PAFI Penajam Paser Utara Mengembangkan Pembangunan Farmasi

Profil PAFI Penajam Paser Utara terkait fungsi kekaryaan dan pengabdian para ahli farmasi untuk Indonesia

Dalam upaya pengembangan dan persatuan para ahli farmasi, Pafi Penajam Paser Utara memiliki peran yang tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan PAFI yang berada di provinsi yang lain. Apa saja perannya?

Profil PAFI Penajam Paser Utara

PAFI merupakan akronim dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang merupakan tempat bernaungnya semua tenaga ahli farmasi yang membaktikan diri dan ilmunya untuk pengembangan kesehatan di Indonesia.

Sejak masa kemerdekaan NKRI, ahli farmasi Indonesia merupakan pihak yang tidak pernah absen dalam berjuang membangun negara Indonesia. Tugas utama dari ahli farmasi Indonesia adalah meningkatkan taraf kesejahteraan umum masyarakat, khususnya pada bidang kesehatan dan farmasi.

Merujuk pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 51 tahun 2009, definisi pekerjaan kefarmasian adalah yang berkaitan dengan pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusi (penyaluran obat), pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional.

Adapun tenaga teknis kefarmasian adalah tenaga yang membantu apoteker dalam menjalani pekerjaan kefarmasian, yang terdiri dari sarjana farmasi, ahli madya farmasi, analis farmasi, dan tenaga menengah farmasi atau asisten apoteker.

Farmasis atau yang jamak kita sebut dengan apoteker, semakin lama menjadi pilihan profesi yang difavoritkan oleh banyak generasi muda. Salah satu penyebabnya adalah dibutuhkannya tenaga ahli farmasi di banyak fasilitas kesehatan, mulai dari rumah sakit (negeri maupun swasta), badan pengawas obat dan makanan, industri farmasi, hingga apotek.

Untuk resminya, PAFI pusat didirikan pada 13 Februari 1946 di kota Jogja yang merupakan titik awal tumbuhnya organisasi profesi yang memiliki karakter kekaryaan sekaligus pengabdian bagi masyarakat luas.

Secara nasional, terdapat PAFI pusat yang membawahi banyak sekali cabang PAFI, termasuk yang berada di Penajam Paser Utara. Profil PAFI Penajam Paser Utara dapat diakses pada pafipenajampaserutara.org sehingga memudahkan masyarakat yang akan mendapatkan updare terkini terkait PAFI pada wilayah tersebut.

Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan salah satu kabupaten yang berpotensi sangat baik dalam pengembangan daerah khususnya di provinsi Kalimantan Timur. Penajam Paser Utara saat ini memiliki kepadatan penduduk sekitar 54 jiwa per km persegi sehingga masih sangat bisa dikembangkan lebih maju lagi.

Adapun tugas PAFI Penajam Paser Utara adalah sebagai berikut:

  • Mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  • Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia
  • Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia, dan
  • Meningkatkan kesejahteraan anggota

Kehadiran PAFI yang merupakan wadah bagi para tenaga ahli di bidang farmasi Indonesia ini memiliki peranan yang sangat penting dalam perjuangan membangun negara Indonesia.

Dalam perjalanannya, PAFI secara nasional saat ini sudah memiliki call centre yang merupakan bentuk layanan yang memudahkan masyarakat dalam melakukan aduan maupun keluhan perihal kefarmasian.

Selain itu, call centre juga berfungsi dalam memberikan informasi obat, lowongan kerja farmasi, serta perihal tenaga teknis kefarmasian. PAFI juga memberikan pengetahuan perihal farmasi kepada masyarakat umum dengan melakukan seminar secara berkala dengan mengambil tema yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Para ahli farmasi sesungguhnya sangat dekat di kehidupan kita sehari-hari, khususnya ketika kita sedang membutuhkan obat yang akurat sesuai dengan resep dokter. Mereka (para ahli farmasi) bertanggung jawab terhadap keamanan dan upaya perbaikan kesehatan kita semua yang mengkonsumsi obat-obatan.

Alamat PAFI Penajam Paser Utara adalah di Jl. Penajam – Kuaro No 5 Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan timur. Adapun kontak email: admin.pafipenajampaserutara@gmail.com dan Telp: +6283103580982.

About arigetas 414 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

1 Trackback / Pingback

  1. Prospek Tenaga Ahli Farmasi Indonesia Tahun 2024 - arigetas

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*