di dekat kita.

1. Kolak Pisang Tanduk

Kebetulan, keluarga kami memiliki 2 rumpun pisang di halaman samping rumah. Rumpun pertama adalah pisang morosebo, sedangkan rumpun kedua adalah pisang tanduk. Pisang morosebo, lebih kami gunakan sebagai buah segar. Adapun pisang tanduk yang bibitnya kami bawa dari daerah Subah jawa Tengah ini, lebih kami sukai karena dapat diolah menjadi beraneka macam.

Pisang tanduk yang sudah menguning dan agak empuk, cocok digoreng, dikukus hingga diolah menjadi menu takjil favorit yaitu kolak pisang tanduk. Resep kolak pisang tanduk yang biasa digunakan istriku adalah sebagai berikut:

Bahan:
– Pisang tanduk 2 potong
– Kolang kaling
– Waluh
– Sereh
– Kayu manis
– Daun pandan
– Gula merah
– Gula pasir
– Garam
– Air
– Santan

Cara membuatnya:
Rebus air, daun pandan, cengkeh, kayu manis, gula merah sampe mendidih. Masukkan kolang kaling, lalu waluh, lalu pisang terakhir (pisangnya bisa juga pisang kepok sih).

Tambahkan sedikit garam dan gula pasir sesuai selera, sambil dicicipi.

Kalau semua bahan sudah pas kematangannya dan rasanya, masukkan santan kental (bisa dari kelapa segar, bisa juga pakai santan instan). Tunggu beberapa saat, matikan api dan kolak siap dihidangkan.

2. Sup Buah Podomoro

Arti kata “podomoro, berasal dari bahasa Jawa yang artinya “yang datang masing-masing”. Sup buah podomoro berarti sup buah yang buahnya tergantung apa yang bisa kita temukan sedapatnya di kulkas, atau dari toko buah. Jenis takjil ini bisa dibilang tidak ada pakem baku dalam membuatnya. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah:

Bahan:
– Buah jambu biji merah
– Buah naga
– Buah Pepaya
– Buah lain apa saja yang anda punya 😀
– Nata de coco
– Sirup Frambozen, bisa diganti cocopandan
– Kental manis
– Es batu secukupnya
– Air matang

Cara membuatnya:
Siapkan nata de coco dan buah yg sudah dikupas, dipotong kecil-kecil,susun dalam wadah gelas atau mangkuk. Tambahkan es batu sesuai selera dan air matang. Siram dengan sirup dan kental manis, dan sup buah podomoro siap dihidangkan.

3. Es Kuwut

Menu takjil es kuwut ini segar, adem dan rasanya enak banget kalau diminum pada tingkat kemanisan yang ringan. Bahan untuk membuat es kuwut ini sangat sederhana. Hanya diperlukan timun yang diserut, jeruk nipis diperas, sirup melon (bisa diganti air gula), es batu secukupnya dan air matang.

Cara membuat es kuwut adalah timun dikupas dan diserut, bijinya tidak diikutkan. Tambahkan es batu dan air matang, beri perasan jeruk nipis atau lemon. Siram dengan sirup lemon atau simpel sirup (air gula) maka es kuwut sudah siap dinikmati.

4. Wedang Roti

Apa itu wedang roti? Apakah ini meminum wedang (minuman hangat) sambil makan roti?

Oh tidak… Wedang roti merupakan cemilan hangat yang lembut di mulut dan tenggorokan. Bahan yang diperlukan juga simpel yaitu roti tawar, santan, gula pasir, sedikit garam, daun pandan dan kurma (opsional).

Cara membuat wedang roti adalah dengan merebus santan, daun pandan lalu tambahkan sedikit garam dan gula pasir sesuai selera. Potong2 roti tawar dan kurma. Susun roti tawar dan kurma di wadah piring/mangkuk, lalu siram dengan kuah santan yang sudah dibuat. Hidangan wedang roti pun siap dinikmati hangat-hangat.

Mudah bukan membuatnya?

Demikianlah, 4 menu takjil buka puasa yang bisa diolah dengan mudah dan praktis. Tentunya, resep ini juga bisa diterapkan oleh anak kos, yang maunya murah meriah dan hobinya otak atik masakan, misalnya resep ayam goreng anti ribet.

Kalau kalian, punya menu takjil buat berbuka puasa favorit apa nih? Hayuk langsung aja tulis di kolom komentar ya …

About arigetas 252 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

4 Comments

  1. Es kuwut dan wedang roti baru tau ini. Kalau di daerah saya Surabaya, menu berbukanya langsung dihajar nasi bungkus.perut auto penuh:D
    Pas sholat tarawihnya ngantuk berat:D

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*