Cara Meningkatkan Traffic Blog Lewat Blogwalking Asik

Ragam Cara Meningkatkan Traffic Blog mulai dai persiapan bikin konten hingga share di grup WhatsApp Blogwalking Asik

Mendapatkan banyak pengunjung (traffic) di laman blog kita, apalagi yang organik, tentu sangat menyenangkan. Terlebih lagi ketika pengunjung beramai meninggalkan komentar positif, sehingga makin bersemangat ngeblognya. Lantas, cara meningkatkan traffic blog kita yang tepat itu seperti apa sih? Ini sharing dari bang Doel, salah satu blogger senior yang sering disebut suhu di grup WhatsApp Blogwalking Asik.

Ragam Cara Meningkatkan Traffic Blog

Traffic secara bahasa berarti lalu lintas, sehingga “traffic blog kita” bisa diartikan lalu lintas orang yang mengunjungi blog kita. Tentunya semakin banyak orang yang mengunjungi blog kita, maka akan tercatat semakin banyak pageviews alias PV di Google Analytic.

Apakah traffic suatu blog harus selalu tinggi? Atau paling tidak, diusahakan gimana caranya supaya ada pertumbuhan (growth) traffic-nya? Ternyata jawabannya adalah: tidak.

Ada lho, blogger yang pengennya cuma menulis curhatan. Ada juga blogger yang mementingkan bahwa blog dia sudah memiliki authority baik itu cukup buat cari receh. Atau memang karena blog dia sudah PV-nya sudah tinggi, sudah memenuhi ambang batas dapetin kerjaan online. Atau … ya memang ngga peduli aja sama PV.

Ya namanya juga blognya dia, ya terserah lah peduli gambreng sama PV. Begitu kura-kura.

Eh. Kira-kira

Berikut 3 tahap buat kamu yang ingin meningkatkan PV blog:

1. Persiapan Bikin Konten Yuk!

Istirahat yang cukup, juga merupakan persiapan sebelum bikin konten, lho. Ya gimana mo bikin konten yang bagus kalo kamu mata panda, pikiran ngga nyambung gara-gara nyawa masih kesambet di dunia mimpi, bukan?

Tahap persiapan ini adalah lebih ke evaluasi ke dalam diri kamu sendiri, eh blog kamu sendiri, bagaimana sih performancenya. Kamu coba deh tes kecepatan loading web kamu. Gimana UI/UX nya. Gimana strutur halamannya, apakah masih acakadut kayak pikiranmu yang gara-gara baca InstaStory gebetan yang lagi ngopi bareng di depan minimarket sambil hahahihi bareng.

Setelah kamu tahu kelemahan blog kamu, misal letoy di bagian vital .. ya kamu perbaikilah ya. Kalau nggak sanggup ya masak sih kamu kalah sama si Kokoh, salah satu tokoh fiktif di grup blogger yang udah tahu dia ngga menang-menang lomba laptop REOG.. eh.. kok REOG.. ya typo gitu lah… tapi Kokoh pantang nyerah.

2. Persiapan Saat Kamu Membuat Konten

The Power of Content, lumayan populer di beberapa waktu lalu. Ya ini bener sih, asalkan kamu bisa menulis sesuatu dengan sangat baik dan menggairahkan untuk pembaca penasaran, ya pasti tulisan kamu bakalan cepet populer. Ya bisa dibilang bakalan vairel eh viral lah.

Supaya bisa “beda” dan punya ketajaman yang unik dibanding kompetitor, maka sebelum menulis maka kamu harus:

  1. Punya search intent yang jelas, sekaligus buat schema markup yang tepat.
  2. Jangan lupa masukin KW alias keyword ke dalam judul.
  3. Masukin KW di dalam artikel, tapi ya jangan banyak-banyak yak.
  4. Masukin KW juga di H2 (dan kalau perlu H3).
  5. Masukin LSI nya.
  6. Pasang gambar yang super ringan, syukur-syukur bisa <30kb misalnya format .webp
  7. Pasang internal link, misalnya tuh di atas yang tentang si Kokoh, tokoh fiktif grup blogger.
  8. Pasang link keluar (outbound link) bila perlu, misalnya saya ngasih BL ke blog doel.web.id begini karena ngebahas materi webinar dari suhu pemilik kopitekno itu.

3. Langkah Setelah Konten Dibuat

Setelah konten selesai dibuat, maka selanjutnya kita memastikan bahwa link artikel di blog kita terindeks oleh Google. Tentunya, bisa juga dengan menyetor link tersebut di Google Search Console yak. Kemudian, kita bisa membagikan link tersebut ke akun media sosial kita misalnya Twitter, Facebook, atau Instagram Story. Oh iya, membagikan link di status WhatsApp juga termasuk ya.

Kalau pengen menambah PV instan bagaimana? Ya dishare di grup support buat blogwalking, misalnya Grup WhatsApp Blogwalking Asik. Dengan adanya kegiatan blogwalking, maka ada sekelompok orang (termasuk kita yang setor link) wajib untuk saling mengunjungi.

Grup WhatsApp Blogwalking Asik

Aku sudah ngeblog sejak 2008, kemudian mulai punya domain .com itu 2009/10 dan mulai dapat job itu sekitar 2015. Ya awalnya cuma curcol aja sih di blog, terkait beasiswa S2 ke Thailand pada waktu itu. Endingnya, pada 2019 aku tuh yang emang udah pengen jadi lebih baik ya musti ikut grup blogger kan ya.

Hingga akhirnya aku ngga sengaja nemu di TL Twitter ada mb mimin galak Rini yang masang link buat join grup WA Blogwalking Asik. Pertama gabung di grup yang juga di-admin-i oleh mb Hani ini, aku tuh kaget bahwa blogger Indonesia itu buanyak banget dan pada pinter-pinter.

FYI, pertama gabung di BW Asik, aku tuh blognya masih HTTP, belum ada HTTPS. Kemudian mulailah upgrade ke HTTPS yang ternyata bisa …. GRATIS 😄😄😄

Berikut apa yang aku dapatan sejak gabung di grup WA Blogwalking Asik

1. Teman yang Suportif

Biasanya, grup BW Asik ini ngga pernah sepi dari obrolan A, X, Y, Z hingga A lagi. Apalagi kalau lagi perlu nge-boost engagement artikel kerjaan, menshare di grup BW Asik adalah suatu keniscayaan kita akan dibantu. Ya tapi ada syaratnya.

Syaratnya ya kamu musti sportif dengan ikutan mensupport teman lain yang sedang memerlukan boosting ya. Jangan mau enaknya sendiri, kamu bukan Pak Doddy. Eh, maaf keceplosan.

2. BW Asik adalah RACUN untuk BERANI Ikut Lomba

Mengikuti lomba blog, merupakan salah satu jalan rezeki blogger yang cukup banyak diminati. Adalah uda kanebo, eh Fadli Ajopaiman, eh Fadli Ajopiaman yang meracuniku sehingga aku iseng ikut lomba blog. Beneran yak, iseng ikut lomba dan aku beruntung banget karena bisa jadi jurinya kasihan padaku, maka aku pun bisa menang juara II, diapit mb Siti dan mas Firman.

Setelah itu, apakah aku ikut lomba lagi? Ngga. Eh, belum mau.

Healah songong Ri… Ri. Bilang aja kamu males ngikut lomba.

3. BW Asik adalah si Pembuka Kesempatan Rezeki Blogger

Percaya ngga kalo aku bisa terbuka banyak kesempatan tuk lebih baik urusan ngeblog dan serba online itu diawali oleh grup BW Asik?

Dari bisa dibilang blogger amatiran sampe rada amatiran, hingga akhirnya aku nekat berani buat ngisi materi buat ratusan blogger Indonesia itu ya dari BW Asik ilmunya. Ya ilmu teknis hingga ilmu percaya diri.

Dari awalnya cuma memoderatori webinar via WA di awal 2020, hingga akhirnya beberapa kali aku jadi moderator acara webinar blogger. Seneng sih. Apalagi pas tahu banyak ibu-ibu ketipu ama suara nge-bass aku.

Buk..ibuk.. itu suara ngebas saya tuh hasil dari mixer audio murah meriah. Cek aja di si oren ama ijo. Harganya sekarang ngga sampe 1x fee sponsored post kok.

Demikian tulisan ini dibuat per tanggal 3 Desember 2021, 15 hari sebelum nikahannya mb Mimin Rini dan XX hari sebelum nikahannya mas IxHxM …

(gak tahu kenapa mereka nikahannya kok ya beriringan… eh kok malah kukasih tahu ke kalian, sih)

Lha terus yang materinya Bang Doel kok cuma seiprit? Oke, jadi begini. Untuk cara meningkatkan traffic blog kita itu bisa kok dengan .. dengan apa hayo?

Gini deh, nanti aku tulis lagi buat lengkapin ya. FYI tulisan ini merupakan tugas wajib buat nulis tuh 700 kata (yang skr udah lewat sih, udah 1100 kata daaann aku belum selesai curhat di sini). Buat apa? ya biar ngga kedepak dari grup BW Asik lah. Kamu kan mustinya udah tahu, kok masih nanya?

Udah sana, tulisan udah selesai. Sekarang aku mo bikin featured image buat tulisan ini. Biar apa? Ya biar ngga garing aja dan muncul di snipet. Jangan lupa ingetin aku buat ngasih alt text di image nanti biar kedetek Google ya.

Eh tapi kok udah jam 10 malam aja, apa aku setor link aja dulu ya? jaga-jaga.

Hmm, duh. Galau.

arigetas.com

About arigetas 379 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

6 Comments

  1. Senang juga bisa menjadi bagian dari Blogwalking Asik. Nggak cuma dapat teman blogger yang kece2 tapi juga dapat ilmu gratiss seperti dari acara sharing session yang diisi Bang Doel ini. Dari ikut zoom dengan materi ini saya juga jadi tercerahkan mengenai traffic blog dan cara meningkatkannya

  2. ikutan BW asik makin banyak dapet info soal dunia blog dan kerjaan juga
    nggak terasa udah setaunan lebih join disini
    sehat sehat terus mba rini dan mbak hani

  3. Kirain WAG pertamanya mas Ari tuh yang onoh.. ternyata yang inih ya. Hehehe.
    Kalau aku ngeblog antara pengen curhat sesukaku tapi gak jarang pengen dapet job juga. Hahaha. Makanya kadang ada tulisan-tulisan yang absurd gak jelas, kadang yahh bau-bau sponsored post. Asli gado-gado 😂😂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*