5 Skill Terpendam #DiRumahAja yang Akhirnya Muncul dan Kamu Kuasai

5 Skill Terpendam #DiRumahAja bisa muncul saat kamu terpaksa karena keadaan

Manusia pada dasarnya memiliki kemampuan alias skill, yang lebih dari apa yang mereka kuasai saat ini. Selain bakat, lingkungan sangat berpengaruh kepada skill apa yang dikuasai. Seseorang yang lahir dan tinggal di daerah pesisir pantai, biasanya jago berenang, menyelam dan memancing. Saat kamu terperangkap work from home, bisa jadi ada 5 skill terpendam #DiRumahAja yang akhirnya muncul dan kamu kuasai biar nggak mati gaya.

Tengok 5 Skill Terpendam #DiRumahAja kamu

1. Skill Memasak

Skill memasak yang terpendam ini salah satu kemampuan yang tiba-tiba saja muncul bak jamur di musim hujan. Coba tengok di linimasa media sosial misalnya Twitter deh. Kamu akan menemui banyak teman yang memposting masakan ala-ala mereka. Sumber resep kamu bisa merujuk ke cookpad atau tulisan teman-teman blogger, misalnya tentang membuat resep ayam goreng praktis.

Sepengamatan aku, saat tulisan ini diketik, tidak ada tren memasak makanan yang hits. Ah iya, akhir-akhir ini netizen Indonesia sedang jamak membuat minuman dalgona coffee. Ada banyak kisah lucu saat membuatnya lho. Mulai dari salah campuran, hingga ke porsi air yang kelebihan. Ada juga netizen yang malah kecapekan bikinnya selama hampir 2 jam, sedangkan hanya perlu 5 menit untuk meminumnya.

dalgona coffee https://commons.wikimedia.org/wiki/User:Kguirnela
Kredit foto: Kguirnela di Wikipedia

2. Skill Belajar dari Internet

Untuk skill kedua adalah tentang internet. Oh bukan, ini bukan hanya sekedar bisa menggunakan jaringan internet dan punya akun media sosial seperti Instagram, Facebook hingga Twitter. Internet itu sangat luas dan ada banyak sekali ilmu di dalamnya, yang sayang kalau kamu lewatkan.

Buat kamu yang work from home misalnya, selain kamu mengerjakan pekerjaan rutinmu, kamu bisa pakai waktumu untuk bisa belajar skill aneka macam sesuai minatmu. Sebagai sumber ilmu, kamu bisa merujuk ke:

  • YouTube
    Kantor kamu meminta rapat pakai Zoom padahal kamu belum mengenal apa itu Zoom? Atau kamu ingin belajar desain pakai Canva atau mengedit foto pakai Adobe Photoshop? Langsung saja ke YouTube, maka kamu akan ketemu video tutorial yang enak buat dipelajari dan dipraktekkan.
  • Blog
    Terkadang, banyak tutorial bisa ditemui dalam paparan sebuah artikel blog. Enaknya, jenis penyampaian blog ini bermacam-macam dan bisa kamu pilih mana yang paling pas buat kamu. Kalau aku, langkah demi langkah yang disampaikan dalam bentuk tulisan yang disertai gambar, seringkali lebih mudah dipahami.

Selain membaca informasi dari blog, kenapa kamu nggak belajar ngeblog juga? Kamu bisa berbagi tentang skill kamu juga lewat tulisan unikmu, lho!

  • Wikihow
    Pada website ini, ketika kamu memasukkan kata kunci, maka akan ditampilkan artikel tutorial yang memang sudah valid. Kamu bisa mencoba cari tutorial dari yang remeh hingga yang rada ribet. Bahkan, cara membangun mainan roket tekanan udara yang sudah teruji pun ada.

Rugi banget buat kamu yang ada di rumah dan ada koneksi internet, tetapi tidak mengupgrade skill kamu. Cobain deh, pasti kamu akan kaget karena ternyata kamu BISA!

3. Skill Olahraga

Kalau selama kamu kerja atau kuliah di luar rumah termasuk jarang berolahraga, maka ketika kamu #DiRumahAja harus mulai berolahraga. Olahraga di dalam rumah, tentu tidak bisa sebebas pilihan olahraga di luar rumah.

Eits, bukan berarti olahraga di rumah tidak bisa menyenangkan ya. Kamu bisa latihan yang simpel tetapi ngefek seperti aneka planking ~yang sebelumnya kamu nggak pernah nyobain.

Ah iya, kamu pun bisa nostalgia atau mengenal senam SKJ 88 yang populer banget pada masanya. Atau, kamu bisa buka Instagram dan bakalan nemu banyak banget latihan ringan yang cocok buat kamu lakukan.

4. Skill Cleaning Service

Saat kamu bosan, kamu pun sadar bahwa salah satu cara untuk membuat diri lebih fresh dan tidak bosan, adalah dengan membersihkan kamar atau rumahmu. Saat kamar menjadi bersih, maka kamu akan merasa pikiran lebih lega dan lebih enak untuk aktivitas. Ya kan?

Nggak hanya berhenti di kegiatan bersih-bersih, kamu boleh juga lho memesan via online, perlengkapan mengecat dan mengecat ulang kamarmu supaya lebih segar.

menata kamar kos yang rapi dan cat warna hijau tua yang sejuk bersifat menenangkan.
kredit: salah satu teman Twitter, tetapi aku lupa siapa. Maafkan.

5. Skill Hidup Seimbang

Ada satu skill yang menjadi puncak dari rangkaian skill nomor 1 hingga 4. Saat #DiRumahAja maka selain kalian bisa menata makanan, ritme kerja dan olahraga, ternyata kamu bisa menata waktu istirahat dengan lebih baik.

Salah satu yang menentukan mudah tidaknya seseorang sakit karena kuman atau virus, adalah fit dan tidaknya tubuh. Saat ini, orang sudah mulai sadar untuk meningkatkan kualitas tidurnya.

Tidur malam selama 6-8 jam penuh pada jam yang teratur, membuat tubuh lebih sehat dan kuat untuk menjalani hari esok tanpa kantuk.

Itulah kelima skill terpendam yang akhirnya sadar nggak sadar, kamu kuasai saat #DiRumahAja. Selain skill di atas, kamu ada tambahan skill apa nih? Silakan tulis di kolom komentar, ya!

About arigetas 196 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

72 Comments

  1. Diriku pun jadi memaksakan diri buat yang aneh-aneh. Contohnya buat Dalgona tapi gagal. Sampek tangan ini rasanya mau tugel 🤣, ternyata resepnya salah.

  2. Biasa kemana-mana. Giliran di rumah aja, fisik malah drop. Bener deh, jadi buka youtube, olahraga apa yang ringan-ringan, dari mulai Tai Chi sampai jogged India aku coba nih. Wkwkwk…pokoknya biar badan bergerak.

  3. Wah beneran banyak skill ya, aku baru tau ada wikihow lho mas bro, entar coba cek dan ricek deh… Skill cleaning service, coocknya house keeper deh untuk di rumah hihi…

  4. wkwkkwkw skill cleaning sevice,,

    skill ku apaan yak, aku di kos aja malah tdur mulu bawaannya,

    mau nulis malah ngantuk mulu,

  5. Saya malah merasa mengalami penurunan kualitas hidup dua minggu terakhir ini. Sejak jam tidur batita saya berubah, saya & suami harus menemaninya bermain sampai jam 1 pagi tiap hari. Akhirnya tidur kurang banget dan jadi males ngapa2in.

  6. WFH gini aku jadi rajin masak. Anak-anak jadi doyan makan dan ngemil. Tapi seneng sih asal yg dimasak dihabisin hihi…

  7. Bener banget ini Mas Ari,, saya aja yg jd tertarik belajar koding nih karena sebenarnya bs dipelajari kok. Cuma butuh kesabaran dan ketelitian ya. Setuju deh bikin seneng pas berhasilnya.

  8. Iyyaaah, aku udah ngerasain banget nih, sekarang jadi sering masak. Selain itu aku juga makin sering bikin DIY sama anak. Anak jadi ga tergantung dengan gadget, karena asyik membuat sesuatu.

  9. Jadi saat ini udah aja muncul 5 skil yang dulu tidak dikuasai atau dikuasai separuh… yah ..hidup memang sepertinya dituntut untuk terus belajar dan terus berubah ya mas…

  10. Dari dulu udah di rumah aja aku jadi gak ada yang skill-skill meningkat banget wkwkw. Tapi karena ada job campaign soal masak, jadi kemarin sempat nyobain masak-masak yang baru hoho

  11. Dibalik setiap musibah pasti ada hikmah, bener sekali semua pointnya. Wfh jadi dobel kerjaannya wkwk, biasanya pagi udah pergi pulang sore cuma duduk manis di depan komputer, sekarang nyambi dulu ngerjain nginem dulu hahah,sapu ngepel,cuci piring, termsk masak huhuhu

  12. Skill memasak bener banget Mas. Selama ini males banget masak karna sekalinya masak rasanya nggak enak. Semenjak stay home, nyoba masak, rasanya kurang enak, besoknya nyoba lagi. Eksperimen bahan dan bumbu. Eh, jadi mendingan rasanya. Ternyata punya skill masak juga, karna kurang dilatih aja jadi bilang nggak bisa 😀

  13. Hikmah ditengah musibah ya mas, alhamdulillah hehehe Semoga wabah cepat berlalu tapi aktifitas yang dilakukan selama wabah tetap bisa istiqomah dijalanin.

  14. Benar juga, ya. Wkwkwk.
    Ga pernah kepikiran dengan tambahan skill di atas. Tahunya ngalir saja, melakukan saja, padahal saat kayak gini tuh harus kreatif menyiasati keadaan.

    Mau usul 1 skill lagi, yaitu kemampuan finansial. Wkwkwk

  15. Wkwk, baru nyadar. Ternyata bener juga, kita punya skill terpendam dalam diri. Kalau aku sih skill belajar dari internet, kak. Selainnya magerrrrr… Hahaha

  16. Saya selalu belajar dari internet. Terutama YouTube. Karena belajar Lewat video jauh lebih mudah ketimbang tulisan. Sayangnya masih banyak yang memanfaatkan video di YouTube hanya untuk bersenang-senang

  17. Semenjak libur dan kerja dari rumah, memang skill terpendam muncul semua, masak, bersih-bersih, menanam bunga, dekorasi ruang ya.. Paling nyaman buka blog sambil minum teh hangat. Dijamin beerat badan naik, untuk itu perlu diimbangi olahraga pagi..

  18. Skill yang muncul karena wfh ini adalah skill multitasking, karena mau nggak mau nyebur antra sekolah anak, kerjaan kantor, urusan domestik rumah, dan……blog! Hehehe

  19. Nomer 1 nih yang masak. Karna was2 mau jajan, jadilah masak tiap pagi. Belanjanya seminggu sekali. Akhirnya belajar foodprep juga. Rasanya aku siap deh ikut masterchef season depan 😎

  20. skill tambahanku online shop makin gercep wwkwkwk. Sejak WFH meskipun dibuat shift shift dengan sedivisi, waktu di rumah mata ngadep laptop, tangan buka olshop di hape, lahh hahaha
    beli jajan jajan rumahan buat temen WFH maksudnya.

    awal awal kayaknya rada berat buat WFH, karena butuh print dsb. Dipikir pikir jadi ada waktu buat beresin kamar juga

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*