ATM BCA di Bangkok ada dimana sih?

mesin atm di thailand

Kamu dan lima teman se-gank sudah landing di bandara Suvarnabhumi atau Don Mueang, apa sih yang kalian lakukan? Diantara kamu ada yang membeli sim card, biar bisa internetan. Ada pula yang tak sabar segera konek WiFi buat update media sosial. Ada pula teman kamu yang bingung karena ternyata lupa bawa uang. Kemudian kalian bingung dimana sih letak mesin ATM BCA di Bangkok ini?

Lokasi ATM BCA di Bangkok itu tersebar luas

Sebelum terlanjur membayangkan mesin ATM BCA seperti di Indonesia, di Thailand ini kamu perlu ingat satu hal buruk dan satu hal baik.

Hal buruknya adalah secara fisik, tidak ada namanya mesin ATM dari bank negeri atau swasta yang ada di Thailand ini. Mau mesin ATM BCA, BNI, BRI atau Mandiri juga tidak ada di Bangkok bahkan di seluruh Thailand.

Hal baiknya adalah, selama kamu punya kartu ATM BCA, Mandiri, BRI, CIMB atau bahkan Bank Jateng, Bank Sumsel misalnya. Kamu bisa lho mengambil uang Baht di Bangkok atau dimanapun di Thailand ini.

Bank Thailand apa yang menerima kartu ATM BCA kamu?

Misalnya saat ini kamu udah ada di Koh Lipe buat berburu sunrise dan sunset, jauh dari Bangkok. Terus kamu kehabisan uang Baht buat beli makan. Saat itu katakanlah kamu punya kartu ATM BCA, lantas, ke mesin ATM bank Thailand manakah kamu akan memasukkan kartu tersebut untuk ambil uang Baht?

Kartu ATM BCA di Bangkok bisa digunakan untuk ambil uang Baht di SCB
  1. Siam Commercial Bank (SCB)
    Bank ini merupakan bank yang bekerja sama dengan salah satu universitas top di Thailand yaitu Prince of Songkla University yang tersebar di kota Hat Yai (kampus utama), Pattani, Surat Thani, Phuket dan Trang. Cara mengetahuinya, mesin ATM SCB ini warnanya ungu dan ada logo seperti lonceng kuning.
  2. Krung Thai Bank
    Sangat mudah juga mengetahui jenis mesin ATM atau kantor Krung Thai Bank. Warna biru muda, tulisan putih lengkap dengan logo burung putih (seperti pose burung garuda) ini juga mudah ditemukan di seantero Thailand
  3. Bangkok Bank
    Gabungan warna biru tua dan orange dengan tulisan putih β€œBangkok Bank” mudah untuk dikenali. Tetapi apakah saat kamu di Bangkok maka lebih baik ambil uang tunai di mesin ATM Bangkok Bank? Jawabannya: nggak juga. Kamu bebas kok memilih mesin ATM yang mana aja.
  4. Kasikorn Bank
    Bank yang menggunakan logo mirip bentuk benih tanaman warna hijau, berlatar putih yang dilingkari merah. Bank ini juga boleh-boleh saja untuk mengambil uang Baht pakai kartu ATM dari Indonesia.
  5. Krungsri Bank
    Balutan warna kuning cerah dan logo yang berbentuk seperti 3 ujung rumah gadang ini jamak juga ditemui di banyak lokasi publik. 
  6. Thanachart Bank
    Ini adalah atm bank Thailand terakhir yang aku rekomendasikan. Bank dengan warna orange mencolok ini juga sangat mudah dikenali dari kejauhan. 

Lantas, kalau tidak menemukan bank seperti yang ada di daftar itu, aku harus bagaimana? Gampang! kamu bisa saja …

Ambil uang baht di mesin ATM depan 7-Eleven 

Cara paling mudah untuk menemukan mesin yang mau menerima kartu ATM BCA di Bangkok atau dimana pun di Thailand adalah pergi ke minimarket 7-Eleven. Hampir seluruh minimarket 7-Eleven ini buka 24 jam, terutama di daerah kampus dan wisata.

Minimarket 7-Eleven bisa ditemui nyaris di setiap jalan di seantero Thailand, lho.

Pada bagian depan minimarket 7-Eleven, kamu akan menemukan minimal 1 mesin ATM bank, biasanya adalah SCB, Krungsri, Bangkok Bank atau salah satu dari yang aku sebutkan pada daftar di atas tadi.

Kamu tidak perlu khawatir soal keamanan di Thailand. Secara umum, CCTV ada banyak banget terpasang disini. Setiap toko (bahkan banyak rumah) sudah memasang CCTV, sehingga orang yang hendak berpikiran jahat pun perlu berpikir dua kali.

mesin ATM ada di depan minimarket 7-Eleven Bangkok Thailand

Mahal gak sih rate ambil baht di mesin ATM Thailand pakai kartu ATM BCA

Jawabannya adalah relatif nggak. 

Dalam kondisi darurat, kamu nggak perlu kok sampai berpikir mesin ATM bank Thailand apa yang sebaiknya aku pakai. Karena perbedaan rate-nya pun minim sekali. Kamu bisa merujuk ke tulisanku yang tentang ambil uang pakai ATM BCA di Thailand, untuk mengetahui lebih jelas rinci. 

Selamat berwisata di Thailand πŸ™‚

About arigetas 162 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

46 Comments

  1. Hai mas, thanks info nya ya,aq saat ini lagi di Trang Sport school,aq mau tarik tunai pake debit bni, apa masih bisa? Melihat komen2 di blog mas , bni bermasalah bener ga sih, jd takut mau ambil pake bni, ada saran mas? Nuwun

  2. Apakah kartu ATM kita harus yang berlogo Visa atau MasterCard agar bisa tarik tunai Baht di Thailand, Mas? Itu pas penarikan, rupiah di tabungan langsung dipotong sesuai kurs Baht ya.

  3. Mas Ari selama hidup di Thailand apaka masih menggunakan ATM dari bank lokal ataukah sudah punya atm bank thailand. Dan, seringnya lebih memilih mesin ATM yang mana untuk transaksi penarikan?

    • Aku punya rekening Siam COmmercial Bank (SCB) Mas. Uang beasiswa kan ditransfer masuk ke no rekening Thailand.

      Aku pakai kartu BCA gitu cuma pas perlu narik Baht aja sih pas d Thailand. Dulu pakainya BNI, lebih murah. tetapi skr BNI kadang bisa kadang gk, Yang selalu bisa BCA sih.

  4. Jadi intinya kita bisa tarik uang dari ATM lokal di Thailand ya. Wah enak banget apalagi ATMnya tersbar di Minimarket 7 Eleven

  5. TErnyata di Tahiland masih ada 7 Eleven heheheh

    Baca Bank SBC koq jadi inget film Bikeman ya? Klo ga salah dia pakai seragam SBC, etapi saya mungikin salah inget sih hahaha

  6. Terimakasih mas ari, rencananya jika saya udah di lokasi Thailand saya akan membaca tips blog dari mas Ari tentang dunia negara THailand ini.. apalagi rencannya saya ingin liburan ke Thailan nanti hehe

  7. Wah enak banget ya kalo kartu Atm lokal bisa digunain buat ngambil duit di sana, kalo liburan ke thailand ngga perlu repot2 nukar uang dulu cukup bawa kartu atm aja.

  8. Noted banget inj mas Ari. Secara kalo Thailand kadang orang-orang suka kalap kalo belanja, jadinnya bisa langsung ambil bath di ATM. Kalo aku di posisi itu, aku mungkin lebih milih ambil di ATM yang ada di 7eleven mas. Ada di mana mana

  9. Jadi ga perlu khawatir ya, kalau kehabisan yang cash di thailand. Asal bawa atm bca beres..saya tu pengen banget ke thailand, pengen nyobain aneka olahan buahnya. Pernah teman dari thailand membuat semacam salad dari pepaya mengkal diserut dikasih bumbu sambal ala thailand. Rasanya enaak. Sayang, saya lupa namanya..hihi..

  10. Harus ngerti English dikit2 ya biar memahami fungsi suatu perintah pada fasilitas umum. Misalnya ATM di luar negeri kayak di Thailand ini. Saya selalu terpikir jika suatu saat nanti harus ke luar negeri, kalau ndak ngerti English, pasti lebih sulit memahami sesuatu

    • Nah iya mas. Emang musti dibiasaain memahami bahasa teknis dalam bahasa Inggris..
      Misalnya pengaturan bahasa di laptop atau HP, sebaiknya menggunakan bahasa Ingrris biar gak gagap ketika kelak menggunakan yang bukan bahasa Indonesia.

  11. Mending ambil uang di ATM saat Travelling ke luar negri, contohnya Bangkok. Ya guna meminimalisir uang palsu dan uang jelek yg kita dapat dari money changer. Lagian biasanya kursnya lebih mahal money changer rasanya ya?

  12. Ini rekeningnya harus BCA kah?
    Kalau punyanya rekening Bank lain gimana dong, mas?

    Btw simpel banget ya sistem perbankan di Bangkok. Perbedaan ratenya juga minim. Jadi pengen traveling ke Bangkok euy

  13. ATM di Thailand bentuknya slim, ya. Atau mungkin karena tanpa kamar?

    Wah, Mas Ari keren, selalu update tentang Thailand. Sangat bermanfaat bagi yang ingin ke negara ini. Semoga, baca ini membuat saya juga berjodoh dengan Thailand. Aamiin

    • Mesin ATM di sini yang di outdoor hanya bagian mungil2 doang yang keluar tembok mbak. Kalau atm yg utuh berdiri ya gedenya sama seperti ATM di Indonesia mba. Kalau gk salah, mesin ATM itu standar international nya sama.

      Thankx mbak sudah mampir dan semoga mb Susi mampir Thailand πŸ™‚

  14. Aku loh mas, begitu buka laman blognya dan lihat foto ATM berderet itu otomatis kebayang Teletubies berjejer. Hahahaha. Wah ini postingannya informatif sekali ini, terutama bagi yg baru perdana wisata ke Thailand.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*