Definisi Tentang Pengertian Merek Dagang

apa manfaat pendaftaran merek dagang dan berapa lama masa berlakunya

Definisi tentang pengertian merek dagang itu apa sih? Merek dagang adalah simbol atau kata unik yang digunakan untuk mewakili bisnis atau produknya. Setelah terdaftar, simbol atau rangkaian kata yang sama tidak dapat digunakan oleh organisasi lain mana pun, selamanya, selama tetap digunakan dan dokumen serta biaya yang layak dibayar.

Jangka Waktu Berlakunya Merek Dagang

Tidak seperti paten, yang diberikan untuk jangka waktu 20 tahun, merek dagang tidak pernah berakhir. Namun, perusahaan perlu mengajukan permohonan dan menerima konfirmasi kepemilikan Merek Dagang untuk mengklaim perlindungan dari peniru.

Seiring waktu, merek dagang menjadi identik dengan nama perusahaan, sehingga Anda bahkan tidak perlu melihat nama untuk mengenali bisnis tertentu. Pikirkan bentuk apel dengan gigitan yang digunakan Apple sebagai logonya, logo swoosh yang ditampilkan Nike di semua produknya, atau lengkungan emas yang didaftarkan McDonald’s beberapa dekade lalu.

Fakta bahwa kita dengan mudah mengaitkan simbol dan kata dengan perusahaan dan merek mereka adalah salah satu keuntungan terbesar dari penggunaannya. Ketika pelanggan melihat logo atau frasa yang sudah dikenal, mereka memiliki pengenalan instan, yang dapat mendorong preferensi dan, pada akhirnya, penjualan.

Untuk menunjukkan bahwa merek dagang telah diklaim, perusahaan menggunakan salah satu dari tiga simbol:

  • Menggunakan simbol merek dagang setelah logo atau frasa memberi tahu pesaing bahwa Anda telah mengklaim simbol atau frasa ini sebagai milik Anda, tetapi Anda bahkan tidak perlu mengajukannya secara resmi.
  • Hanya merek dagang yang telah resmi diberikan oleh kantor Merek Dagang yang dapat menggunakan simbol, yang merupakan singkatan dari merek dagang terdaftar.
  • Perusahaan yang menjual layanan, bukan produk, memiliki opsi untuk menggunakan logo merek layanan, tetapi sebagian besar menggunakan untuk kesederhanaan.

Perlukah Melindungi Merek Dagang?

Meskipun merek dagang dikeluarkan untuk kehidupan perusahaan atau produk, bisnis perlu berhati-hati terhadap frasa yang menjadi generik. Ini biasanya terjadi seiring waktu ketika orang menggunakan nama produk perusahaan untuk mengartikan semua produk atau proses seperti itu.

Pikirkan Kleenex digunakan untuk tisu wajah, atau Xerox untuk fotokopi. Untuk terus mengklaim merek dagang itu, perusahaan-perusahaan itu perlu memberi tahu orang-orang yang menyalahgunakan istilah itu untuk berhenti.

Manfaat Pendaftaran Merek Dagang

Mendaftarkan merek dagang memiliki manfaat penting, diantaranya:

  • Pemberitahuan klaim kepada bisnis lain yang berpikir untuk menggunakan simbol atau kata yang sama dengan merek dagangnya
  • Sebuah anggapan hukum kepemilikan, yang dapat membantu menangkis calon pengguna
  • Hak eksklusif untuk menggunakan merek dagang yang diklaim

Proses pengajuan pendaftaran merek cukup sederhana. Ini dapat dilakukan secara online melalui Sistem Aplikasi Elektronik Merek Dagang dengan biaya antara 225 – 325 ribu rupiah. Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan pengertian merek dagang untuk Anda, semoga berguna ya. Sekian. terima kasih.

About arigetas 321 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*