Cara Jual Makanan Online yang Efektif ala Chef WillGoz dan Homecredit

cara menjual makanan online untuk pemula di bisnis kuliner dengan menggunakan instagram ads

Masa pandemi dan adaptasi baru 2020, membuat perubahan di banyak lini usaha. Sektor pariwisata dan hiburan jadi yang terpuruk pertama, kemudian disusul di banyak bidang termasuk industri kuliner. Saat orang-orang mengurangi aktivitas di luar apalagi saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), bisnis makanan via online merupakan tren yang makin populer. Lantas, bagaimana sih, cara jual makanan online yang mendatangkan cuan?

Tips Cara Jual Makanan Online ala Chef WillGoz dan Homecredit

Aku beruntung, sempat ikut funtalks #AyoMajuBersama @homecredit dan Chef William Gozali, dengan topik “Makin Menjual Lewat Media Sosial”. Awalnya aku kira, isinya bakalan tentang tips yang udah sering aku dengar, tetapi nyatanya aku salah.

Chef WillGoz dengan gamblang menjelaskan urutan gimana cara jual makanan online yang bisa kamu praktekkan berikut ini:

  • Tentukan pasar untuk produk kamu.
    Saat kamu menjual produk misalnya makanan, cari dulu kemana kamu akan menjualnya. Produk yang disasarkan ke keluarga di perumahan tentu berbeda dengan produk untuk anak muda yang kekinian.
  • Lakukan inovasi produk dengan nalar.
    Kesalahan umum penjual makanan yang ingin hits dengan cepat, adalah melakukan inovasi yang kebablasan. Nah ini aku setuju banget. Daripada kamu jualan nasi goreng yang dicampur dengan aneka bahan aneh-aneh yang dijual dengan cara kayang, mendingan kamu sesuaikan rasa nasi goreng yang memang dirindukan oleh target pasar kamu.

Jualan makanan itu rasa #1 sedangkan experience #2

Chef WillGoz, 2020
  • Gunakan Instagram Ads.
    Saat FunTalks ini chef WillGoz sangat menyarankan agar kita mencoba menggunakan Instagram Ads sebagai salah satu cara pemasaran. Ads, memang ada banyak platform, tetapi untuk makanan, Instagram Ads tetap yang terbaik.
  • Pebisnis pemula apakah perlu endorse dari influencer?
    Jawabannya, perlu. Hanya saja perlu dipertimbangkan dana untuk promosi serta target si influencer. Untuk endorse makanan, ya paling tepat menggunakan jasa food blogger buat posting di Instagramnya dan jangan coba pakai influencer yang nichenya selain makanan.
  • Posting foto produk kulinermu dengan layak.
    Tips Chef WillGoz ini bener banget. Penampilan merupakan kesan pertama bagi konsumen untuk menentukan apakah akan membeli produk makanan kamu atau tidak.

Foto makanan apakah harus pake DSLR atau mirrorless? Nggak. Pakai smartphone plus cahaya natural pun sudah OK.

  • Jual makanan via marketplace.
    Buat kamu yang jualan makanan online, sangat disarankan mengutamakan jualan via marketplace, karena lebih menguntungkan kamu dibanding jualan lewat ojek online (karena ada potongan laba cukup besar).
  • Jangan kasih diskon besar-besaran.
    Untuk menghindari kesan bahwa produk kamu itu tidak laku, atau sedang menghabiskan stok karena hampir bangkrut, maka kamu ngga usah pasang diskon besar-besaran. Cara memberi diskon yang benar adalah dengan kuantitas pembelian, misalnya beli 3 buah maka harga akan lebih murah dibanding beli satuan.

Asyiknya FunTalks Homecredit

Nah, selain memberikan tips yang berguna banget, ternyata yang namanya FunTalks itu beneran “FUN”. Selama acara, host bisa membawakan dengan mengalir dan atomsfernya ceria banget. Kemudian, di akhir sesi ada kuis tentang tebakan makanan. Sayangnya, aku belum beruntung dalam kuis kali ini. Ahahahahaha.

Dari ikut menyimak live IG ini, aku jadi semakin yakin ingin memulai bisnis kuliner bersama istriku. Ngga muluk sih, target pasar cuma grup perumahan dulu buat test case, sebelum launching ke area yang lebih luas. Oh iya, Minggu depan acara Funtalks akan ada lagi, wah aku jadi penasaran mo ada pembahasan apalagi ya 🙂

About arigetas 253 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

48 Comments

  1. Wah penasaran nih kira-kira mas Arigetas mau buka usaha kuliner apa ya? Semoga berkah dan lancar nantinya. Aku kepikiran mau buat usaha donat madu, tapi masih ancang-ancang nih. Kalau ada kelas lagi boleh kasih kabar ya mas.

  2. Ngga bisa dipungkiri, kekuatan visual berperan sangat besar di Jual makanan online. Ditambah dengan Ads, postingan rutin dan testimoni pembeli jadi kombinasi yang cocok.

  3. Foto makanan tetap bisa pakai smartphone aja ya, manfaatin golden hour juga oke. Aku inget ini sampe ada promosi kelas online food photography saking serunya teman2 yg jualan kuliner. Nice share ya Ma Ari… tips jual makanan online dari Chef WilGoz-nya, thanks.

  4. Tipsnya mantap nih, kalau diterapkan, insyaallah bakal membuat jualan jadi laris ya. Inovasi produk emang penting dan bagus ya, tapi kalau berlebihan dan lebay akhirnya juga dinilai negatif oleh konsumen/calon konsumen

  5. Keren banget ya Chef William Gozali ini. Bakat masaknya gadisia-siain, sesudah menang Master Chef sekarang buka usaha kuliner sendiri mantap betul! Acara Fun Talk di Instagramnya juga menarik banget buat diikutin, bisa dapet banyak ilmu di sana.

  6. Saat pandemi seperti sat ini, emang paling enak manfaatin kuota intermet untuk ikut forum funtalk semacam ini.

    Selain nambah wawasan, nambah ide juga barangkali mau nyoba buat jualan supaya dapet pemasukan tambahan ^^

  7. Setuju banget, apalagi yang masalah diskon besar-besaran. Memang sebaiknya jangan, ya. Takutnya pembeli beli kalau ada diskon doang. Kan malah jadi rugi.

    Jualan di market place saat ini memang pilihan yang tepat.

  8. Bisnis kuliner ini adalah bisnis yg nggak pernah mati. Tinggal bagaimana kita jeli melihat peluang yg ada. Dan tips yg ada di tulisan ini perlu banget diterapkan oleh pelaku bisnis kuliner

  9. Sebagai pedangang salah satu produk makanan, bener bgt nih tips bergizi dari Chef Willgoz, apalagi kalau makanan sampai ada diskon besar besaran, bisa bikin pelanggan malah heran knp ini hrg murah bgt, apa sehat apa mau bangkrut… jd ragu deh mau beli….

  10. Marketplace kini makin diminati oleh penjual dan pembeli…selain mudah memasarkan produk disana, e-commerse ini juga aman dan terpercaya. Pembeli bisa pilih2 produk sesuai keinginannya. Tipsnya bisa ditiru mas…saya juga makin suka belanja dan berjualan di marketplace.

  11. Sekarang masket place jadi rame. Banyak produk yang ditawarkan disana, bahkan harganya lebih miring dengan kualitas bagus. Jadi pengen nyoba jualan disana…barangkali cara ini pas banget ya untuk menambah penghasilan ditengah pandemi seperti saat ini.

  12. Nah, bener banget tuh. Cara memberi diskon dengan kuantitas pembelian. Orang milih beli banyak yah…Di rumah baru mulai nih, nyoba-nyoba jual produk makanan. Tapi pre-order aja dulu. Makasih infonya ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*