Faedah Ramadhan 2020 #DiRumahAja Itu Apa Saja Sih?

faedah ramadhan 2020 #DiRumahAja bisa berupa peningkatan hafalan surat hingga latihan menjadi imam sholat

Pemerintah Republik Indonesia sudah menetapkan bahwa hari raya Iedul Fitri tahun ini, tidak akan dilakukan sholat Ied berjamaah secara umum. Bahkan, sangat disarankan untuk tidak mudik ke kampung halaman demi menekan penyebaran COVID-19. Selama bulan ramadhan pun tidak diperkenankan melakukan shalat tarawih. Kalau begitu, apa dong faedah ramadhan 2020 #DiRumahAja buat kita sekeluarga?

Oh iya, tulisan ini aku tujukan buat kita-kita yang masih awam soal agama, ya!

Adakah Faedah Ramadhan 2020 #DiRumahAja?

Sebelum sampai pada kesimpulan tentang ada atau tidaknya faedah selama bulan ramadhan, kalian pasti sudah membayangkan banyaknya momen ramadhan yang hilang termasuk mudik bukan? Tenang. Meski tidak bisa kemana-mana, kita bisa kok meningkatkan kualitas ramadhan di internal keluarga kecil kita.

1. Peningkatan Hafalan Surat Pendek

Buat kamu yang belum pernah khatam Al-Quran, bahkan yang belum pernah membaca tuntas Juz ‘Amma (Juz ke-30), maka ramadhan 2020 ini waktu yang tepat buat kamu membaca, menghafal dan mempraktekkannya.

Cara yang bisa dilakukan pun beragam, tergantung apa yang cocok buat kondisi di rumah masing-masing, misalnya:

  • Membaca dan menghafal setelah sholat fardhu.
    Setelah sholat wajib, coba deh kamu baca surat-surat pendek baik yang kamu separo hafal. Nah sekarang, baca pelan-pelan surat tersebut sebanyak dua kali saja. Ulangi langkah tersebut sampai kamu hafal di luar kepala.
  • Praktekkan hafalan surat “baru” saat sholat.
    Nah, biar makin lancar dan percaya diri, coba praktekkan surat hafalan tersebut saat sholat fardhu. Sebagai latihan, coba praktekkan saat sholat dhuhur atau ashar yang tidak dikeraskan suaranya. Kalau sudah lancar, nanti dipraktekkan saat mengimami sholat maghrib atau isya.

Mentargetkan hafal satu surat pendek baru setiap 3 hari, sudah merupakan lompatan amalan baik lho. Lagipula, biar bacaan surat pendek tidak selalu Qulhu alias Al- Ikhlas terus kan ya 🙂

2. Terlatih Menjadi Imam Sholat

Buat kamu yang saat ini seorang cowok baligh, single dan di rumah, kamu bisa menjadi imam bergantian dengan ayah saat sholat tarawih. Sholat tarawih merupakan sholat sunnah yang sangat dikangeni bagi umat muslim. Meski ramadhan tahun ini hanya boleh shalat di rumah, tapi sangat bisa kita manfaatkan buat pengembangan diri.

Ramadhan 2020 ini unik. Mungkin akan menjadi satu-satunya bulan puasa yang nanti sholat Iedul Fitri dilaksanakan di rumah. Sedih sih jelas. Tetapi bagaimanapun, harus kita jalani dengan khusyu’ dan bahagia.

Kalau aku pribadi sih, sedih karena tradisi mengunjungi makam orang tua menjadi tidak bisa dilakukan tahun ini, karena memang kami memutuskan tidak mudik demi keamanan bersama.

Ramadhan 2020 #DiRumahAja bisa lebih intens latihan jadi imam. Nanti biar nggak canggung ngimamin istri dan anak-anakmu lho.

eaaaaaaaaaa.

3. Lebih Kaya Ilmu via Online

Ramadhan dan #DiRumahAja perlu dilengkapi dengan gadget (smartphone dan atau laptop) yang terkoneksi internet, supaya bisa:

  • Ikut pengajian online
    Kamu bisa mendengarkan pengajian lewat media podcast ataupun channel YouTube. Enaknya saat ini, kita bisa memilih materi pengajian yang sedang kita minati. Caranya sangat mudah, misal kita ingin belajar tentang pahala sholat sunnah, ya tinggal search saja pakai kata kunci “pahala sholat sunnah” di YouTube.
  • Tadarus online bersama keluarga jauh
    Buat mahasiswa dan karyawan, saat pandemi korona ini jamak dilakukan kuliah hingga rapat online, misalnya menggunakan Zoom, Google Meet atau Skype. Mau yasinan bareng, atau saling mengisi pengajian semacam kultum (kuliah 7 menit) secara bergantian dan tematik tuh boleh banget lho.

Tunggu, kalau kamu capek belajar online, boleh banget memperluas khazanah tentang ramadhan misalnya dengan membaca buku Ceria Ramadhan untuk mengenal tradisi ramadhan di beberapa negara dunia.

Hai, kamu pun bisa juga lho membuat podcast ramadhan, misal tentang diary kegiatan kamu yang menarik selama bulan ramadhan!

Nah, kalau kamu punya ide apa nih biar ramadhan #DiRumahAja kamu bisa lebih berfaedah?

About arigetas 250 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

2 Comments

  1. jadi ada waktu lebih buat buka buka alquran, yang selama ini dibacanya cuman selembar aja tiap kali buka
    dan kayaknya bisa coba coba resep singkat minuman segar, aku udah ngebayangin bikin es sendiri hehehe

1 Trackback / Pingback

  1. Mengenal Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara lewat Buku "Ceria Ramadhan di Berbagai Benua" - Catatan Pringadi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*