Cara Sederhana Membentuk Otot Bagian Atas Saat di Rumah Saja

cara membentuk otot bagian atas menggunakan dumbbell dan push up

Hidup sehat, tidak hanya berhenti di pemilihan makanan dan jam istirahat saja. Tubuh manusia, perlu mendapatkan latihan fisik, agar otot tetap kuat dan sendi selalu sehat. Selain latihan kardio seperti lari atau senam, kita juga bisa memvariasikan dengan latihan membentuk otot bagian atas. Yang paling populer misalnya, latihan otot lengan dengan terukur dan teratur. Kalau jenis latihan lainnya apa saja, sih?

Ragam Cara Latihan Membentuk Otot Bagian Atas

Yang dimaksud dengan otot bagian atas adalah otot-otot yang berada di bagian leher dan pundak, dada, perut, lengan, dan punggung. Untuk bisa mengencangkan dan membentuk otot tubuh bagian atas dengan baik, kita tidak boleh hanya melatih satu atau dua bagian otot saja, tetapi seluruh otot harus diberikan porsi latihan yang berimbang.

Apabila kita berada di tempat kebugaran (gym), kita bisa menggunakan banyak alat latihan, juga dapat dibantu oleh pelatih yang mumpuni. Sayangnya, saat pandemi seperti ini yang mengharuskan kita berada di rumah, membuat kita harus lebih kreatif dalam memanfaatkan apa yang ada di rumah untuk latihan.

Latihan Push Up

Push Up, adalah jenis latihan pertama yang muncul di benak banyak orang, ketika membicarakan cara membentuk otot separuh tubuh atas kita bukan? Apa saja keunggulan latihan push up ini? Antara lain adalah:

  1. Murah
    Melakukan push up, anda bahkan tidak memerlukan untuk membeli peralatan khusus. Bahkan, anda tanpa memakai baju hingga sepatu olahraga pun bisa melakukannya. Karpet olahraga? Ini adalah opsional, tetapi Anda pun bisa push up bahan di hamparan tanah padat tanpa masalah.
  2. Manfaatnya Banyak
    Push up sangat efektif untuk mengencangkan dan menguatkan otot dada, tricep (trisep), dan bahu. Kemudian, ketika push up, artinya Anda juga menjaga agar badan anda tetap lurus (tidak melengkung), sehingga otot perut dan punggung Anda juga akan ikut bekerja.
  3. Mudah Dikombinasi
    Dalam melakukan push up, Anda tidak harus langsung melakukan dalam posisi tengkurap dan kemudian menggunakan otot tangan untuk bergerak naik hingga tangan lurus. Sebagai awalan, Anda bisa melakukan push up dengan posisi berdiri agak condong ke depan, tangan menempel di dinding, dan kaki agak jauh dari dinding. Selanjutnya, Anda bisa lebih berkreasi dengan gerakan kombinasi lain.

Latihan Pull Up

Apabila push up anda utamanya melatih bagian otot trisep, sedangkan latihan Pull Up merupakan jenis gerakan yang lebih berat, karena Anda harus menggantung pada palang di atas kepala Anda. Adapun kelebihan dari latihan pull up antara lain adalah:

  1. Alat yang Digunakan Relatif Mudah Ditemukan
    Untuk melakukan pull up, Anda memerlukan palang yang lebih tinggi dari kepala Anda. Apabila tidak ada palang khusus pull up, Anda bisa menggunakan ventilasi yang ada di bagian atas pintu Anda.
  2. Melatih Lebih Banyak Otot
    Ketika kita melakukan gerakan mengangkat tubuh kita hanya menggunakan kekuatan tangan, Anda bisa melatik otot bisep dan trisep, juga melatih otot punggung, otot trapezius, juga otot yang digunakan untuk tangan menggenggam. Oh iya, otot perut Anda juga akan terlatih lho ketika Anda sedang mengangkat tubuh Anda dengan tangan. Pastikan posisi badan Anda tetap lurus, sehingga manfaat pull up akan optimal.

Membentuk Otot Bagian Atas Menggunakan Dumbbell

Apakah Anda tahu apa beda dumbbell dan barbell? Keduanya sama-sama digunakan dengan tangan untuk mengangkat beban tertentu, biasanya untuk latihan otot dada, bisep, dan trisep. Bedanya, satu dumbbell dipegang dengan satu tangan, sedangkan barbell kedua tangan langsung mengangkat palang besi yang dipasangi beban di kedua ujungnya.

Pada total beban yang sama, latihan menggunakan dumbbell tentu lebih berat dibandingkan barbell, karena setiap otot tangan kita akan bekerja lebih berat untuk menstabilkan dumbbell.

Keuntungan latihan beban menggunakan dumbbell, kita bisa melakukan banyak sekali variasi gerakan untuk fokus melatih otot-otot tertentu. Lantas, saat kita tidak punya dumbbell seperti di gym, kita bisa menggunakan 2 botol minum dengan ukuran sama persis yang keduanya diisi air hingga penuh.

Yuk, latihan yuk. Jangan malas ya …

About arigetas 305 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

3 Comments

  1. Saya paling sering melakukan push up, soalnya bisa dilakukan dimana saja. Ketimbang yang lainnya, perlu alat bantu. Selain itu, jumah push up juga suka-suka ikutin kemampuan kita, jadi pilihan olah raga yang ngikutin maunya kita.

    Tapi, kendalanya adalah semangat buat konsisten. Sering banget malas. Kalau 3 hari jalan, sehari atau 2 hari istirahat, nanti malah kebawa malas seterusnya. Dan mulainya lagi susah banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*